Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Stress Pada Burung Dara yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Stres dapat memainkan peran besar dalam kesehatan burung dara Anda. Karena burung peliharaan secara alami adalah makhluk yang sangat sensitif, mereka cenderung tidak dapat mengatasi stres semudah jenis hewan peliharaan lainnya seperti kucing dan anjing.

ads

Mampu mengenali stres pada burung peliharaan Anda penting untuk menjaga lingkungan dimana teman berbulu Anda dapat tumbuh secara mental dan fisik, jadi sebaiknya pemilik burung mempelajari cara memantau tingkat stres burung mereka.

Berikut beberapa tanda burung dara mengalami stress yaitu:

1. Kelainan Bulu 

Salah satu indikasi fisik stres yang paling umum terjadi pada burung peliharaan adalah munculnya batang stres pada bulu burung. Batang stres adalah garis kecil yang melintang secara horizontal melintasi batang bulu burung. Meskipun sulit untuk menilai batang stres pada bulu yang masih pada seekor burung, memeriksa bulu molted dapat memberi indikasi cepat apakah burung memiliki masalah dengan penyebab stres di lingkungannya. Stres bar bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

2. Agresi

Serangan agresi mendadak pada seekor burung peliharaan juga bisa menjadi indikator besar bahwa burung tersebut mengalami stres di lingkungannya. Perilaku agresif seperti menggigit, mendesis, menerjang, dan teriakan berlebihan bisa terwujud hampir dalam semalam bila ada pemicu lingkungan yang terlibat. Jika Anda melihat perubahan perilaku semacam ini pada hewan peliharaan Anda, mungkin ada baiknya menjadwalkan janji bertemu dengan dokter hewan untuk menyingkirkan kemungkinan masalah kesehatan.

3. Ketakutan atau Perilaku Takut

Jika seekor burung yang biasanya senang ditangani tiba-tiba mulai takut kepada Anda atau anggota keluarga lainnya, maka itu adalah taruhan pasti bahwa ada sesuatu tentang orang yang memicu perilaku yang menyebabkan stres pada teman berbulu Anda. Bahkan mungkin itu bukan sesuatu yang orangnya lakukan secara langsung pada burung itu, sesuatu yang sederhana seperti kemeja berwarna cerah, topi, atau jenggot atau kumis baru bisa menjadi pemicu perilaku burung yang menakutkan.

4. Kehilangan Selera makan

Jika seekor burung  dara yang biasanya memiliki nafsu makan yang sehat tiba-tiba mulai kurang menunjukkan minat makan, hal itu bisa menjadi indikator stres atau masalah kesehatan. Aturan yang baik untuk diikuti dalam situasi seperti ini adalah menjadwalkan janji bertemu dengan dokter hewan unggas untuk memastikan bahwa burung tersebut tidak sakit atau terluka. Jika pemeriksaan kesehatan teman berbulu Anda keluar, Anda kemudian dapat mulai mencoba dan menguraikan kemungkinan penyebab stres di rumah Anda yang dapat memicu kehilangan nafsu makan pada burung Anda.

5. Perilaku Merusak

Burung yang mulai menunjukkan perilaku destruktif sangat mungkin sangat stres, dan pelakunya yang paling mungkin dalam skenario ini adalah kebosanan. Sebagai makhluk yang sangat cerdas, burung peliharaan di penangkaran seringkali tidak menerima stimulasi mental dalam jumlah sehat, yang dapat menyebabkan frustrasi, stres, perilaku yang tidak diinginkan, dan bahkan masalah kesehatan.

Jika beberapa tanda stres tersebut ada pada bung dara peliharaan Anda maka berikut cara mengatasinya, yaitu :

1. Makanan yang Tepat

Spesies burung yang berbeda memiliki kebutuhan nutrisi yang sangat berbeda. Bahkan di dalam spesies yang sama, makanan mungkin berbeda karena lingkungan.

Sponsors Link

Diet yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan spesies burung  dara Anda sangat penting. Untuk burung dara makanan pellet memberi nutrisi optimal kepada burung Anda dalam format yang mudah dikonsumsi dan mudah disajikan. Setiap pelet atau nugget mengandung campuran biji-bijian, biji-bijian, sayuran, buah, protein, vitamin, dan mineral yang dipanggang dan sehat. Hal ini juga penting untuk menawarkan sayuran dan buah segar burung Anda sesuai dengan kebutuhannya.

2. Lingkungan yang Aman

Lokasi kandang bisa sangat penting. Beberapa burung dara sangat suka berteman dan perlu berada di tengah keluarga sebanyak mungkin hari. Beberapa burung gugup perlu berada di ruangan yang lebih tenang, tapi ada yang masih ditempati burung darauntuk interaksi sosial. Karena burung dara memang kadang dimangsa oleh binatang di alam bebas, tempatkan kandang sehingga satu sisi menempel di dinding. Ini membantu burung Anda terlindung dan aman dari predator.

Jauhkan kandang dari kipas langit-langit, yang bisa dilihat sebagai pemangsa besar yang terbang. Jangan menempatkan kandang permanen di depan jendela, karena burung Anda tidak dapat bersantai mencari musuh, juga tidak dapat menemukan perlindungan dari sinar matahari langsung. Sadarilah penempatan kandang burung Anda di malam hari. Bayang-bayang malam dari televisi atau lampu berkedip bisa menakutkan bagi burung. Burung juga sangat peka terhadap perilaku “kawanan domba mereka”. Setiap perselisihan di antara anggota keluarga – bahkan anak-anak bermain gulat – dapat membuktikan mengganggu beberapa burung. Baca tanda kucing depresi.

