Sponsors Link

7 Cara Mengobati Patah Tulang Pada Anjing

Sponsors Link

Bukan saja terjadi pada manusia, tetapi patah tulang bisa menyerang dan di alami oleh hewan, terlebih pada hewan peliharaan anda. Mungkin anda mempunyai salah satu piaraan di rumah, anjing misalnya. Hewan dengan ciri khas menjulurkan lidah ini sudah sangat familiar sekali. Semua orang pasti telah mengetahuinya. Anjing menjadi jenis hewan yang bisa di kendalikan di rumah alias bisa di jinakkan.

ads

Jadi, tidak semua anjing itu buas dan menakutkan. Bila anda mempunyai anjing, tentunya ada tujuan tersendiri mengapa anda memilihnya sebagai piaraan dirumah. Mungkin saja karena cintanya anda terhadap anjing alias pecinta anjing, ingin menjadikan sebagai teman dirumah atau sengaja mempunyai tujuan untuk membantu anda seperti menjaga lingkungan rumah atau sebagainya. Nah, sedangkan bagi pecinta anjing pastinya ingin yang terbaik untuk peliharaannya. Termasuk anda?

Salah satu misalnya jika anjing anda tengah mengalami patah tulang, tentu saja anda sebagai pemilik sangatlah repot. Ada beberapa Cara Mengobati Pata Tulang Pada Anjing yang harus anda simak pada halaman ini. Artinya anda tidak perlu bingung untuk mencarikan langkah-langkah dalam mengatasi anjing anda ketika mengalami patah tulang. Hal itu akan di uraikan pada kesempatan ini agar supaya anda bisa segera mengambil tindakan. Patah tulang yang di biarkan terus-menerus akan menyiksa bagi anjing sendiri. (Baca Juga: Cara Mengobati Cacing Pita Pada Anjing)

Sebelum membahas lebih lanjut soal cara mengobati Patah Tulang pada Anjing, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui berbagai macam bentuk gejala yang di tunjukkan anjing yang tengah patah tulang adalah sebagai berikut:

  • Lemas

Anjing lebih terlihat lemas tak berdaya, seperti anjing yang tengah alami demam pada umumnya.

  • Menjerit Saat di Pegang

Anjing akan sontak menjerit atau menggonggong ketika anda memegangnya, terlebih lagi pada bagian tulang yang patah. Bisa saja anjing spontan akan melukai anda karena sakit yang di alaminya karena tulang telah patah.

  • Nafsu Makan Menurun

Anjing akan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini karena fikiran anjing yang terlalu larut merasakan sakit akibat patah tulang.

Sebelum memberikan mengenai cara melakukan pengobatan terhadap Anjing yang mengalami Patah Tulang, Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Patah tulang bisa terjadi karena di picu oleh adanya kecelakaan. Mungkin saja anjing anda telah mengalami tabrakan atau telah di tabrak kendaraan. Biasanya terjadinya patah tulang akibat dari tabrakan kencang, alias yang menabraknya terlalu melaju kencang. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi Anjing)

Berikut ini adalah 7 cara mengobati Patah Tulang pada Anjing yang harus anda lakukan:

  1. Dekati Anjing, Kenali Kondisinya

Apabila anda merasa anjing tidak seperti biasanya maka dekatilah. Mendekati bukan saja hanya berdiam di sampingnya, namun sambil memberikan sentuhan penuh perhatian dan mengajaknya ngobrol seolah-olah anjing mengerti dengan apa yang anda katakan. Eluslah tubuh anjing secara perlahan maka anjing akan sedikit tenang.

  1. Peganglah Setiap Bagian

Cobalah memeriksa kondisi anjing dengan cara memegang di setiap bagian. Apabila pada bagian tertentu anjing menggonggong maka bisa di simpulkan disitulah letak patah tulang. Namun anjing tidak akan menyakiti anda jika dengan mengelus bagian yang bermasalah. Tetapi jika anda berusaha memegang atau menggendong bagian yang patah maka berhati-hatilah, sejinak-jinaknya anjing bisa spontan marah karena merasa terluka dan sakit sekali. (Baca Juga: Cara Mengobati Infeksi Telinga Pada Anjing)

Sponsors Link

  1. Kompres Air Hangat Binahong

Gunakan daun binahong untuk mengompres bagian tubuh anjing yang tulangnya patah. Carilah 5 helai saja dan rebus sampai mendidih. Setelah itu biarkan sedikit dingin atau hangat-hangat sedang, maka setelah itu air bisa di gunakan untuk mengompres dengan kain lembut. Khasiat daun binahong memang tidak bisa membentuk tulang yang patah agar kembali normal namun bisa meredakan rasa nyeri.

  1. Bawalah ke Dokter

Bawa anjing anda ke dokter untuk di periksakan. Kondisi patah tulang tidak bisa hanya selalu di rawat dirumah. Segera tuntaskan kondisi ini dengan memeriksakan ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan atau solusi yang tepat.

  1. Berikan Obat

Berilah anjing anda dengan resep obat dari dokter. Caranya yakni membantunya untuk meminum atau memakannya. Apabila anda merasa sedikit sulit maka campurkan pada makanan kesukaan anjing. Pilihlah makanan bergizi yang paling dan sangat di sukainya untuk membangunkan selera makan sang anjing. Tidak lupa sediakan susu di dekatnya agar cepat di minum. (Baca Juga: Efek Samping Steril Pada Anjing)

  1. Lakukan Vaksin

Pengobatan pada anjing yang mengalami patah tulang bisa di lakukan dengan cara memberikan suntikan atau vaksin. Hal ini lebih mudah di berikan karena di lakukan oleh dokter sendiri untuk memberikan obat ke dalam suntikan agar mudah dan cepat meresapkan obat ke dalam tubuh anjing.

  1. Operasi

Jalan mutakhir yang bisa di tempuh yakni dengan operasi. Prosedur bedah akan di lakukan untuk memulihkan bentuk tulang sang anjing, bukan hanya sekedar menghilangkan rasa nyeri saja. Akan tetapi butuh biaya banyak untuk melakukannya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bulu Anjing)

Demikian tentang cara mengobati Patah Tulang pada Anjing yang dapat segera Anda lakukan ketika menemukan gejala secepatnya. Semoga membantu!

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 18th, December 2018 / 17:23 Oleh :
Kategori : Anjing