Sponsors Link

13 Cara Mengobati Kelinci Cacingan Paling Lengkap

Sponsors Link

Kelinci yang memiliki mata indah, tapang lucu, tubuh menggemaskan, serta telinganya yang panjang saat ini menjadi hewan yang sering dipelihara di rumah. Kelinci disukai terutama oleh anak kecil karena sifat lincah dan riangnya. kelinci senang bermain dan termasuk hewan aktif.

ads

Jika anda berencana untuk memelihara baik sekedar hobi atau untuk kepentingan bisnis, sebaiknya anda banyak belajar seputar perawatan dan kesehatan kelinci agar memaksimalkan perkembangan, stabilitas, serta kualitasnya. Salah satu dapat anda pahami ialah tentang penyakit yang menyerang kelinci.

Sebagaimana makhluk hidup lainnya, kelinci adalah hewan normal yang tidak mungkin terus menerus sehat atau terhindar dari penyakit sepanjang hidupnya.Ada kalanya kelinci juga terkena penyakit, salah satunya yang rentan terjangkit pada kelinci ialah cacingan yang umumnya disebabkan oleh kurangnya kebersihan lingkungan dan makanannya.

Cacingan pada kelinci harus disembuhkan sesegera mungkin agar mencegah dari masalah kesehatan yang lebih lanjut. Bagaimana cara menanganinya yuk simak artikel kali ini mengenai cara mengobati kelinci cacingan sebagai wawasan tambahan untuk anda atau sebagai panduan dalam perawatan keseharian untuk kelinci kesayangan anda.

1. Jauhkan dari Anjing

Salah satu cacing yang menyerang kelinci ialah cacing pita yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi telur cacing tersebut dan dikonsumsi oleh kelinci. Salah satu biang penularannya ialah anjing. Oleh sebab it, kelinci yang cacingan tidak boleh didekatkan dengan anjing. (Baca juga mengenai tanda kelinci anggora sakit).

2. Rumput Bebas Telur Cacing

Untuk mengobati dan mencegah cacingan pada kelinci menjadi lebih parah, jangan pula berikan rumput yang berada dekat anjing, sebab beresiko mengandung telur cacing. Bukan hanya ketika sakit cacingan, tetapi berlanjut hingga ke depannya agar tidak terjangkit penyakit cacingan. (Baca juga mengenai cara merawat kelinci anggora).

3. Berikan Obat Cacing

Obat cacing dapat anda berikan melalui konsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu. Kelinci anda akan mendapat pengobatan yang berkala, tidak hanya satu kali. Sebab pengobatan satu kali hanya membunuh cacingnya dan sel telur masih hidup.

Pemberian obat cacing berkala akan mematikan sel telur dan mencegah kelinci terjangkit cacingan di hari hari berikutnya. Obat cacing yang diberikan oleh dokter umumnya disesuaikan dengan penyebabnya yaitu jenis cacing yang menyerang kelinci anda. (Baca juga mengenai cara membersihkan kelinci).

4. Beri Vitamin

Anda dapat menambahkan vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kesembuhan lebih cepat dan daya tahan tubuhnya lebih kuat dalam menghadapi sakit cacingan yang dideritanya. Konsultaskan dengan dokter hewan untuk jenis vitamin yang terbaik.

5. Ganti Tempat Makan dan Minumnya

Cara mengobati kelinci cacingan dapat dilakukan dengan mengganti tempat makan dan minumnya dengan yang baru atau mensterilkannya sebelum dipakaikan kembali. Sebab ada kemungkinan penyebabnya ialah pada makanan yang terinfeksi telur cacing dan masih tertinggal di tempat makan dan minum tersebut.

Anda bisa mensterilkannya dengan membersihkan menggunakan sabun dan air panas, biarkan hingga kering. Bersihkan dan ganti tempat makannya setidaknya sehari sekali agar tidak ada virus berkembang disana. (Baca juga mengenai tanda tanda kelinci hamil).

6. Bersihkan Kandang

Membersihkan kandang dapat meminimalisir adanya telur cacing di kandang serta mencegah agar tidak tertular ke kelinci lainnya. Kandang yang bersih akan mematikan sisa telur cacing yang masih berkembang biak dan ke depannya mencegah cacingan pada kelinci juga memberikan kenyamanan pada kelinci anda.

