Sponsors Link

13 Cara Sukses Ternak Ayam Broiler

Sponsors Link

Ayam broiler atau biasa disebut juga disebut dengan ayam ras pedaging merupakan jenis ayam unggulan dari hasil persilangan dengan beberapa jenis ayam sehingga mempunyai produktivitas yang tinggi khususnya daging.

ads

Ayam broiler adalah hasil kawin silang dan juga sistem berkelanjutan sehingga mutu genetiknya bisa dikatakan baik.

Ayam broiler juga merupakan hewan ternak yang ekonomis jika dibandingkan dengan hewan ternak lainnya seperti cara memelihara ayam petelur.

Selain itu, kelebihan dari ternak ayam broiler adalah relatif cepat dan singkat yakni hanya sekitar 4 hingga 5 minggu, maka produksi daging sudah bisa dilakukan untuk dipasarkan atau dikonsumsi.

Berikut akan kami berikan cara sukses ternak ayam broiler yang bisa anda praktekkan khususnya bagi pemula.

  1. Pemilihan Lokasi Kandang

Kandang menjadi sarana utama yang harus dipersiapkan ketika anda ingin memulai ternak ayam broiler termasuk juga pada cara merawat ayam aduan muda.

Lokasi pembuatan kandang yang ideal adalah yang mudah dijangkai sarana transportasi, tidak berisik, jauh dari pemukiman dan umumnya kandang menghadap ke arah timur dekat dengan sumber air. Sementara di dalam kandang, suhu yang ideal harus disamakan dengan umur ternak.

Ada 2 jenis kandang untuk ayam broiler yakni litter atau tanpa panggung dan juga berbentuk panggung.

Kandang tipe panggung tidak mudah kotor, tidak butuh alas dan lebih efisien sebab kotoran ayam akan langsung jatuh ke bawah meski biaya pembuatannya cukup mahal.

Sedangkan kandang tanpa panggung atau liter merupakan kandang yang lebih mudah dibuat dan lebih banyak digunakan.

  1. Siapkan Kandang Ayam

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan kandang seperti cara merawat ayam pelung dan ternak ayam lainnya.

Kandang haruslah dilengkapi dengan ventilasi yang baik, aman dari predator, tidak boleh terkena angin dan mempunyai ruang yang cukup luas untuk mengakomodasi ternak ayam anda.

Anda bisa membeli kandang dari toko hewan, toko perkakas atau toko perlengkapan pertanian jika tidak ingin membuat sendiri kandang ayamnya.

Namun jika ingin membuat sendiri, maka ayam membutuhkan setidaknya 0.4 meter persegi untuk satu ekor ayam sehingga bisa merasa senang dan nyaman.

Sponsors Link

Tempatkan kandang di area berumput dan beberapa gundukan tanah. Tambahkan dengan alas supaya bisa menyerap kelembaban di dalam kandang dan mempermudah anda ketika membersihkan kotoran di kandang.

  1. Pemilihan Bibit

Dalam semua usaha ternak, pemilihan bibit tentunya menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk mendukung kesuksesan budidaya termasuk untuk cara ternak ayam di musim hujan. Untuk bibit ayam broiler, ada beberapa hal penting yang harus ada dalam bibit, seperti:

  • Bibit harus bergerak dengan aktif, sehat dan tidak terdapat cacat atau sakit.
  • Mempunyai tubuh bulat atau terlihat gemuk berisi.
  • Bulu tidak kusam, mengkilap dan juga terlihat sehat.
  • Area sekitar anus tidak kotor, mata terlihat tajam dan hidung yang bersih.
  1. Pemberian Pakan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam broiler, kandungan dalam pakan ayam sangat penting untuk diperhatikan supaya ayam bisa sehat dan memiliki berat badan yang ideal seperti cara ternak ayam kalkun.

Pastikan pakan yang digunakan mengandung karbohidrat, mineral, protein, vitamin dan juga lemak.

Sedangkan jenis pakan yang biasa digunakan para peternak umumnya terdiri dari dua jenis yakni pakan pabrik dan juga pakan buatan sendiri. Untuk pakan pabrik bisa dibedakan dalam 2 tahap, yakni:

  • Tahap pembesaran: Ayam berumur 1 hingga 20 hari sehingga pakan yang bisa diberikan adalah pakan yang mengandung protein setidaknya 23% untuk menunjang pertumbuhan ayam.
  • Tahap penggemukan: Ayam berumur di atas 20 hari sehingga pakan yang bisa diberikan mengandung protein yang lebih sedikit yakni sekitar 20% dan juga membutuhkan lemak, karbohidrat, mineral dan juga vitamin untuk menambah berat badan.
  1. Berikan Larutan Gula Merah

Larutan gula merah sangat baik diberikan untuk DOC ayam broiler agar bisa menambah energi.

Kandungan glukosa yang ada dalam gula merah bisa menjaga ayam agar tidak lemas sekaligus memberikan energi khususnya ketika harus menempuh jarak yang jauh. 

ads

Larutan gula merah tersebut bisa anda berikan ketika anda sudah memasukkan DOC ke kandang litter yang sudah disiapkan sebelumnya.

  1. Tambahkan Lampu

Untuk menambah keamanan DOC budidaya ayam pedaging, anda juga harus menambahkan lampu di dalam kandang yang berguna supaya ayam bisa terhindar dari serangan predator seperti kucing atau tikus.

Selain itu, lampu di dalam kandang juga memiliki kegunaan lainnya yakni untuk menghangatkan anak ayam dan juga berguna untuk membantu penglihatan ayam di malam hari sebab rabun senja.