3. Tidur

Banyak burung jenis burung harus medapatkan jam tidur 10-12 jam setiap hari, paling baik dilakukan dengan memindahkan burung dara ke tempat yang sepi dan gelap untuk tidur. Sebuah kandang tidur kecil dapat diatur dari gangguan eksternal, seperti lampu atau suara TV, dan ditinggalkan di “kamar tidur” burung itu.

ads

4. Latihan

Olahraga adalah faktor utama dalam menghilangkan stres. Di alam liar, seekor burung membagi waktunya di antara banyak kegiatan. Jika anggota keluarga pergi bekerja atau sekolah seharian, tawarkan gerai untuk energi burung..

Mainan harus disediakan dan diputar secara teratur untuk memberikan hiburan baru bagi burung. Bahkan makanan pun bisa ” dikerjakan ” dengan menyembunyikannya di mainan, menggantungnya di sangkar, atau menawarkannya di tempurung sehingga burung Anda harus memecahnya terlebih dulu.

5. Stimulasi Ransangan Mental 

Mental sama pentingnya dengan olah raga. Rangsangan semacam ini bisa didapat dari bermain dan latihan. Ajarkan burung dara Anda untuk latihan dia untuk “melangkah maju,” angguk atau sayapkan sayapnya pada perintah. Ini akan memberi Anda dan burung Anda beberapa waktu ikatan dan juga memberinya stimulasi mental yang sangat dibutuhkan.

6. Tentukan Sebuah Pendekatan. 

Jika burung itu berada di dalam sangkar dan terlihat sangat stress, hal terbaik yang harus dilakukan sementara ini adalah melepaskannya dari kandang dan memasukan kedalam tempat yang lebih besar, karena ini akan mencegahnya terkena stress lagi. Jika burung itu berada di dalam kandang pindahkan burung dara itu tanpa menyebabkannya terlalu tertekan.

7. Menggunakan Sebuah Kotak

Buka kotaknya dan sedekat mungkin dengan burung dara Anda tanpa mengganggu. Posisikan kotak itu berbaring miring, dengan bukaan menghadap burung.

Gunakan kaki Anda untuk memandu burung masuk ke dalam kotak, tapi pastikan tidak menendangnya! Setelah burung di dalam, angkat kotak dan tutup tutup sambil meninggalkan celah kecil di dalamnya untuk udara.

8. Menggunakan Selimut

Sebarkan selimut dan tahan dengan menggunakan sudut atas, turunkan tangan dan telusuri perlahan. Saat Anda mendekati burung itu, pelan-pelan buka selimut dan lemparkan ke atas burung itu. Jika burung lolos, semakin dekat dan melempar selimut sedikit lebih cepat dari sebelumnya. Jika Anda tidak memiliki selimut, baju atau sweter juga bisa digunakan.

9. Menggunakan Tangan Anda

Bentuk jari tengah dan telunjuk Anda ke dalam bentuk V, sedikit tekuk untuk meneruskan tip mereka. Berlutut di belakang burung dan gerakkan tangan Anda ke bagian belakang kepalanya. Melingkari leher burung dengan jari-jari Anda, cukup kuat untuk menahannya tapi tidak mencekiknya. Posisi ini akan menghentikan burung itu agar tidak bergerak dan menggigit Anda.

10. Menggunakan Sarung Tangan

Mengikuti metode di atas, bergerak perlahan ke arah burung. Dengan menggunakan kedua tangan, letakkan satu di atas burung, siapkan burung di sayapnya di atas punggungnya. Tangan lain harus ditempatkan di bawah bagian depan burung, sehingga bisa menopang payudara. Bawa kedua tangan ke burung dan tahan seperti itu sampai Anda bisa memasukkannya ke dalam wadah yang sesuai.

11. Jaga Agar Burung Tetap Hangat dan Dalam Kegelapan

Stres, seperti pada manusia, bisa diobati dengan menjaga agar pasien tetap hangat tanpa mengganggunya.

Sponsors Link

Tempatkan burung dara itu dan biarkan di dalam kotak, di ruangan dengan pemanas atau perapian, atau tempatkan selimut di atas kotak seperti cara mengobati ayam sakit.

12. Evaliasi Kesehatan Burung

Setelah sekitar 12 jam, periksa burung itu. Burung itu mungkin telah mengalami perburukan kesehatan karena stres, tapi dalam kasus yang baik burung itu masih baik dan kian membaik. Pada saat ini, jika burung tersebut masih terengah-engah atau terlihat dalam tekanan, biarkan selama 12 jam lagi.

13. Memandikan Burung

Burung akan lebih rileks jika anda melakukannya dengan baik, salah satu caranya adalah dengan memandikannya seperti cara mengatasi sugar glider yang stres.

14. Penjemuran

Tapi jangan biarkan mereka dalam keadaan basah ya, cobalah melakukan penjemuran setelah memandikannya seperti cara mengatasi ciri-ciri kucing stres.

15. Bermain

Biarkan dia bermain secara leluasa di dalam tempat yang lebih luas untuk menghilangkan gejala stress yang dimilikinya seperticara menjinakkan anak kucing.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 02:38 Oleh :
Kategori : Burung