Sponsors Link

Bersihkan cacing dari semua lingku mulai dari alas, dinding, hingga sudut sudutnya. Segera buang kotoran kelinci anda jangan biarkan kelinci terkontaminasi atau berdekatan dalam waktu lama sebab dalam masa sakit cacingan bau yang menyengat dapat membuat kelinci anda stres dan hal itu berpengaruh pada kesembuhannya. (Baca juga mengenai ciri ciri kelinci mau melahirkan).

7. Beri Buah Pepaya

Buah pepaya bagus untuk makanan kelinci sebab mengandung banyak vitamin. Cara mengobati kelinci cacingan dengan bahan alami dapat dimanfaatkan dari buah pepaya tersebut yakni dengan bijinya. Caranya ambil 2 sendok biji pepaya, cuci, dan giling halus. Seduh dengan air panas tambahkan 1 sdm madu. Berikan dalam keadaan hangat 1 kali sehari selama 3 hari berturut turut.

Selain bijnya, daun pepaya juga bisa digunakan sevagai cara mengobati kelinci cacingan. caranya dengan merebus daunnya dalam air mendidih sekitar 15 menit lalu minumkan airnya dalam keadan hangat atau campurkan pada air minum kelinci anda.

8. Beri Temu Giring

Obat cacing dari bahan alami lainnya yaitu ramuan temu giring (curcuma heyneana) bagus untuk pengobatan alami pada kelinci cacing. Caranya dengan memotong seukuran telur ayam, cuci dan parut, kemudian diberi air panas dan ambil sarinya. Berikan 1 kali sehari sebanyak 2 sdm. Berikan selama 3 hari berturut turut.

9. Hindarkan dari Tempat yang Lembab

Untuk mencegah cacing berkembang biak semakin banyak, cara mengobati kelinci cacingan dilakukan dengan memastikan lingkungan kelinci anda dalam kondisi kering. Kondisi lembab memudahkan virus dan bakteri berkembang sehingga beresiko timbul penyakit penyakit baru.

Sponsors Link

10. Pindahkan Kandang

Tempatkan kandang di lokasi yang terkena sinar matahari secara tidak langsung, sirkulasi udara yang bagus, dan suhu stabil yaitu antara 15 sd 20  dengan tingkat kelembaban 60 sd 90 %. Lingkungan kandang yang nyaman akan memberinya rasa nyaman dan potensi kesembuhan lebih besar.

11. Makanan Bergizi

Berikan kelinci anda runput dan makanan yang terjaga kebersihannya. Campurkan dengan vitamin untuk nafsu makan dan daya tahan tubuh agar tubuhnya tidak lemah dalam menghadapi sakit cacingannya. Makanan bergizi yang bagus untuk pertahanan daya tahan tubuh kelinci selama terjangkit cacingan ialah sayuran hijau (kangkung, daun pepaya, daun lamtoro, dll), hay (rumput awetan yang dipotong tepat sebelum berbunga), dan buah buahan (daging apel-jangan berikan bijinya sebab bijinya beracun bagi kelinci, pepaya, pisang, dan nanas).

12. Istirahat

Jangan terlalu sering mengajaknya bermain ketika sedang cacingan, biarkan kelinci anda di dalam kandang dan istirahat. Kondisi yang terlalu lelah menyebabkan fungsi obat cacing yang diterimanya tidak diserap atau berfungsi maksmimal.

13. Jauhkan dari Stres

Kelinci yang cacingan tentu merasakan ketidaknyamanan pada tubuhnya, cegah stres agar nafsu makannya yang menurun akibat cacingan tidak semakin parah, caranya ialah jauhkan dari sinar matahari terbuka, bau menyengat, juga hewan lain seperti anjing dan kucing.

Sampai disini dulu ya sobat, telah saya jelaskan secara lengkap cara mengobati cacingan pada kelinci. Semoga mudah dipahami oleh anda dan menjadi artikel yang bermanfaat. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 03:46 Oleh :
Kategori : Kelinci