Sponsors Link

8 Cara Mengobati Burung di Gigit Kucing

Sponsors Link

Burung merupakan salah satu jenis unggas yang banyak macamnya. Burung juga menjadi salah satu hewan yang banyak di pelihara, baik untuk dijadikan hiburan dirumah mengisi waktu kosong atau memang sengaja di ternak untuk dijual. Apalagi budidaya burung saat ini menjadi wahana emas, banyak peminatnya. Misalnya saja ternak burung puyuh atau nama lainnya gemak menghasilkan uang dari hasil jual telurnya. Lain dari itu seperti burung gacor sejenis beo, kenari, jalak, lovebird dan beberapa yang lainnya.

ads

Lalu bagaimana dengan anda sendiri? Bukankah juga sangat tertarik untuk memelihara burung? Seharusnya memang iya, karena lomba kicau telah banyak di adakan dengan total hadiah besar. Ajang lomba kicau tentunya mampu melatih sang burung semakin pandai. Lalu ketika burung sering mendapatkan juara dan pandai, harga jual pun semakin mahal dan banyak di lirik orang. Tetapi untuk memelihara burung, pastinya anda juga harus mengerti apa saja hambatan yang akan di lewati.

Salah satunya terganggu oleh predator seperti kucing. Nah, jika anda juga menyayangi kucing atau mempunyai kucing sebaiknya jauhkan betul dari burung anda. Kucing menjadi predator bagi sang burung selain anjing atau ular sebagai predator lainnya. Terkadang pemilik masih saja lalai untuk menjaga burung, sehingga seringnya yang terjadi adalah burung mati di tangan kucing dan telah usai di santap. Namun sebagian juga beruntung hanya terjadi luka, entah cakaran atau gigitan.

Meskipun selamat dengan keadaan luka, namun anda tetap harus merawatnya. Karena jika luka yang terjadi akibat cakaran atau gigitan kucing tidak segera di atasi akan menimbulkan luka makin parah, infeksi atau bahkan mati. Sangat di sayangkan apabila burung telah lama di rawat justru mati seperti itu. Cara mengobati Burung di Gigit Kucing akan di sampaikan pada artikel ini. Jadi anda tidak perlu bingung mencarikan solusi apa saja yang harus di lakukan untuk menunjang kesembuhan sang burung. (Baca Juga: Penyakit Pada Kucing yang Menular ke Manusia)

Sebelum mengarah pada cara mengobatinya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Beberapanya merupakan cara menjauhkan burung dari kucing, yakni sebagai berikut:

  • Tempatkan Burung Lebih Tinggi – Taruhlah burung di gantungan lebih tinggi agar kucing tidak bisa melompati dan menggapai sangkarnya.
  • Bikin Kandang Besar – Kalaupun anda tidak ingin terlalu tinggi menaruh sangkar, sebaiknya buatlah kandang burung di bawah tetapi dengan ukuran besar kurang lebih 1,5 meter × 1,5 meter untuk luasnya dan tinggi sekitar 4 meter.
  • Kandang Kucing – Bila kucing adalah milik anda sendiri sebaiknya kandanglah kucing anda dan jangan lupa memberikan makan serta minum.
  • Usir Kucing – Usir kucing jauh-jauh jika itu bukan kucing milik anda. Namun jangan kasar ketika mengusirnya, cukup di takut takuti dengan suara lidi saja.

Itulah beberapa cara menjauhkan burung dari kucing, sedangkan cara mengobati Burung di Gigit Kucing adalah sebagai berikut:

  1. Berikan Daun Sirih

Daun sirih sangat berkhasiat sekali untuk menyembuhkan luka. Seringnya adalah untuk menghentika mimisan. Cobalah merawat kucing yang terluka karena gigitan kucing dengan daun sirih, baik merah ataupun hijau. Caranya adalah dengan menyiapkan 3 helai daun sirih untuk di tumbuk dan di pupuhkan pada luka sang burung. (Baca Juga: Manfaat Suntik Jamur Pada Kucing)

  1. Mandi dengan Air Sirih

Cara kedua mengobati burung terluka akibat gigitan kucing adalah dengan memandikan menggunakan air daun sirih. Untuk lebih bereaksi, rebuslah lima helai daun sirih dengan air satu gelas kecil. Setelah mendidih, angkat dan biarkan sampai benar-benar dingin 100%. Barulah setelah itu anda bisa memasukkan air ke dalam botol semprot untuk memandikan burung dengan cara di semprot.

  1. Pupuhi dengan Daun Binahong

Anda tahu daun binahong? Daun binahong berwarna hijau keunguan dengan tekstur airnya kental. Anda bisa memberikan daun binahong untuk di pupuhkan pada luka gigitan kucing. Caranya adalah dengan menumpuk (tidak sampai lumat) satu helai daun binahong dan di letakkan pada bagian yang luka.

Sponsors Link

  1. Memberikan Pakan Campuran Binahong

Daun binahong juga bisa di konsumsikan langsung kepada burung. Caranya adalah dengan mencampurkan daun binahong yang telah di iris dengan pakan burung. Tujuannya agar burung bisa memakan semuanya, baik pakan atau daunnya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Lovebird)

  1. Berikan Vitamin

Berikan vitamin tambahan untuk menunjang kekebalan tubuh sang burung. Pada saat mengalami luka, tentunya kondisi kesehatannya menurun. Jika di biarkan bisa mengurangi nafsu makannya dan daya tahan menurun hingga kematian. Sebaiknya belilah vitamin pada kios burung dengan harga terjangkau.

  1. Pemberian Obat

Berikan obat untuk meringankan nyeri dan mencegah terjadinya infeksi. Ada banyak obat yang akan anda dapatkan di kios burung. Sampaikan keluhan anda pada pemilik kios, ada rekomendasi obat yang di sarankan untuk mengurangi sakit yang di alami burung. (Baca Juga: Manfaat Pengembunan Pada Burung Kenari)

  1. Berikan Air Madu

Berikan air campuran madu, tetapi jangan terlalu banyak air. Biar rasa madu masih cukup pekat sehingga khasiatnya juga masih besar. Madu mempunyai peranan banyak mengurangi kesakitan dan luka, sebaiknya Anda mencoba mengaplikasikan salah satu bahan alami tersebut.

  1. Berikan Air Jahe

Burung sangat menyukai air jahe, disisi lain karena memang khasiatnya cukup ampuh atasi semua kondisi dan demam pada burung. (Baca Juga: Manfaat Tomat Pada Burung Kenari)

Demikianlah 8 cara mengobati Burung di Gigit Kucing, segera terapkan ketika burung kesayangan Anda ditemukan tengah atau telah tergigit kucing supaya burung tidak merasakan sakit yang lama-lama. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Monday 10th, December 2018 / 13:19 Oleh :
Kategori : Burung