Sponsors Link

13 Pengobatan Jamur Pada Kucing Persia yang Ampuh

Sponsors Link

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat imut sehingga banyak orang yang menggemari hewan satu ini. Akan tetapi, tidak jarang juga kucing terserang jamuran, apalagi kucing persia.

ads

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai macam cara Pengobatan Jamur Pada Kucing Persia yang bisa anda terapkan kalau saja terjadi permasalahan jamuran pada kucing kesayangan anda.

Jamur yang terjadi pada tubuh kucing ini bukan tanpa faktor atau penyebab. Biasanya, kejadian seperti ini dikarenakan sang kucing tertular oleh kucing lain yang memiliki riwayat jamuran pada tubuh maupun kepala.

Faktor lain yang bisa menyebabkan kucing jamuran adalah lingkungan yang mungkin kurang bersih, sehingga menjadi peluang besar untuk jamur-jamur hinggap pada kucing persia. Berikut 13 metode menghilangkan jamur pada kucing persia: (Baca Juga: Makanan Larangan Untuk Kucing Persia)

Pengobatan Jamur Pada Kucing Persia

  1. Melakukan Karantina Pada Kucing yang Jamuran

Ketika anda menemukan kucing yang sedang dalam kondisi tubuh jamuran, lakukan karantina pada kucing tersebut supaya tidak menularkan kejadian ini pada kucing yang lain. Selain itu, jangan lupa juga untuk membedakan alat-alat yang biasa digunakan antara kucing jamuran dengan kucing normal.

  1. Rutin Membersihkan Kandang Kucing

Virus bisa tersebar karena adanya lingkungan negative atau kurang bersih. Jika anda tidak membersihkan kandang kucing, maka bukan tidak mungkin lagi sang kucing bisa menderita jamuran pada tubuh, kaki, maupun kepalanya. Dengan begitu, jangan lupa untuk rajin membersihkan kandang maksimal sehari sekali saja dan minimal 2 hari sekali agar kesehatan kucing Persia lebih terjaga.

  1. Merendam Semua Peralatan Kucing

Lakukan perendaman pada semua alat-alat yang biasa digunakan kucing yang sedang jamuran. Hal ini ditujukan supaya kebersihan pada barang-barang tersebut jika mana telah dipakai dengan kucing yang jamuran supaya tidak mewabah pada kucing lain. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Persia Medium)

  1. Menjaga Suhu Ruangan

Jangan sekali-kali Anda menempatkan kucing di tempat yang cenderung lembab. Letakkan Kucing Persia di lokasi yang cukup kering dan bersih sehingga nyaman untuk dihuni hewan kesayangan anda. Idealnya yakni berada pada kisaran tingkat 40% – 50% yang mana jamur akan mudah mati sehingga tidak menghinggapi tubuh si kucing.

  1. Mencukur Bulu Kucing

Melakukan pencukuran pada kucing yang sedang dihinggapi Jamur ini merupakan salah satu langkah yang tepat sekali. Hal ini dikarenakan bulu-bulu yang tumbuh di tubuh kucing dan telah terinfeksi jamur akan menjadi salah satu bulu mati alias tidak bisa tumbuh dengan subur. Bahkan, kalau hal ini terus di biarkan, pertumbuhan jamur akan semakin banyak. Dengan mencukur bulu kucing akan membuat pertumbuhan bulu baru yang lebih sehat sekaligus membuat jamur menipis hingga pada akhirnya hilang dengan sendirinya.

  1. Memberikan Salep Pada Kucing

Jika Anda telah mencukur bersih bulu kucing, langkah selanjutnya adalah dengan mengolesi salep pada tubuhnya. Tujuan ini untuk memberikan pengobatan pada tubuh kucing dan mempercepat proses keringnya jamur pada kucing. (Baca Juga: Cara Mengobati Luka Pada Anak Kucing)

  1. Semprot Kucing dengan Spray Anti Jamur

Cara pengobatan jamur pada kucing yang lebih praktis adalah dengan cara menyemprotkan anti jamur pada si kucing. Anda bisa lakukan teknik ini pada tubuh kucing yang sedang terinfeksi jamur.

  1. Bersihkan Kucing dengan Menggunakan Shampoo

Ada shampoo khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan tubuh kucing sehari-hari. Untuk metode ini bisa dilakukan dengan rutin pada kucing Anda, terlebih lagi ketika mengalami jamuran. Shampoo tersebut mampu memberikan kesan harum dan membersihkan tubuh kucing dari bakteri.

Sponsors Link

  1. Mandikan Kucing dengan Lime Sulfur

Aneh rasanya jika harus memandikan kucing kesayangan dengan lime sulfur. Namun, inilah fakta yang bisa membantu kondisi tubuh kucing kesayangan menjadi lebih baik dan terjauh dari jamuran atau membuang jamur yang telah menempel pada Kucing Persia. Lime Sulfur merupakan larutan belerang yang mengandung konsentrasi kecil. Anda hanya perlu mencelupkan kucing di dalam larutan ini. Umumnya, cara ini bisa dilakukan 2 – 4 kali pengobatan dengan Lime Sulfur.

  1. Memberikan Obat Dalam atau Obat Oral

Disamping anda melakukan cara-cara di atas, perlu juga untuk kucing mendapatkan nutrisi dari obat tertentu. Biasanya obat yang sering di gunakan pada kucing adalah Itraconazole. Dengan obat tersebut jamur yang terjadi pada kucing akan segera teratasi. (Baca Juga: Cara Pengobatan Diare Pada Kucing Persia)

  1. Memberikan Minyak Tawon

Oleskan minyak tawon pada tubuh kucing dalam tingkatan yang tidak terlalu banyak alias secukupnya. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengobati kucing yang sedang jamuran karena kandungan minyak tawon mampu menjadi racun bagi jamur. Tenang saja, minyak tawon ini tidak akan terasa terlalu panas untuk tubuh kucing. Oleskan sedikit atau dengan cara tipis-tipis saja pada bagian tubuh Kucing Persia yang di perlukan.

  1. Memberikan Cairan Herbal

Berikan cairan herbal juga pada kucing sebagai nutrisi tambahan untuk pengobatan tubuh dari jamuran. Anda bisa membuatnya sendiri atau mungkin membelinya dari toko hewan. Cairan herbal yang dimaksudkan disini adalah cairan yang mengandung bahan alami seperti daun srikaya, garam, jeruk nipis, sereh, jahe, sambiloto, daun sirih maupun cuka apel.

  1. Berikan Vitamin

Sebagai penambahan daya tahan tubuh pada kucing, berikan vitamin khusus untuk kucing yang akan berperan dalam mempertahankan kekebalan tubuh kucing.

Demikian 13 cara Pengobatan Jamur Pada Kucing Persia. Selamat mencoba dan semoga Artikel ini membantu. (Baca Juga: Cara Melatih Kucing Bersalaman)

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 02:22 Oleh :
Kategori : Kucing