Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi Anjing

Anjing adalah mamalia yang banyak di temui, entah pada lingkungan perkotaan ataupun perkampungan. Anjing juga menjadi salah satu hewan yang banyak di pelihara dirumah, perusahaan (tidak semuanya) seperti gudang, atau instansi seperti kepolisian dengan jenis anjing pelacak untuk membantu tugas operasi mencari target. Kelebihan anjing memang tidak di miliki oleh semua jenis hewan lainnya. Hewan dengan ciri khas lidah ini bisa menjadi piaraan cerdas apalagi selalu di latih.

Kendati mudahnya sang anjing untuk di didik, jangan sampai anda salah memberikan pengarahan. Sama-sama mendidik, sebaiknya latihlah anjing dengan benar melakukan hal-hal yang patut seperti membantu menjaga majikan serta lingkungannya. Sedangkan latian negatif lain yang jangan sampai anda arahkan pada anjing yakni mengajarkan untuk menggigit orang atau hewan lain. Selalu latihlah anjing anda dengan tahap dan cara yang benar.

Paling lucu adalah ketika usia anjing masih kecil alias bayi. Sayangnya di usia seperti ini rentan sekali penyakit atau kondisi menyerang. Jadi, apabila anda mempunyai piaraan anak anjing sebaiknya benar-benar mampu memberikan perawatan terbaik. Bayi anjing akan mudah terserang penyakit atau kondisi, salah satunya yakni kembung. Cara mengatasi Kembung pada Bayi Anjing harus terlebih dulu anda pelajari, sehingga pengetahuan ini akan anda kenali lebih awal untuk menyikapi apa yang akan terjadi. (Baca Juga: Makanan Untuk Anak Anjing)

Setidaknya anda sudah mempunyai bekal, sehingga nantinya tidak perlu bingung. Kembung memang menjadi suatu kondisi yang tidak nyaman sekali, entah kembung terjadi pada manusia atau pada hewan seperti bayi anjing. Namun yang jelas, bayi anjing masih jauh sangat muda ketimbang anak anjing yang umumnya tergolong besar.

Bayi anjing bisa di bilang masih cukup merah, belum mampu mengenali apa-apa yang ada di sekitarnya. Bahkan untuk merasakan kondisi yang sedang terjadi pada dirinya sendiri tidak bisa. Oleh karena itulah artikel tentang cara untuk mengobati Kembung yang terjadi pada Bayi Anjing ini di sampaikan, agar anda mampu mengenai ciri-ciri kurang sehat dan perawatannya. Sebelumnya, anda harus tahu bahwa tanda-tanda bayi anjing kurang sehat karena kembung adalah sebagai berikut:

  • Lemas – Bayi anjing akan cukup lemah ketika di gendong, seperti tak bertenaga atau tanpa tulang.
  • Pucat – Warna kulit bayi anjing berbeda dari biasanya, atau tergolong memucat. Ini tandanya bayi anjing sedang mengalami penurunan kondisi.
  • Sulit Menyusui – Mulai tidak mau menyusu pada induknya.

Apabila anda menemukan kondisi bayi anjing anda dalam gejala seperti di atas, sebaiknya lakukan Cara Mengatasi Kembung Pada Bayi Anjing seperti berikut ini:

  1. Pindahkan ke Tempat Lebih Nyaman

Pindahkan bayi anjing pada tempat lain yang lebih nyaman, yakni terasa lebih hangat agar bayi anjing merasa tertolong dengan kondisi perutnya yang kembung. (Baca Juga: Cara Mengobati Infeksi Telinga Pada Anjing)

  1. Berikan Tumpukan Alas Tidur

Buatlah tempat tidur bayi anjing lebih baik lagi dari biasanya. Jangan lupa berilah alas berupa kardus yang di lapisi kain untuk membuatnya merasa aman.

  1. Kompres Air Hangat

Bantulah meredakan kembung tersebut dengan cara mengompres perut dengan menggunakan air hangat. Pakailah waslap untuk di basahi dengan air hangat dan di letakkan pada perut anjing.

  1. Berikan Vitamin Penunjang Makan

Bayi anjing mungkin akan lebih sering mengkonsumsi air susu dari induknya. Ketika tengah kembung, bayi anjing akan sering diam dan tidak mau menyusu induknya. Jadi berikanlah vitamin penunjang nafsunya agar mau meminum susu induknya. Apabila di biarkan, perutnya akan kosong dan kondisinya akan kian menurun. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Trauma Pada Anjing)

  1. Berikan Obat

Berikan obat untuk di minumkan pada bayi anjing, bantulah untuk memasukkan pada mulutnya secara perlahan. Anda harus sabar untuk memberikannya, sebab kebanyakan anak Anjing akan berusaha mengelak jika Anda memberikan sesuatu yang asing baginya.

  1. Berikan Obat Oles

Selain obat dalam, anda harus memberikan pula obat luar seperti obat oles baik krim atau salep. Obat ini bisa anda beli di petshop dan sampaikan terlebih dahulu keluhan anda tentang peliharaan yang anda punya tersebut.

  1. Periksakan ke Dokter

Jika beberapa hal di atas kurang maksimal atau sama sekali belum di lakukan namun anda sudah terlalu khawatir, sebaiknya langsung temui dokter. Bantu bayi anjing anda melakukan pemeriksaan. Dengan begitu dokter akan menilai perkembangan kondisi yang sedang terjadi. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Gatal Pada Anjing)

  1. Vaksinasi

Lakukan vaksinasi sebagai cara mengatasi Kembung pada Bayi Anjing. Vaksin di lakukan dengan cara suntik, dan seharusnya hal ini tetap rutin di lakukan sebulan dua kali untuk memberikan kekebalan tubuh serta menjaga dari serangan penyakit.

Lama tidaknya proses penyembuhan bayi anjing yang kembung setelah di lakukan pengobatan, anda tetap harus memperhatikan kebutuhan gizinya. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan bayi anjing serta kotorannya agar tidak memicu datangnya bakteri atau virus dan menjangkit pada tubuhnya. Selain itu, hindari untuk membawa Anjing terlalu sering ke tempat-tempat kotor, sesekali boleh akan tetapi usahakan untuk langsung membersihkannya guna mencegah beragam penyakit Anjing. Demikian tentang cara menyembuhkan bayi anjing yang tengah kembung, semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Saturday 15th, December 2018 / 10:44 Oleh :
Kategori : Anjing