Sponsors Link

7 Cara Mengobati Tengeng Leher Pada Burung Dara

Memelihara burung memang menjadi kegemaran sebagian besar orang, khususnya pria. Tapi kini, bukan hanya remaja dan dewasa yang menyukai burung tetapi anak-anak kecil pria juga terlihat suka. Salah satu jenis burung yang umum dan banyak di temui di perkampungan adalah dara. Selain itu, dara juga menjadi salah satu jenis burung terjangkau (murah) dan mudah di temui. Burung dara atau istilah nama lainnya merpati menjadi burung yang umum dan banyak di pelihara.

Senangnya ketika anda mempunyai merpati, waktu luang anda menjadi terhibur dan terisi oleh kesibukan merawatnya. Akan tetapi ada beberapa kendala yang tetap ada, misalnya adalah sakit.

Dari banyaknya keluhan sakit yang di alami burung dara, salah satunya yakni tengeng. Pasti anda sendiri pernah mengalami tengeng. Kondisi ini keadaan dimana leher terasa kaku dan seolah sakit di gerakkan. Alhasil hal ini membuat tidak nyaman penderitanya, begitupun dengan burung bahwa yang di alami tidak jauh berbeda, tengeng.

Cara mengobati Tengeng Leher pada Burung Dara akan di sampaikan pada kesempatan ini. Tetapi sebelum itu, penting sekali bagi anda untuk memperdalam wawasan mengenai jenis burung yang satu ini. Burung merpati atau dara termasuk dalam kelompok famili Columbidae atau burung berparuh merpati dari ordo Columbiformes. Spesies ini mencakup sekitar 300 burung kerabat pekicau. Selain itu, dara adalah burung berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh rampingnya yang juga pendek dengan cere berair. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutil Pada Burung Dara)

Burung ini mempunyai keunikan tersendiri, yaitu mampu membangun sangkarnya dari ranting dan sisa-sisa lainnya, yang kemudian ditempatkan di pepohonan, birai, atau tanah, tergantung spesiesnya. Selanjutnya mereka mengerami satu atau dua telur. Kembali pada kasus burung dara yang kerap alami tengeng, anda harus bisa mengobatinya. Memang tidak mudah sekali untuk beternak burung dara, karena anda juga harus memperhatikan pakan serta kebutuhan gizi yang lainnya.

Burung dara menjadi salah satu jenis burung yang mudah sekali akrab dengan manusia. Merpati atau dara kerap di gunakan sebagai lambang perdamaian oleh manusia dan sering digambarkan sedang memegang daun zaitun. Berdasarkan catatan dahulu merpati pernah dipakai untuk mengirim surat dengan cara mengikatkan surat di kakinya. Ini sebagai bukti bahwa burung dara sangat mudah sekali beradaptasi dengan manusia. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati tengeng leher yang terjadi pada Burung Dara.

7 Cara Mengobati Tengeng Leher Pada Burung Dara

  1. Jemur Burung di Pagi Hari

Lakukan penjemuran pada burung dara setiap pagi hari, terutama saat mengalami tengeng. Kondisi ini terjadi karena kekakuan otot dan syarafnya. Sedangkan udara pagi dan aktifitas pagi memudahkan untuk melemaskan semua otot-otot, sehingga tengeng akan berkurang. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Stress Pada Burung Dara)

  1. Cabuti Bulu

Cara pengobatan tengeng Leher yang terjadi pada Burung Dara lainnya yakni dengan mencabuti bulunya. Namun pencabutan yang di lakukan ini bukan untuk semua bulu, hanya pada bagian leher. Lalu setelah itu bersihkan leher dengan menggunakan air hangat dipagi hari dan dipijat secara perlahan.

  1. Berikan Jahe Hangat

Berikan jahe, caranya dengan membakar jahe terlebih dahulu untuk kemudian di tumbuk hancur lalu di berikan air hangat dan saringlah. Selanjutnya berikan pada burung dara agar di minum. Cara lain dengan menggunakan jahe ini adalah dengan langkah di loloh jahe sebesar kacang tanah 2 biji. Bisa juga anda dengan mencincang jahe agar di makan oleh sang dara.

  1. Loloh dengan Madu Murni

Untuk mengatasi burung dara yang mengalami tengeng, berikan madu murni tanpa campuran air. Karena madu cukup lengket, takutnya jika di taruh di sangkar atau kandang bisa saja tertumpah akibat kesenggolan tingkah dara maka sebaiknya lolohlah. Membantu dara untuk meminum madu akan lebih mudah membantu sang dara untuk pengobatan. (Baca Juga: Cara Mengobati Burung Dara Flu)

  1. Berikan Amoxcilin

Berikan antibiotik seperti amoksilin untuk meringankan rasa nyeri yang di hadapi dara akibat tengeng. Dosis yang di berikan untuk sang burung yakni sebanyak 2x dalam sehari.

  1. Berikan Vitamin

Tengeng menjadi kondisi yang menyulitkan bagi burung dara. Sebaiknya tidak lupa untuk memberikan asupan vitamin. Gunanya adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh sang dara.

  1. Suntik

Sampaikan pada dokter agar sang dara bisa di suntik dan segera sembuh. Suntikan di lakukan dengan memberikan obat yang telah di resepkan dokter. Dengan cara ini perlahan tengeng pada burung akan berangsur sembuh. (Baca Juga: Cara Budidaya Burung Dara Kipas)

Sebagai catatan, jangan sampai lupa bahwa saat burung dara sedang mengalami tengeng maka sulit untuk bergerak terutama untuk makan. Sebaiknya apa-apa bantulah dara, terutama untuk makan atau memberikan obat. Lolohkan pakan, minum dan obat untuk dara. Bantulah makan dan minum dengan cara di lolohkan tetapi secara pelan, jangan terlalu kasar.

Seperti itulah kira-kira 7 cara mengobati Tengeng Leher pada Burung Dara yang bisa Anda terapkan pada burung kesayangan yang tengah mengalami kejadian seperti itu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, December 2018 / 12:47 Oleh :
Kategori : Burung