Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bulu Anjing

Sponsors Link

Memelihara hewan peliharaan seperti anjing tentu dapat menimbulkan kepuasan dan kesenangan bagi mereka yang memang menyukai hewan anjing. Dalam proses merawat dan menjaga anjing tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan agar anjing tidak mengalami berbagai macam masalah kesehatan.

ads

Salah satu kondisi yang dapat terjadi pada anjing akibat kurang perhatiannya pemiliki anjing terhadap proses perawatan yakni kondisi dimana bulu anjing mengalami ketombe.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe pada bulu anjing yang dapat dilakukan dengan benar dan efektif. (Baca juga : cara mengatasi hidung tersbumbat pada anjing)

  1. Pahami penyebab ketombe pada bulu anjing

Hal pertama yang perlu dipahami terlebih dahulu oleh para pemilik anjing terkait dengan kondisi ketombe adalah mengetahui penyebabnya. Penyebab ketombe ditengarai akibat dari kondisi kulit kering pada anjing yang diakibatkan oleh berbagai macam kondisi medis tertentu. Jika penyebab dari kondisi munculnya ketombe dapat diketahui maka secara otomatis jika penyebab tersebut disembuhkan, ketombe yang muncul pada anjing peliharaan dapat hilang. (Baca juga : cara mengatasi asam lambung pada anjing)

  1. Memandikan anjing secara teratur

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe pada bulu anjing adalah dengan memandikan anjing secara rutin dan teratur.

Dengan memandikan anjing secara teratur makan serpihan ketombe dan kotoran lainnya pada bulu dapat hilang dan daerah kulit akan lebih sehat. Beberapa parasit penyebab ketombe pada bulu anjing juga dapat berkurang. Untuk lebih membantu menghilangkan ketombe pada proses memandikan, gunakan shampo khusus anjing yang memang spesifik anti ketombe.

  1. Menyisir bulu anjing 

Selain memandikan anjing, cara menghilangkan ketombe yang cukup banyak pada bulu anjing adalah dengan menyisir seluruh bagian bulu anjing. Melalui proses penyisiran tersebut dapat membantu mendistribusikan dengan baik minyak alami dalam kulit anjing agar tersebar secara merata.

Dengan menyisisr bulu anjing dapat menyebabkan keseimbangan sistem tubuh anjing dan membantu menstimulus ketombe tidak muncul lagi. Menyisisr bulu anjing secara ruting juga dapat membantu merapikan dan merawat anjing dengan baik. (Baca juga : cara mengatasi anjing demam)

  1. Menggunakan sabun colloidal oatmeal

Jika memang dibutuhkan, untuk membantu menghilangkan ketombe yang cukup parah pada anjing adalah dengan menggunakan sabun colloidal oatmeal. Sabun ini dapat membantu meringankan pengelupasan sel kulit kering atau mati pada anjing melalui mekanisme pelembapan kulit. Sabun jenis ini mungkin masih cukup sulit untuk ditemuan di Indonesia seara umum.

  1. Memberikan makanan anjing berkualitas

Makanan anjing bisa jadi merupakan salah satu penyebab dari kondisi ketombe. Dalam proses atau cara menghilangkan ketombe pada bulu anjing selanjutnya adalah dengan menganti atau memberikan anjing makanan yang berkualitas. Makanan yang seimbang dan kaya akan gizi, vitamin, mineral dapat membantu mengatasi ketombe. (Baca juga : cara merawat anjing agar gemuk)

  1. Konsultasikan dengan dokter hewan

Langkah terakhir yang dapat dilakukan ketika semua cara yang disebutkan ditas sudah dilakukan adalah dengan melakukan proses konsultasi dengan dokter hewan. Permasalah ketombe yang perlu dikonsultasikan dan membutuhkan bantuan medis dokter hewan seperti muncul gatal yang cukup kuat hingga bulu yang sering rontok. (Baca juga : cara mengatasi anjing depresi)

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe pada bulu anjing yang dapat dilakukan oleh setiap pemilik anjing. Beberapa cara diatas dapat dilakukan secara rutin sebagai upaya pencegahan ketombe pada anjing.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 02:16 Oleh :
Kategori : Anjing