Sponsors Link

7 Cara Mengobati Bisul Pada Anjing

Sponsors Link

Anjing menjadi salah satu jenis hewan peliharaan cerdas. Hewan ini mudah menjadi cerdik jika rajin di latih, dan tentunya anda sering menjumpai di berbagai tempat entah kota atau perkampungan. Selain dijadikan peliharaan di rumah, anjing juga banyak di pergunakan untuk memberikan bantuan terhadap instansi pemerintah seperti kepolisian dengan jenis anjing pelacak salah satunya. Sedangkan untuk piaraan dirumah, selain sebagai teman anjing juga berguna menjaga rumah dari maling. Ketika ada orang asing yang masuk secara diam-diam maka anjing tersebut akan menggong-gong keras.

ads

Pecinta anjing tentu ingin yang terbaik untuk piaraannya, tidak suka atau tidak tega melihat anjingnya luka atau sakit. Namun siapa yang bisa menolak jika beberapa kondisi terjadi begitu saja. Beberapa masalah yang sering di temui pada anjing adalah bisulan. Mungkin anjing anda juga pernah mengalaminya, dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengobati Bisul pada Anjing akan di sampaikan disini. Bisul sendiri merupakan suatu penyakit koreng / borok yang biasanya berlokasi pada bagian kulit, borok tersebut juga berisi cairan nanah akibat dari infeksi kuman yang telah membusuk. Adapun beberapa penyebab dari bisul itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Luka Bakar

Penyebab yang paling umum adalah luka bakar yang tidak kunjung sembuh. Akibatnya kondisi kulit yang terbakar terlihat basah dan berair sehingga timbullah borok atau yang di sebut dengan bisul. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Luka Pada Anjing)

  • Luka Karena Trauma

Penyebab kedua yakni karena luka lantaran trauma yang tidak segera diobati. Akibatnya bisa merambah pada kondisi serius seperti ini.

  • Infeksi Kulit

Karena suatu infeksi bakteri pembusuk yang tidak segera di tangani, dan menjadikan kondisi parah serta membusuk.

  • Infeksi Jamur

Infeksi terhadap jamur jahat yang tidak teratasi segera dan menyebabkan kondisi parah. Tidak hanya itu saja, ketika sudah parah alias menyebar kemana-mana, untuk pengobatannya sendiri sulit untuk dilakukan.

  • Keracunan Kulit

Kulit mengalami keracunan, yang mana mampu menyebabkan luka dan menghasilkan bisul. (Baca Juga: Cara Mengatasi Anjing Keracunan)

Apabila anjing anda benar mengidap bisul, berikut gejala yang akan di temukan:

  • Terlihat borok serta terdapat pengikisan lapisan kulit
  • Hilangnya rambut atau bulu anjing di sekitar luka
  • Terjadinya pengerasan kulit seperti ketombe yang terdiri atas lapisan kulit yang mati
  • Kurangnya warna pigmen kulit

7 Cara Mengobati Bisul Pada Anjing

  1. Memberikan Obat

Berikan obat pada anjing untuk di minumkan, belilah pada Pet Shop terpercaya dan lebih paham tentang obat khusus pengobatan anjing. Obat ini di berikan sebagai penahan rasa nyeri serta mengeringkan luka. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi Anjing)

  1. Pemberian Vitamin

Berikan tambahan vitamin atau suplemen untuk menunjang kesehatan anjing ketika mengalami bisul. Vitamin atau suplemen berguna merangsang tubuh anjing sebagai kekebalan.

  1. Membersihkan Lukanya

Rutin membersihkan luka bisul anjing agar terjaga dari infeksi bakteri tambahan. Jika tidak di bersihkan akan kotor yang akhirnya memperparah kondisi. Bersihkan luka dengan revanol dengan efek rasa dingin dan tidak berbahaya atau bisa juga dengan antiseptik.

  1. Pemberian Antibiotik

Berikan antibiotik tambahan untuk menahan serangan penyakit atau bakteri yang bermaksud menyerang. Antibiotik ini tidak hanya diberikan sekali saja ketika di awal, melainkan secara rutin setiap kali hendak melakukan pengobatan terhadap Anjing setiap harinya. (Baca Juga: Vaksin Untuk Anak Anjing)

  1. Memeriksakan ke Dokter

Periksakan ke dokter untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut dari kondisi fisik anjing anda yang tengah bisulan. Dokter akan melakukan yang terbaik untuk anjing anda.

  1. Lakukan Vaksinasi

Cara pengobatan terhadap bisul Anjing yang lainnya yakni dengan cara vaksinasi. Lakukan vaksinasi ketika anjing anda benar-benar mengalami bisul. Vaksin di lakukan dengan cara menyuntik anjing serta di dalam suntikan telah di resepi obat penawar bisul atau borok.

  1. Pemberian Obat Luar

Selain obat dalam, anda juga harus memberikan obat luar seperti obat oles berupa salep ataupun krim. Obat ini di gunakan dengan cara mengoleskan obat pada area luka agar segera sembuh dan kering. (Baca Juga: Cara Mengobati Infeksi Telinga Pada Anjing)

  1. Mengkompres

Mengkompres kulit anjing yang bisul dengan menggunakan air hangat dan kain. Jangan terlalu panas, cukup hangat dengan menggunakan kain lalu di letakkan pada area yang luka.

  1. Pemberian Ramuan Binahong

Berikan ramuan binahong sebagai cara mengobati bisul sang anjing. Cukup carilah 5 helai daun binahong yang kemudian di tumbuk dan di tempelkan pada luka sang anjing.

Ketika anjing sedang mengalami sakit atau bisul seperti ini, bukan saja anda harus melakukan penyembuhan seperti di atas. Perlakuan dan perhatian anda juga sangat penting sebagai penunjang kesehatannya. Sebaiknya tidak lupa anda tetap memperlihatkan kasih sayang terhadap anjing anda dengan cara berikut ini:

  • Pemberian Makanan

Perhatikan pakan sang anjing, usahakan memberikan makanan bergizi dan di sukainya. Akan tetapi usahakan pula tidak sering memberikan pakan yang mampu meningkatkan kondisi luka makin parah. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Trauma Pada Anjing)

  • Sediakan Tempat Nyaman

Buatkan tempat tidur sang anjing menjadi lebih nyaman dan aman, sehingga anjing juga merasa tenang. Dengan banyaknya istirahat pada Anjing, besar kemungkinan pengobatan bisa lebih cepat dilakukan.

Demikianlah tentang cara mengobati Bisul pada Anjing yang bisa anda lakukan, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Sunday 16th, December 2018 / 12:06 Oleh :
Kategori : Anjing