2. Melatih Dengan Kata-Kata
Kalian juga bisa melatih kucing tanpa menggunakan clicker dan memakai kata-kata saja. Tapi tentu saja cara ini jauh lebih susah. Karena kalian memakai kata-kata didalam percakapan sehari-hari, tapi kalian tidak mengarahkannya pada kucing. Sehingga kemungkinan dia tidak bakalan memperhatikan kata-kata kalian. Apalagi jika kalian memakai kata perintah “salaman,”. Besar kemungkinan kucing sudah pernah mendengar kata itu, tapi dalam konteks yang berbeda. Sehingga mereka jadi bingung dan tidak tahu kapan ia diharapkan merespons.
3. Menggunakan Camilan yang Disukai
Kucing kadang pilih-pilih makanan, dan hadiah yang disukai satu kucing mungkin tidak menarik untuk yang lain. Pelatihan akan lebih cepat dan lebih mudah jika kalian sudah menentukan camilan favorit kucing peliharaan kalian.
Kalian mungkin dapat memberikan beberapa camilan kucing buat dicoba serta melihat mana yang menjadi favorit kucing kalian.

4. Pilih Waktu Berlatih

Salah satu cara melatih kucing agar bersalaman adalah dengan memilih waktu yang pas untuk berlatih. Waktu yang paling pas melakukan latihan clicker yaitu pada saat kucing sedang rileks. Tapi bukan berarti tidur serta pada saat kucing duduk dekat kalian. Kalian dapat memulai latihan kapan saja ketika kucing memperhatikan kalian. Jangan melatih pada saat kucing baru saja bangun, karena bisa jafi kucing masih pening. Jika kucing terlihat seperti itu, kalian bisa memberikan waktu kurang lebih lima menit sebelum memulai pelatihannya. Baca tanda kucing depresi dan cara penangkaran elang jawa.

5. Ulangi Sesi Latihan

Jangan lupa untuk mengulangi sesi latihannya. Bisa dengan waktu lain di hari yang sama, atau bisa juga kalian mengulang pada keesokan harinya. Kalian bisa melakukan latihan menggunakan clicker lagi. Terus menerus mengulang sesi latihan secara teratur, akan membuat kucing menghubungkan hadiah camilan dengan suara clicker.

6. Memberikan Hadiah

Saat sesi pelatihan jangan lupa untuk selalu memberikan hadiah kepada kucing peliharaan kalian. Tiap kucing memiliki kecepatan belajar yang berbeda. Tapi kebanyakan kucing menemukan hubungan hadiah dengan clicker setelah melakukan dua atau tiga kali latihan dengan durasi selama lima menit.

Sponsors Link

7. Melatihnya Dengan Konsisten

Kalian juga harus melatihnya dengan konsisten, kalian harus mengulangi pelatihan dengan clicker sekali hingga dua kali sehari. Tentunya setiap hari, sampai kucing bisa menangkap asosiasinya. Jika kucing sudah mengenali serta menemukan hubungannya. Mereka akan menatap kalian dengan penuh harap. Bahkan mereka tak jarang menjilat mulutnya setelah kalian membunyikan clicker.

8. Tunggu, Kemudian Ulangi

Waktu yang lain pada hari yang sama, atau pada keesokan hari. Kalian bisa mengulangi seluruh proses yang sudah kalian lakukan. Kalian bisa mengangkat kaki kucing jika dia tidak bisa melakukannya sendiri. Kalian bisa langsung menekan clicker serta memberikan hadiah jika kucing melakukan dengan spontan.

9. Memberi Instruksi Sebelum Menekan Clicker

Ketika kucing mulai terbiasa bahkan sering mengangkat kakinya sendiri. Kalian bisa untuk mencoba memberi instruksi tambahan yaitu “salaman” tanpa perlu menggunakan clicker. Ketika kucing peliharaan meletakkan kakinya didalam tangan kalian. Tekanlah clicker serta jangan lupa untuk memberikan hadiah.

Suara klik seperti pertanda adanya hadiah, dengan kata-kata instruksi yang memberi tahu pada kucing mengenai tindakan yang harus mereka lakukan guna mendapatkan hadiah. Sasaran kalian yaitu membuat kucing bisa merespons kata “salaman” tanpa kalian perlu menekan clicker dan menghubungkan camilan dengan instruksi.

10. Mengurangi Camilan Seiringnya Waktu

Jika mereka sudah semakin terbiasa, kalian tidak perlu lagi memberikan mereka hadiah setiap kali melakukan triknya.

Sponsors Link

Tapi tidak masalah jika kalian memberikan kucing camilan. Setidaknya setiap tiga hingga empat kali sehingga kucing kalian tidak perlu berkecil hati.

Selalu menutup setiap sesi dengan memberikan hadiah. Mengakhiri sesi dengan memberikan hadiah, ternyata bisa memberikan dukungan konsisten serta positif sehingga kucing akan bertindak seperti yang kalian inginkan.

11. Melatihnya Dari Kecil

Kucing sendiri sebenarnya meripakan makhluk yang independen. Selain kalian melatihnya dengan tekun kalian harus melakukan hal ini sedini mungkin. Semakin muda umur kucing memulai pelatihannya, mereka akan jauh lebih responsif kepada kalian. Serta kemungkinan keberhasilan pelatihan jauh lebih besar.

12. Jangan Memaksa Kaki Kucing Tetap  Dalam Tangan 

Jangan pernak memaksakan kaki kucing buat tetap dalam genggaman tangan kalian. Kucing bisa jadi mencakar kalian agar dapat kabur. Selain itu, kucing yang kalian potong kukunya dapat memiliki kaki yang jauh sensitif. Apalagi jikan kalian baru saja memotong kuku mereka. Jika sudah begini, kalian harus menghadapi kucing dengan lemah lembut.

13. Hindari Memaksa Kucing Berlatih

Hindari untuk memaksa kucing mempelajari suatu trik. Jika mereka tidak tertarik, kalian bisa mencoba lagi pada lain hari. Karena jika kalian memaksakan untuk melatih kucing. Kucing bisa mengalami stress bahkan bisa mencakar kalian. Baca juga cara budidaya parkit australia.

Itulah 13 cara melatih kucing bersalaman. Kucing termasuk hewan yang dapat kalian ajari untuk melakukan suatu kebiasaan. Tapi kalian harus mengerti bagaiman cara melatih mereka. Bahkan kucing dapat menikmati serta menantikan perhatian yang kalian berikan kepada mereka selama proses pelatihan.