Sponsors Link

10 Cara Ternak Ayam Jawa Super

Sponsors Link

Melihat perkembangan pasar ternak yang kian bagus memberikan peluang menarik untuk kita semua. Salah satunya memulai bisnis Ternak Ayam Jawa Super, mengingat permintaan akan ayam kampung jenis ini yang kian melambung.

ads

Beternak adalah cara yang mudah untuk menambah penghasilan disamping mengisi kelonggaran waktu. Tidak semua orang mempunyai tekad di bidang beternak, sehingga jangan pernah membuang niat anda ketika terbesit dalam fikiran untuk beternak.

Salah satu hewan ternak yang sering di budidayakan adalah ayam kampung. Hal ini dikarenakan ayam memiliki harga murah/terjangkau serta cara perawatan yang mudah. Hampir semua anggota tubuh ayam laku semua untuk dijual.

Diantaranya mulai dari telur yang bisa di jual dalam bentuk telur, daging ayam yang tengah dicari banyak orang, sampai dengan bulu sebagai pembuatan kok bulu tangkis. Namun tidak semua orang mempunyai bekal dalam beternak, sehingga mereka harus meyakinkan diri untuk belajar terlebih dahulu sebelum masuk lebih jauh ke dalam cara Ternak Ayam Jawa Super.

Adapun syarat untuk menjadi peternak adalah sebagai berikut:

  • Berbekal ilmu dan pengetahuan tentang tata cara beternak yang baik.
  • Mempunyai jiwa tulus dan penuh kasih salam merawat hewan.
  • Tlaten dalam merawat hewan selama beternak.
  • Penuh perhatian pada hewan.
  • Ketulusan dan niat yang sungguh-sungguh.

Kedengarannya memang sangat mudah, tetapi jika di jalankan lebih sulit dari yang di bayangkan. Nah, salah satu untuk membekali ilmu anda dalam berbudidaya ayam berikut berbagai teknik budidaya yang dapat Anda ikuti untuk membuat bisnis Ayam Jawa Super dapat berhasil dan menguntungkan.

Cara Ternak Ayam Jawa Super

  1. Belajar Sambil Menyesuaikan Diri

Langkah pertama dalam beternak adalah dengan belajar, mencari tahu pada orang yang telah berpengalaman urusan ternak. Anda bisa meminta panduan teman atau tetangga yang bisa beternak dengan baik dan benar. (Baca Juga: Cara Budidaya Ayam Petelur Kampung)

  1. Menentukan Lokasi Kandang

Tahap selanjutnya adalah dengan menentukan pembuatan kandang. Pilihlah lokasi yang strategis, sekiranya tidak sangat lembab dan tidak terpapar matahari secara langsung. Biasanya tempat yang paling banyak di pilih oleh para peternak adalah pekarangan belakang rumah. Selain lebih tertutup juga tidak tampak dari depan dan tidak mengganggu tetangga.

  1. Pembuatan Kandang

Setelah anda memiliki lokasi untuk beternak, langkah lain di susul dengan pembuatan kandang ayam jawa super. Bahan-bahan dasarnya dibutuhkan bambu dan paku, atau bisa juga menggunakan kayu. Hal ini karena lebih menghemat biaya, dibandingkan harus menggunakan besi.

  1. Pemilihan Induk

 Sebelum benar-benar beternak, anda harus memilih jenis bibit atau induk unggulan. Kesehatan ayam menjadi prioritas utama untuk menghasilkan kualitas terbaik. Pilihlah induk ayam yang lincah atau tidak sedang sakit. Perhatikan kondisi sebelum memilih, amati fisiknya sekaligus dan pastikan tidak ada kecacatan. Ayam jawa super yang sehat adalah yang mempunyai nafsu makan normal, gerakan lincah dan tidak pucat. Anda bisa mengenali ayam yang lemah dengan kondisinya yang cenderung diam menyendiri serta nafsu makan tidak stabil. (Baca Juga: Gejala Snot Pada Ayam)

  1. Pemberian Pakan

Setelah mempunyai bibit unggulan ayam jawa super, jangan lupa untuk menyediakan pakan. Karena makanan adalah asupan pokok sehari-hari yang harus ada tanpa memperhitungkan apapun. Minimal berikan satu hari dua kali, akan tetapi untuk hasil yang lebih optimal para peternak memberikan pakan tiga kali dalam sehari dengan memperhatikan kapasitas ayam per kandang.

Sponsors Link

  1. Persediaan Air

Berbeda dengan pakan yang harus di siapkan peternak, air untuk ayam harus sudah tersedia setiap saat. Biasanya air di letakkan dalam kandang dan baru di ganti dua hari sekali untuk menjaga kebersihan.

  1. Perawatan

Prosedur ini menjadi komponen penting dalam budidaya ayam. Dimana anda harus memberikan dan melakukan perawatan pada sang ternak. Rutinlah untuk memandikan ayam minimal satu minggu dua kali dan menjemurnya di paparan sinar matahari pada pagi hari pukul 08.00. Di saat-saat ini adalah waktu yang pas agar ayam bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. (Baca Juga: Cara Merawat Ayam Bangkok Siap Adu)

  1. Pembersihan Kandang

Jangan lupa serta untuk rajin membersihkan kandang ayam agar senantiasa terjaga bersih. Lingkungan yang asri dan bersih tidak akan tercemar bakteri yang bisa saja menempel pada ayam dan menjadi penyakit. Salah satu penyebab ayam seringkali di temukan dalam keadaan sakit adalah karena keadaan kandang yang sama sekali tidak pernah di bersihkan. Biasanya hal itu menjadikan area lingkungan terlihat kumuh atau jorok.

Sponsors Link

  1. Vaksinasi

Tujuan pelaksanaan metode ini adalah untuk memberikan kekebalan tubuh pada sang ayam. Sehingga vaksinasi ini mampu melawan berbagai serangan penyakit dan membuat ayam lebih sehat. Lakukan vaksinasi satu bulan dua kali untuk minimalnya dan maksimal 3-4 kali dalam satu bulan. (Baca Juga: Cara Pemberian Vaksin Ayam Petelur)

  1. Asupan Nutrisi

Bukan hanya diberi makanan pokok saja, namun untuk menghasilkan ayam jawa super berkualitas yakni dengan memberikan asupan nutrisi. Adapun vitamin yang bisa di berikan adalah suplemen yang ada di semua penjual pakan dengan harga terjangkau. Selain itu nutrisi lainnya dengan memberikan probiotik buatan sendiri hasil fermentasi pencampuran ragi, tetes tebu dan air. (Baca Juga: Cara Membuat Probiotik Untuk Ayam Petelur)

Seperti itulah 10 Cara Ternak Ayam Jawa Super yang bisa anda terapkan sendiri pada bisnis ternak Ayam Jawa Anda supaya saat panen di masa mendatang keuntungan yang didapat bisa lebih maksimal jika dibandingkan dengan perawatan biasa tanpa latar belakang pengetahuan semacam ini.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 31st, May 2018 / 11:50 Oleh :
Kategori : Ayam