Sponsors Link

Penyakit Pada Telinga Kucing Yang Berdampak Buruk Pada Kesehatannya

Sponsors Link

Memelihara hewan peliharaan saat ini sudah menjadi sebuah hoby yang berubah menjadi trend dan gaya hidup di berbagai macam bentuk masyarakat baik pedesaan maupun perkotaan. Salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara sampai saat ini adalah kucing. Dalam memelihara kucing tentu setiap pemilik atau pecinta kucing perlu melakukan berbagai macam upaya perawatan guna menjaga kesehatan kucing dan menghindarkannya dari berbagai macam permasalahan yang dapat berdampak buruk pada kucing salah satunya mengenai penyakit yang terjadi di telinga kucing. Demi mencegah dan menghindari kondisi tersebut terjadi maka berikut ini beberapa jenis penyakit pada telinga kucing yang perlu diketahui setiap pemilik kucing melalui penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Radang telingga atau otitis

Radang telinga pada kucing atau yang dikenal dalam istilah medis otitis, merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh kucing peliharaan. Radang telingga atau pembengkakan pada telinga tersebut dapat muncul akibat beberapa penyebab seperti infeksi dan adanya stres fisik yang tidak terobati dengan baik pada kucing. Kondisi otitis tentu dapat menyebabkan rasa sakit pada kucing yang dapat mempengaruhi kesehatannya dan juga menimbulkan perilaku murung, pendiam pada kucing. (Baca juga : jenis penyakit telinga pada anjing)

  1. Ear Mite

Ear mite merupakan sebutan untuk infeksi tungau pada telinga kucing. Ear mite merupakan sebutan untuk jenis tungau atau kutu yang dapat menyerang daerah telinga kucing dapat berasal dari spesies Otodectes cynotis. Tungau tersebut memang lebih banyak hidup di permukaan kulit telinga namun juga dapat ditemukan pada bagian tubuh lainnya. Gejala yang paling umum dari adanya ear mite pada telinga kucing adalah kondisi gatal di daerah telinga tersebut. (Baca juga : penyakit kulit pada kucing)

  1. Infeksi jamur malassezia

Jamur malassezia merupakan salah satu jenis mikroorganisme yang sebenarnya dapat tumbuh dengan normal di bagian permukaan telinga kucing. Kondisi perubahan cuaca dan iklim dapat menyebabkan pertumbuhan jamur tersebut menjadi tidak terkendali sehingga dapat menyebabkan permasalahan pada telinga kucing yang dapat menimbulkan rasa gatal, peradangan, bahkan hingga keluarnya nanah dari telinga kucing. Untuk mencegah kondisi infeksi jamur tersebut maka sistem imunitas yang dimiliki oleh kucing harus ditingkatkan terutama pada saat memasuki musim penghujan. (Baca juga : penyakit kucing pada musim hujan)

  1. Hematoma

Hematoma pada telinga kucing merupakan kondisi penggumpalan atau penumpukan darah di telinga akibat pecahnya pembuluh darah pada daun telinga dan secara medis disebut sebagai aural hematoma. Telinga kucing yang mengalami hematoma dapat dilihat dari adanya pembengkakan di telinga, suhu yang hangat pada telinga, serta terlihat seperti ada benjolan berisi air pada bagian tertentu di telinga kelinci. (Baca juga : penyakit pada kucing yang menular ke manusia)

  1. Tumor pada telinga kucing

Jenis penyakti pada telinga hewan kucing  yang dapat menimbulkan kondisi berbahaya bagi kesehatan kucing lainya adalah munculnya tumor. Tumor menjadi salah satu jenis penyakit mematikan ketika tidak ditangani dengan baik dan lebih sering disebabkan oleh adanya radikal bebas serta zat zat karsinogenik yang terdapat di dalam tubuh kucing tersebut. (Baca juga : penyakit pada kuku kucing)

Itulah beberapa jenis penyakit pada telinga kucing yang harus selalu menjadi perhatian bagi seluruh pemilik kucing. Perawatan yang baik terutama di daerah telinga kucing dapat membantu menghindari permasalahan atau penyakit yang disebutkan diatas tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 07th, December 2018 / 13:46 Oleh :
Kategori : Kucing