Sponsors Link

Penyakit Pada Kucing Yang Menular Ke Manusia Yang Patut Diwaspadai

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang saat ini sangat banyak diminati oleh para pecinta hewan atau pecinta kucing untuk dipelihara. Dalam memelihara kucing tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik agar kondisi kucing selalu dalam keadaan yang sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Beberapa penyakit pada kucing ternyata tidak hanya berbahaya bagi kesehatan kucing sendiri namun juga dapat menular ke manusia sebagai pemiliknya dan menimbulkan kondisi yang tentunya berdampak buruk. Berikut ini beberapa penyakit pada kucing yang menular ke manusia dan perlu diketahui semua pemilik kucing dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Bartonellosis 

Bartonellosis merupakan salah satu jenis penyakit pada kucing yang menular ke manusia terutama akibat kucing yang tidak mendapatkan perawatan dengan baik atau kucing kucing liar disekitar lingkungan manusia. Bartonellosis merupakan jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Bartonlla hensela. Penularan penyakit tersebut dapat dilakukan ketika manusia menerima gigitan atau cakaran dari kucing yang terinfeksi. Ciri penularan penyakit tersebut adalah ditemukannya pembengkakan pada beberapa bagian kelenjar getah bening manusia. (Baca juga : cara merawat kucing yang terkena virus)

  1. Infeksi cacing tambang

Cacing tambang atau hookworm dapat hidup di dalam usus kucing maupun anjing yang menyebabkan terjadinya beberapa permasalahan kesehatan terutama pada saluran pencernaan. Cacing tambang tersebut dapat keluar bersamaan dengan feses kucing dan mencemari tanah disekitarnya. Manusia dapat terinfeksi cacing tambang tersebut ketika melakukan kontak langsung dengan tanah bekas feses kucing berada atau langsung dari feses kucing tersebut. (Baca juga : jenis virus pada kucing)

  1. Toksoplasmosis 

Mendengar nama penyakit ini mungkin sebagian dari kita sudah cukup familiar terhadap salah satu jenis penyakit yang dapat menular pada manusia dari kucing. Toksoplasmosis sebenarnya merupakan jenis penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya ketika manusia memiliki sistem imun yang baik. Meskipun ringan, penyakit toksoplasmosis ini sangat berbahaya bagi janin yang dikandungan oleh seorang ibu hamil. Karena bahaya tersebut maka ibu hamil sangat disarankan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan hewan seperti kucing saat masih dalam masa hamil. (Baca juga : ciri ciri kucing yang terkena penyakit toxoplasma)

  1. Ringworm

Jenis penyakit pada kucing yang menular ke manusia selanjutnya disebut sebagai ringworm yang bukan disebabkan oleh cacing melainkan jamur. Penularan penyakit pada kucing ini dapat terjadi ketika manusia melakukan kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi. Gejala yang muncul pada manusia akibat infeksi jamur ini diantaranya seperti rasa gatal yang sangat kuat, ruam berbentuk sisik yang menyakitkan dan dapat berkembang menjadi seperti melepuh. (Baca juga : ciri ciri kucing rabies)

  1. Scabies

Scabies merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi kutu atau parasit pada kucing dan menyerang bagian permukaan kulitnya. Scabies dapat menular ke manusia melalui kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi. Gejala yang muncul pada manusia akibat tertular scabies ini dapat berupa rasa gatal yang kuat di daerah permukaan kuli. Selain penyakit tersebut ada beberapa jenis penyakit lain yang juga dapat menular pada manusia dari kucing seperti kriptosporidosis, campylobacteriosis, dan flea bites dermatitis. (Baca juga : jenis parasit pada kucing)

Itulah beberapa jenis penyakit pada kucing yang menular ke manusia. Penyakit yang disebutkan diatas dapat menular ke manusia akibat kondisi kucing yang tidak mendapatkan perawatan dengan baik dan kebersihannya yang tidak terjaga.

, , , ,
Post Date: Friday 07th, December 2018 / 13:37 Oleh :
Kategori : Kucing