Sponsors Link

13 Cara Pengobatan Diare pada Kucing Persia Paling Lengkap

Sponsors Link

Kucing persia yang terjangkit diare membuat pemilkiknya pusing. Sebab diare pada kucing persia menyebabkan nafsu makannya menurun, badan lemah, hingga beresiko mengotori bulunya. Kucing persia dapat terkena diare karena berbagai sebab, umumnya dari kondisi makanan dan minuman serta lingkungan yang kurang bersih.

ads

Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan tips pengobatan diare pada kucing persia, agar dapat memberikan pertolongan pertama dan penanganan secara langsung serta mencegah masalah kesehatan yang lebih lanjut, yuk langsung saja kita simak bersama.

1. Oralit

Oralit adalah obat khusus untuk mengobati diare. Oralit bekerja cepat dengan cara membunuh virus penyebab diare dan mencegah dehidrasi (kekurangan air). Tahukah anda, Oralit ada pula yang tersedia khusus untuk hewan, anda dapat mendapatkannya di pet shop atau pada dokter hewan. Oralit bagus untuk pertolongan pertama untuk diare pada kucing anda. (Baca juga mengenai tanda tanda kehamilan pada kucing persia).

2. Multivitamin

Pengobatan diare pada kucing persia dapat dimaksimalka dengan pemberian multivitamin. Anda dapat memberinya multivitamin yang dibeli pada dokter hewan atau dari bahan alami misalnya madu. Kucing persia yang terjangkit diare umumnya memiliki kondisi tubuh yang lemah sebab makanan yang masuk ke dalam tubuhnya terbuang dalam kotoran yang keluar sehingga nutrisi yang masuk sangat sedikit.

Untuk tetap menjaga kestabilan energi dan mencegahnya semakin lemah, multivitamin sangat diperlukan untuknya agar daya tahannya meningkat dan terhindar dari virus atau bakteri lain yang berhubungan dengan diare. (Baca juga mengenai cara merawat kucing persia flatnose umur 2 bulan).

3. Memberi Obat Cacing

Terkadang diare merupakan salah satu tanda cacingan pada kucing sebab ada parasit di dalam saluran pencernaannya. Obat cacing alami dapat anda berikan sebagai pencegahan. Jangan biarkan kucing persia anda terjangkit diare berat, sebab diare pada kucing dapat membahayakan dan beresiko menyebabkan kematian. (Baca juga mengenai cara merawat kucing persia medium).

4. Berikan Tempe

Tempe adalah makanan yang aman diberikan untuk kucing. Memberikan tempe pada kucing ternyata juga bermanfaat untuk meringankan diare. Caranya ialah dengan merebusnya sehingga kandungan gizinya tidak hilang. Berikan secara langsung dengan dicampurkan pada makanannya.

5. Yogurt Nonlactosa

Pengobatan diare pada kucing persia dapat dilakukan dengan pemberian yogurt nonlactosa atau tanpa gula. Yogurt merupakan minuman yang terbuat dari berbagai bahan bermutu tinggi yang sanagt baik untuk kesehatan pencernaan. Yogurt aman untuk dikonsumsi kucing dan dapat menjaga kesehatan serta menyembuhkan masalah pada saluran pencernaannya. (Baca juga mengenai cara menggemukkan kucing persia).

Yang wajib anda perhatikan adalah nonlactosa. Kucing persia harus diberi yogurt dengan label nonlactosa yang artinya yogurt tersebut murni dan sama sekali tidak ada kandungan gula di dalamnya. Jangan sekali kali memberikan yogurt biasa pada kucing persia anda, minuman yang mengandung gula akan menyebabkan diarenya bertambah parah dan merusak kesehatannya saluran pencernaannya.

6. Beri Air Minum Cukup

Beri air minum yang cukup pada kucing persia anda, diare rentan menyebabkan dehidrasi pada kucing, anda harus selalu memperhatikannya, jika tubuhnya lemas dan lidahnya kering tandanya dia kekurangan asupan cairan. Bantu kucing persia kesayangan anda agar tetap mau minum. (Baca juga mengenai cara merawat kucing persia umur 1 bulan).

