Sponsors Link

8 Cara Mengobati Dermatitis Pada Anjing

Sponsors Link

Anjing merupakan salah satu jenis mamalia yang sudah cukup familiar. Hewan ini telah banyak di jadikan peliharaan baik dirumah maupun di instansi atau sebuah usaha. Namun banyaknya, anjing dijadikan sebagai teman di rumah yang bisa menemani sang majikan kemanapun dan kapanpun. Tetapi tak jarang pula seseorang mempunyai anjing untuk berjaga-jaga dari maling yang bermaksud mencuri dirumah. Kecerdasan anjing memang di akui ketika mendapati orang asing yakni selalu menggonggong, dan mudah peka apabila orang asing tersebut mempunyai niatan buruk.

ads

Bagi pecintanya sendiri, anjing adalah piaraan kesayangan yang ingin selalu di lindungi. Anda pun pasti demikian, akan merawatnya dengan sepenuh hati. Kendati demikian, bukan berarti anjing tidak mempunyai masalah. Misalnya adalah penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Nah, kali ini yang harus anda ketahui adalah penyakit dermatitis pada anjing. Cara mengobati Dermatitis pada Anjing harus anda tahu, karena jenis penyakit ini bisa datang kapan saja meskipun anjing anda selalu dalam perawatan. Lantas apa yang di maksud dengan penyakit ini?

Dermatitis merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada kulit, biasanya ditandai dengan ruam bengkak kemerahan pada kulit yang juga akan terasa gatal. Kulit yang terpengaruh oleh gangguan kulit yang satu ini mampu melepuh, bernanah, berkerak atau sampai dengan mengelupas. (Baca Juga: Cara Mengobati Cacing Pita Pada Anjing)

Contoh dari penyakit kulit ini yaitu dermatitis atopik (eksim), ketombe serta ruam yang disebabkan oleh kontak berbagai zat, seperti poison ivy, sabun, atau perhiasan logam. Keadaan ini merupakan suatu kondisi cukup umum yang tidak menular, akan tetapi dapat menyebabkan penderita merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Kombinasi dari langkah perawatan dan juga pengobatan sendiri dapat membantu mengatasi penyakit dermatitis.

Pada kenyataannya, bukan saja manusia yang terserang penyakit kulit tersebut, karena anjing peliharaan anda pun bisa. Cara mengobati Dermatitis pada Anjing bisa anda temukan pada halaman ini, artikel yang akan membantu untuk mengarahkan anda tentang berbagai langlah untuk mengatasi penyakit tersebut. Wajar bagi siapapun anda yang merasa cemas apabila peliharaan mengalami sakit. Adapun beberapa gejala dari dermatitis yakni sebagai berikut:

  • Lemas – Anjing akan merasa lemas dan terlihat tak bertenaga. Hal ini akan terlihat jelas bagi anjing yang terbiasa aktif.
  • Badan Panas – Seluruh badannya akan terasa panas dan hampir pada semua bagian. Ini merupakan efek dari dermatitis sebagai penyakit kulit yang sedang bereaksi.
  • Bintik-Bintik – Terjadi bintik-bintik pada kulit sebagai tanda bahwa dermatitis akan berjalan dan menimbulkan pengelupasan.

Berikut ini yang harus anda lakukan terhadap anjing yang terserang dermatitis:

  1. Kenali Kondisinya

Pertama-tama anda harus mengenali kondisi sang anjing, bagaimana dan seperti apa. Beberapa tanda akan di tunjukkan bagi anjing yang mengalami dermatitis, baik psikis maupun fisiknya. Apabila beberapa gejala di atas mengindikasikan pada anjing anda, maka lakukan perawatan selanjutnya. (Baca Juga: Cara Mengobati Bisul Pada Anjing)

  1. Kompres Air Hangat

Berikan rangsangan lain dengan cara mengompres anjing anda dengan air hangat menggunakan waslap atau kain lembut. Rebuslah air, apabila sudah mendidih campurkan dengan air dingin sampai tidak terlalu panas. Atau anda bisa merebus sebentar saja di atas kompor jangan sampai mendidih yang penting tidak terlalu panas.

  1. Berikan Daun Binahong

Dermatitis merupakan penyakit kulit, jadi untuk menyembuhkannya anda bisa memberikan daun binahong. Ada banyak macam cara untuk penawar dermatitis pada anjing dengan menggunakan daun binahong. Salah satunya yakni dengan cara mengambil 5 helai daun yang telah di tumbuk lalu lumurkan pada tubuh anjing anda. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi Anjing)

Sponsors Link

  1. Berikan Obat

Berikan obat dalam untuk di minumkan pada anjing. Obat yang anda berikan harus benar-benar aman, yakni di beli pada kios atau Pet Shop dengan menyampaikan bentuk keluhan anda terkait anjing. Namun alangkah lebih baik lagi jika obat yang dibeli ini sesuai dengan saran dari orang yang lebih mengerti dan paham akan kondisi Anjing.

  1. Berikan Salep

Selain obat dalam, berikan pula anjing anda salep sebagai penawar dermatitis. Umumnya untuk penyakit luar memang lebih cepat salep atau krim. Selain lebih cepat, salep juga mudah diaplikasikan dan membuat Anjing merasa lebih nyaman. (Baca Juga: Cara Mengobati Patah Tulang Pada Anjing)

  1. Berikan Antibiotik

Antibiotik sangat berguna sekali untuk menunjang kesehatan kucing, terutama untuk melawan segala penyakit. Berikan antibiotik ini pada anjing anda yang sedang mengalami dermatitis.

  1. Lakukan Vaksin

Cara pengobatan dermatitis yang menimpa Anjing berikutnya yakni dengan melakukan vaksinasi. Cara ini cukup efektif menyembuhkan penyakit dari dalam. Vaksin di lakukan dengan cara menyuntikan tubuh anjing. (Baca Juga: Manfaat Vitamin C Untuk Anjing)

  1. Bawalah ke Dokter

Membawa anjing ke dokter adalah tips yang paling tepat. Periksakan anjing anda ke dokter untuk lebih tahu perkembangan penyakitnya. Dengan begitu dokter akan memberikan solusi yang terbaik untuk anjing anda.

Mempunyai peliharaan memang harus totalitas memberikan perawatan dan perhatian. Demikian tentang penyakit dermatitis pada anjing, anda harus mengerti bagaimana cara mengobatinya. Demikian tentang Cara Mengobati Dermatitis Pada Anjing, semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Friday 21st, December 2018 / 17:35 Oleh :
Kategori : Anjing