  1. Siapkan Brooder

Selain menyiapkan kandang untuk memelihara ayam dewasa, persiapan brooder juga harus dilakukan yang tidak kalah penting untuk pemeliharaan awal sama seperti cara memelihara ayam petelur di rumah.

Brooder umumnya terbuat dari kotak kardus atau juga bisa dengan kotak berbahan dasar plastik. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kandang marmut atau kandang kelinci sebagai kandang yang mudah dibersihkan.

Brooder ini bisa ditempatkan pada garasi atau sebuah ruangan asalkan ayam bisa tetap hangat dan terbebas dari angin.

Untuk ukurannya sendiri juga tergantung kebutuhan selama ruang memadai dan anak ayam mendapatkan ruang cukup untuk makan dan minum.

  1. Tambahan Alas yang Tepat

Untuk pemeliharaan brooder, pastikan anda menggunakan alas bersih yang terbuat dari serbuk kayu cemara atau bahan lain yang serupa sama seperti cara merawat ayam petelur di musim hujan.

Kertas koran juga bisa dipakai meski bukan pilihan yang tepat sebab permukaannya licin dan tinta akan lebih sering menempel pada anak ayam.

Alas juga harus diganti beberapa hari sekali dan jangan biarkan sampai lembab sebab anak ayam sangat rentan terhadap penyakit.

  1. Awasi Suhu Kandang

Suhu kandang juga harus diperhatikan dengan baik sama seperti cara budidaya ayam negeri petelur.

Untuk minggu pertama, anda bisa mengatur suhu pada 32 hingga 37 derajat celcius dan bisa dikurangi sebanyak 5 derajat per minggu sampai anak ayam bisa memiliki bulu sekitar usia 5 hingga 8 minggu.

Untuk mengetahui kondisi brooder cukup hangat adalah dengan memperhatikan tingkah laku anak ayam.

Apabila anak ayam terlihat berkumpul di satu sudut yang jauh dari lampu dan bersuara dengan riuh, maka ini menandakan jika suhu terlalu panas. Namun jika yang terjadi sebaliknya, maka ini menandakan jika suhu terlalu dingin.

  1. Lindungi dari Predator

Kandang ayam yang baik haruslah bisa melindungi ayam dari pemangsa seperti pada cara ternak entok di belakang rumah.

Keamanan juga menjadi faktor yang tidak kalah penting bahkan harus dijadikan prioritas utama.

Ini bisa dilakukan dengan pemilihan kandang yang baik sehingga bisa terhindar dari serangan predator seperti cerpelai, musang, rakun, kucing, elang dan juga anjing.

Pastikan juga kandang ayam dikelilingi dengan kurang kawat dengan lubang yang tidak lebih dari 3 cm. Periksa juga dengan teratur untuk memastikan tidak ada celah untuk predator memasuki kandang.

  1. Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin pada ayam broiler menjadi langkah awal penting yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit.

Vaksin sendiri merupakan mikroorganisme penyebab penyakit yang sudah dilemahkan atau dimatikan dan memiliki sifat imunogenik sehingga bisa menstimulasi dan merangsang pembentukan imun tubuh.

Vaksin ini bisa diberikan dengan cara tetes, dicampur dengan air minum dan juga vaksin suntik.

Sebelum vaksinasi dilakukan, maka ada beberapa hal yang harus diketahui seperti menyimpan vaksin di suhu antara 2 hingga 8 derajat, jangan terkena sinar matahari langsung, jauhkan dari jangkauan anak anak dan beberapa aturan menyimpan serta membawa vaksin.

  1. Sanitasi

Sanitasi kandang atau cuci hama kandang sangat penting dilakukan khususnya sesudah panen seperti cara membersihkan kandang dalam budidaya ayam petelur.

Sanitasi ini juga dilakukan dalam beberapa tahapan dari mulai mencuci kandang dengan air sampai bersih dari kotoran limbah kemudian dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan pengapuran dinding serta lantai kandang.

Untuk menyempurnakan sanitasi bisa dilanjutkan dengan penyemprotan memakai formalin untuk membunuh bibit penyakit.

Sesudah itu kandang dibiarkan setidaknya 10 hari sebelum budidaya selanjutnya dilakukan dengan tujuan untuk memutus siklus hidup bakteri dan virus yang belum mati.

  1. Bersihkan Dubur Ayam

Apabila anda melihat ada kotoran yang menempel di dekat dubur ayam, maka segera bersihkan dengan kain yang sudah tidak terpakai atau juga bisa dengan tisu toilet yang sudah sedikit dibasahi yang jauh lebih baik dibandingkan cara mengobati ayam sakit.

Ini nantinya akan sangat membantu ayam tetap terjaga kesehatannya sebab pencernaan mereka tidak terhambat.

  1. Tambahkan Variasi Pakan

Untuk ayam broiler  termasuk juga cara ternak ayam jawa super yang sudah mulai besar, maka pakan yang diberikan juga harus bervariasi.

Mungkin, anda akan berpikir jika memberikan jagung yang sudah dihaluskan adalah hal yang baik.

Namun sebenarnya, jagung bukanlah makanan untuk ayam dan tidak bisa diberikan pada ayam.

Bahkan, beberapa anak ayam broiler lebih menyukai saus apel, remah roti dan juga yogurt atau susu fermentasi sehingga pakan yang diberikan juga harus divariasikan supaya nutrisi yang dibutuhkan ayam bisa terpenuhi.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 18th, December 2018 / 06:39 Oleh :
Kategori : Ayam