Sponsors Link

Penyakit Pada Kuku Kucing Yang Perlu Diwaspadai Setiap Pemilik Kucing

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak digemari dimasyarakat karena perilaku dan bentuknya yang lucu. Bagi pemilik kucing, memperhatikan kebiasaan kucing merupakan salah satu proses perawatan pada kucing yang perlu dilakukan guna menghindari kondisi yang tidak diinginkan. Kebiasaan kucing yang sering menggunakan kukunya untuk mengaruk pasir, mencakar benda tertentu dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah pada bagian tubuh tersebut. Berikut ini beberapa penyakit pada kuku kucing yang dapat terjadi karena berbagai macam penyebab yang perlu diketahui oleh setiap pemilik kucing dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Kuku yang patah

Kuku patah pada kucing sebenarnya bukanlah kondisi penyakit yang berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ketika kuku yang patah tersebut menyebabkan luka pada daerah jari dimana kuku berada tentu harus diperhatikan dengan baik. Kuku yang patah dapat muncul pada kucing akibat tekanan fisik ketika kucing mengaruh sesuatu atau tertimpa sesuatu. Kuku yang patah juga dapat menyebabkan kucing tidak memiliki perlindungan baik dari predator atau musuh disekitar lingkungannya. (Baca juga : tanda jamur pada kucing sembuh)

  1. Bartonellosis 

Bartonellosis merupakan salah satu jenis penyakit pada kuku kucing yang disebabkan oleh infeksi bakteri Bartonella hensela. Penyakit infeksi ini dapat menular pada manusia atau kucing yang lain ketika mendapatkan cakaran langsung dari kucing yang terinfeksi. Kucing yang mengalami penyakit bartonellosis dapat dilihat dari prilakunya yang sering mengaruk, mengigit, atau bahkan menjilat bagian kuku atau cakarnya akibat rasa gatal yang muncul dari infeksi bakteri. (Baca juga : pengobatan jamur pada kucing persia)

  1. Peradangan pada kuku

Kondisi penyakit atau permasalahan kesehatan lainnya yang dapat terjadi pada kuku kucing adalah munculnya peradangan pada kuku kucing. Peradangan pada kuku dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti adanya darah beku di bawah kuku kucing. Kondisi peradangan tersebut seringkali menyebabkan kondisi kuku berwarna hitam. Untuk mencegah terjadinya permasalahan kuku berwarna hitam yang bukan disebabkan oleh kotoran tersebut maka aktivitas memotong kuku kucing peliharaan harus dilakukan secara benar dan rutin. Memotong kuku kucing merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan kucing dan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit. (Baca juga : ciri ciri kucing sakit ginjal)

  1. Infeksi jamur pada kuku kucing

Jenis penyakit pada kuku kucing selanjutnya adalah infeksi jamur. Kondisi infeksi jamur pada kuku kucing dapat menyebabkan kuku tidak tumbuh dengan baik atau kuku terlihat memiliki wujud yang kotor. Infeksi jamur pada kuku kucing tersebut sering kali terjadi akibat aktivitas kucing yang bermain atau mengaruk tanah yang kotor. Untuk menghindari kondisi tersebut maka selalu cek kebersihan kuku kucing dan rawat serta hilangkan kotoran yang mengendap di daerah tersebut. (Baca juga :

  1. Infeksi cacing pada kuku kucing

Kuku pada kucing sering digunakan untuk mengaruk ataupun memegang benda benda yang dapat memiliki kandungan cacing di dalamnya terutama tanah pada tempat yang kotor. Aktivitas mengaruk tempat yang kotor tersebut menjadikan kucing dapat mengalami infeksi cacing yang dimulai dari kukunya. Ringworm dan hookworm merupakan jenis cacing yang dapat menginfeksi kucing dan menular pada manusia. (Baca juga : jenis penyakit mulu pada kucing)

Itulah beberapa jenis penyakit pada kuku kucing yang perlu diketahui dan diwaspadai oleh setiap pemilik kucing. Untuk menghindari beberapa penyakit yang disebutkan diatas, kebersihan dan perawatan kucing harus diperhatikan dengan baik terutama pada bagian kukunya.

, , , ,
Post Date: Friday 07th, December 2018 / 13:41 Oleh :
Kategori : Kucing