Sponsors Link

12 Cara Ternak Kroto dengan Media Galon Air Minum yang Sukses

Sponsors Link

Kroto adalah hewan sejenis semut merah atau dikatakan sebagai semut rangrang yang biasa di pakai sebagai pakan burung. Kroto yang banyak di jual di pasaran di lepas Rp. 230.000 / kg. Sungguh bukan nilai uang yang sedikit hanya untuk seekor burung.

ads

Mahalnya kroto karena cara mencarinya sangat susah dan melibatkan alam langsung. Untuk itu, budidaya kroto tentu akan membawa keuntungan anda. Bahkan modal yang di perlukan untuk pertama kali ternak kroto tidak banyak, hanya sekitar Rp. 300 ribuan.

Berikut ini ada 12 Cara Ternak Kroto dengan Media Galon Air Minum. Ternak kroto banyak caranya, mulai dari media toples hingga galon air minum. Kedua metode ini tidak mempunyai langkah yang jauh berbeda. Hanya saja wadah yang akan di pakai berbeda, dimana galon akan memberikan ruang lebih lega. Untuk pertama melakukan ternak kroto mungkin sedikit merepotkan. Namun dengan cara ternak kroto ini lah pundi pundi rupiah bisa anda cairkan. (Baca Juga: Cara Mengobati Burung Hilang Suara)

Cara Ternak Kroto dengan Media Galon Air Minum

  1. Siapkan Sarang Untuk Kroto

Pertama kali saat anda akan ternak kroto adalah menyediakan sarang kurang lebih 200 sarang / koloni. Sarang inj nantinya sebagai induk yang akan di pelihara. Anda bisa menjalankan usaha ini sekitar 2 bulan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan hasil 4x lipat sarang dan nantinya akan menjadi 800. Akumulasi dari pembuatan kandang sebagai berikut:

Pembuatan kandang sebanyak 2 buah yang mana per kandang di butuhkan dana Rp 300.000. Jadi jika 2 kandang adalah Rp 600.000.

  1. Menyiapkan Galon

Karena anda akan melakukan ternak dengan media galon air, maka anda harus menyiapkan galon wadah air. Dengan media galon anda tidak memerlukan banyak tempat lagi. Berbeda dengan media toples yang memerlukan beberapa wadah dan mengeluarkan uang lagi. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Gabus)

  1. Memberikan Pakan Kroto

Kalau anda sudah mempunyai kroto pasti memberikan makan adalah hal yang terpenting untuk kelangsungan hidupnya. Anda harus memberikan pakan atau nutrisi serta cairan manis sekitar Rp 500.000.

  1. Menyiapkan Kroto

Anda bisa membeli kroto di pasaran untuk induknya. Jika anda tidak ingin membeli maka bisa saja mencari sendiri. Tapi perlu diingat bahwa mencari kroto bukan suatu pekerjaan yang mudah. Terutama saat anda telah mendapatkan kroto harus memindahkan kroto pada tempat satu ke tempat yang lain. Parahnya lagi ada resiko yang akan di hadapi yakni bakalan merasakan gigitan kroto. Namun ada cara lain yang bisa di tempuh yakni dengan memotong batang yang menjadi sarang kroto meskipun akan mengalami sedikit kesulitan. Kemudian masukkan sarang kroto kedalam galon dan jangan lupa menutupnya dengan celah celah udara.

  1. Membersihkan wadah Kroto

Pertama kali kroto masuk dalam galon usahakan bersih dari dedaunan atau ranting-ranting yang lainnya.

  1. Mengatur Makanan Kroto

Makanan merupakan elemen penting bagi kroto. Namun, memberi makan kroto tidak bisa sembarangan. Anda harus bisa memberikan makanan secara benar dan teratur.

Sponsors Link

Termasuk juga dengan memberi makanan secara berkala. Jangan sampai makanan tersebut akan terbuang sia-sia. Lihatlah kroto tersebut mau makan atau tidak dan jangan memberi stock terlalu banyak. (Baca Juga: Tanda-tanda Kucing Keracunan)

  1. Memberikan Tempat Wadah Makan Kroto Sesuai

Buatkan wadah kusus untuk tempat makan kroto. Umumnya, wadah makan kroto adalah botol plastik bekas. Silahkan potong botol plastik tersebut dengan ukuran sekitar kurang lebih 2 cm yang harus anda letakkan di atas galon. Penggunaan botol plastik agar makanan tidak keluar.

  1. Menyiapkan Gula Pasir

Kegunaan gula pasir pada ternak kroto sangat berperan penting sekali. Campurkan gula pasir dengan air yang akan menjadi salah satu nutrisi kroto. Seperti yang disebutkan di atas bahwa kroto memerlukan cairan manis. Sebaiknya untuk gula pasirnya anda bisa stock sedikit lebih banyak. Karena jangan sampai kroto kehabisan cairan manis.

  1. Suplai Vitamin

Selain memberikan gula atau cairan manis anda tetap memperhatikan kroto dari segi nutrisi. Salah satunya yakni anda jangan sampai lupa memberikan vitamin. Fungsi vitamin ini guna membantu memberikan asupan gizi yang baik untuk pertumbuhan kroto. Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, walaupun kroto hanya hewan kecil anda tetap harus memperhatikan suplai vitamin. (Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Rumah)

  1. Memberikan Tepung Aci

Tepung ini akan di gunakan bagi peternak agar terhindar dari gigitan kroto.

Sponsors Link

  1. Memanen Kroto

Setelah anda bekerja keras untuk ternak kroto, akhirnya anda bisa merasakan hasilnya. Jika semua proses ternak kroto telah di lakukan dengan benar maka bukan tidak mungkin anda akan memanennya. Langkah saat anda panen yakni menyiapkan baskom untuk memanen kroto.

  1. Pemasaran

Letak hasil yang benar-benar anda rasakan yakni saat sudah mencapai pemasaran. Jika anda telah memanen, anda tinggal memasarkan kroto di pasar burung atau pasar sejenisnya. Karena hanya di pasar ini usaha anda akan mendapatkan respon positif. Akan tetapi, Anda juga bisa langsung menjual kepada konsumen. Karena dengan cara ini, keuntungan yang akan anda dapat makin besar. Bisa juga anda membuat peluang baru dengan membuka toko pakan burung. (Baca Juga: Cara Penangkaran Nuri Kepala Hitam)

Kedengarannya memang sedikit mewah, karena membuka toko bukan suatu hal yang gampang. Tetapi membuka toko bukan berarti harus mempersiapkan segala sesuatunya. Anda juga bisa membuka penjualan kroto dirumah, lalu untuk teknik pemasaran lainnya juga bisa anda lakukan dengan menjualnya melalui calo alias reseller dan Anda sebagai distributornya. Semua cara tersebut sama-sama saling menguntungkan. Tinggal anda yang menentukan mau memasarkan kroto dengan langkah seperti apa.

Harga kroto di pasaran sangat melonjak tinggi. Sehingga hasil yang akan anda dapatkan pasti berbuah manis, mendapat keuntungan cukup besar sebagaimana perjuangan anda mencari kroto. Demikianlah 12 cara ternak kroto dengan media galon air minum yang sangat ramah lingkungan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sponsors Link
,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 06:47 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak