Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Lovebird

Sponsors Link

Perhatian anak muda sampai dengan dewasa beralih pada hobi burung, banyak sekali pecinta burung dengan berbagai jenis. Salah satu burung yang bisa di pelihara adalah Lovebird. Tentunya anda sendiri tidak asing mendengar namanya, salah satu jenis burung yang mempunyai bulu indah dengan harga terjangkau. Selain bisa di pelihara rumahan untuk mengisi hari-hari kosong sekaligus menjadi teman, Lovebird adalah burung yang cukup di andalkan dalam beromba.

ads

Pernahkah anda mengikuti kompetisi kicau semacam ini, atau mungkin pernah melihat? Ya, dengan Lovebird anda bisa mencoba mengikuti perlombaan kicau burung. Untuk jelasnya, kali ini akan di sampaikan apa yang di sebut dengan Lovebird dan bagaimana cara mengatasi kegemukan pada Burung Lovebird. Sementara itu, obesitas yang terjadi pada burung anda tentu akan mengurangi penampilan. Lagipula gemuk yang berlebih juga tidak bagus, malahan bisa membuat burung mudah terserang penyakit.

Lovebird atau disebut juga dengan Burung cinta merupakan salah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis yang dari bahasa Yunani “agape” artinya “cinta” dan “ornis” yang berarti “burung”. Mereka adalah kumpulan burung yang berukuran kecil, diantaranya yakni 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial. Artinya antara sesama spesiesnya burung ini sangat perhatian dan saling membantu. Delapan dari spesies ini berasal dari Afrika, dan spesies “burung cinta kepala abu-abu” berasal dari negara Madagaskar. (Baca Juga: Manfaat Bayam Pada Burung Lovebird)

Nah, meskipun demikian cantik tetapi anda sendiri tentu akan bingung mendapati lovebird gemuk. Cara yang akan di sampaikan pada halaman ini untuk memudahkan anda mencari solusi yang tepat. Lanjut tentang burung cinta, nama mereka diambil dari tingkah spesies pada burung ini yang selalu duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Sifat pasangan lovebird yakni monogami di alam bebas. Umur hidupnya rata-rata adalah 10 sampai 15 tahun.

Di kalangan pencinta burung sendiri, lovebird menjadi primadona. Ketika anda sudah cinta, tidak sedikit orang yang mau membeli burung yang diincarnya dengan harga besar sampai di atas Rp 1 miliar. Burung cinta ini adalah salah satu jenis burung peliharaan yang popularitasnya dari tahun ke tahun tak pernah pudar. Burung jenis paruh bengkok ini menjadi buruan banyak orang yang bukan saja karena warna bulunya indah, tetapi karena suaranya. Rahasia agar si burung cinta mau berkicau merdu adalah pada makanannya.

Oleh karena itu dalam memelihara lovebird penting sekali memperhatikan pakannya. Tetapi usahakan untuk memperhatikan kadar lemak dan banyak sedikitnya anda memberi agar tidak terjadi kegemukan. Dengan begitu burung tetap ideal dan anda tidak perlu mencari bagaimana cara untuk menguruskannya.

Burung ini mempunyai keunikan yang berupa warna bulunya beragam, bahkan bisa mencapai ratusan. Karena sifatnya yang mudah bermutasi, warna bulu burung ini bernama latin Agapornis bisa dibuat sesuai keinginan. (Baca Juga: Cara Merawat Lovebird Paruh Putih)

Sekian banyak dari jenis yang ada, burung lovebird yang paling diincar di Indonesia masih terbatas, yakni hanya empat jenis saja, meliputi ilovebird lutino, hijau, holand, serta kacamata. Nah, untuk mengatasi obesitas lovebird sendiri bisa anda simak dari beberapa hal berikut ini:

7 Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Lovebird

  1. Minimalisir Pakan Bijian

Dalam masa perawatannya, lovebird hanya diberikan pakan berupa milet putih saja tanpa kuaci atau kacang-kacangan yang lain. Solusi lainnya yang bisa di lakukan, gantilah pakan bijiannya dengan pelet atau voer khusus lovebird atau burung paruh bengkok. (Baca Juga: Kendala dalam Beternak Lovebird)

  1. Berilah Sayuran Low Fat

Tips kedua untuk mengurangi kegemukannya, berilah sayuran rendah gula dan karbohidrat. Bahkan bukan hanya untuk burung, dalam kehidupan sehari-hari manusia yang banyak memakan makanan dengan kandungan lemak atau gula tinggi rentan beresiko pada obesitas.

Sponsors Link

  1. Upgrade Sangkar

Cobalah untuk memperbarui sangkar sang burung dengan ukuran lebih luas, agar burung lebih leluasa dalam bergerak, terutama apabila tempat pakan disimpan pada posisi yang lebih tinggi pula. Semakin besar sangkar, maka burung akan lebih bebas bergerak dan mampu membakar kalori dengan baik.

  1. Sering Melatih Lovebird di Luar Sangkar

Rutinlah melatih burung cinta anda di luar sangkar dengan catatan apabila burung sudah jinak total. Solusi lainnya yakni dengan tlaten menempatkan lovebird dalam kandang umbaran. (Baca Juga: Cara Membuat Inkubator Burung Lovebird)

  1. Rutin di Mandikan

Sebagai pemilik, rutinlah untuk memandikan dan menjemur burung. Cara ini adalah langkah tepat untuk membakar sisa kalori dan lemaknya. Selain itu, burung juga akan terlihat lebih fresh, dan bersih sehingga kesehatannya pun juga terjaga dengan baik.

  1. Berikan Buah-Buahan

Kurangi pakan bijian dan berilah buah-buahan segar seperti pepaya, apel atau tomat. Tiga jenis buah ini tidak mudah menggemukkan sang burung, selain itu kandungan di dalamnya yang kaya vitamin sangat menyehatkan.

  1. Berikan Bird Slim

BirdSlim bisa di beli pada kios burung dengan harga terjangkau. Obat ini yang bisa membantu lovebird memecah lemak pada kegemukan. Namun, ketika Anda memberikan obat ini imbangi juga dengan memberikan aktivitas dan kegiatan yang aktif sehingga khasiat dari obat tersebut bisa lebih terasa. (Baca Juga: Cara Hilangkan Kutu Pada Burung Lovebird)

Demikian 7 cara mengatasi kegemukan pada Burung Lovebird yang dapat Anda terapkan pada burung kesayangan yang memiliki tubuh yang terlalu besar. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 07th, December 2018 / 10:22 Oleh :
Kategori : Burung