Sponsors Link

7. Beri Dry Food

Pada kondsi diare, berikan makanan yang kering atau dry food, makanan yang lembab akan beresiko mudah dihinggapi virus dan mengakibatkan kondisi lingkungan sekitar kandang menjadi lembab. Berikan makanan kering yang banyak tersedia di pet shop. Jangan lupa tetap awasi asupan nutrisinya, jika ia tidak mau makan anda wajib membantu dan memastikan asupan gizinya tetap terpenuhi.

8. Pisahkan dengan Kucing Lain

Letakan kucing persia yang terjangkit diare di kandang yang berbeda, jangan disatukan dengan kandang kucing yang sehat. Hal ini untuk mencegah kucing lain tertular diare dan memberikan kenyamanan pada kucing yang sakit. sebab diare dapat menular menular pada kucing lain.

9. Jauhkan dari stres

Stres pada kucing persia dapat disebabkan oleh berbagai hal misalnya ketika berada di tempat atau pemilik yang baru. Stres menjadi salah satu pemicu diare. Pengobatan diare pada kucing persia itu sendiri wajib menjauhkan kucing persia dari stres. Caranya ialah dengan mempelakuannya dengan baik dan sering memperhatikannya. Jauhkan dri kandungan kucing atau hewan lain, atau anak anak kecil yang umumnya bersikap terllau aktif ketika bermain atau melihat kucing.

10. Jaga Kebersihan Kandang

Salah satu penyebab diare dalah kondisi lingkungan yang kurang bersih. Sebab itu bersihkan ulang lingkungan sekitar dan kandang kucing anda dari segala bentuk debu, kotoran, dan kondisi yang lembab. Pastikan kandang berada di tempat yang bersih dengan sirkulasi udara yang baik. Kondisi lembab dapat menyebabkan virus dan bakteri berkembang dengan mudah.

Sponsors Link

11. Bersihkan Bulu

Ketika kucing persia terjangkit diare, tidak jarang akan ada kotoran yang menempel pada bulunya. Kotoran tersebut wajib segera dibersihkan. Jangan sampai dijilat oleh kucing persia anda atau mengering hingga lebih sulit dihilangkan.

Memang butuh perawatan yang intens untuk kesembuhan kucing anda. segera bersihkan bulunya yang terkena kotoran dengan handuk yang telah diberi handuk hangat, bersihkan pada bagian yang terkena kotoran saja. Segera keringkan dengan handuk lain yang bersih sebab tubuh juga harus senantiasa kering dan jauh dari kelembaban.

12. Ganti Tempat Makan dan Minum

Tempat makan dan minum yang terdapat sisa sisa makanan di dalamnya rawan dihinggapi berbagai bakteri dan virus. Ganti dan bersihkan secara rutin tempat makan dan minumnya dengan sabun dan air hangat setidaknya sehari dua kali. Jangan biarkan terdapat sisa makanan pada tempat makan atau minumnya. Tempat makan dan minum yang bersih akan membantu bakteri menjauh dan memberikan kesembuhan pada kucing persia anda.

13. Istirahat

Biarkan kucing persia anda istirahat ketika sedang sakit diare, jangan terlalu sering diajak bermain baik dengan manusia atau kucing lain. Tubuh kucing yang lemah ketika diare akan semakin terasa tidak nyaman baginya jika ia terlalu sering bergerak, kelelahan akan memperlambat kesembuhan pada sakit diarenya. Sebaiknya letakkan kucing persia anda di tempat yang tenang dan biarkan istirahat hingga kondisinya membaik.

Sampai disini dulu ya sobat, semoga penjelasan tentang pengobatan diare pada kucing dapat anda pahami dengan mudah, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 04:19 Oleh :
Kategori : Kucing