Sponsors Link

10 Cara Membuat Probiotik Untuk Ayam Petelur

Sponsors Link

Salah satu makanan yang memiliki kandungan protein cukup besar dan sering di konsumsi adalah Telur. Makanan ini sangat merakyat sekali, mudah di temui dan harganya terjangkau.

ads

Telur mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan perkembangan sekaligus menjadi pelengkap 4 sehat 5 sempurna. Selama ini kita hanya mengkonsumsi tanpa harus memikirkan bagaimana sulitnya membudidayakan telur tersebut.

Banyak proses yang di lalui dan cara demi cara agar ayam petelur bisa menghasilkan telur berkualitas. Salah satunya yakni dengan memberikan probiotik yang bisa anda buat dirumah. Cara Membuat Probiotik untuk Ayam Petelur ini membutuhkan ketlatenan dan keseriusan. Untuk itu jika anda benar-benar ingin mencobanya, jangan setengah-setengah.

Lalu apa saja keuntungan probiotik untuk ayam petelur? Salah satunya sudah pasti ayam menjadi lebih produktif atau meningkat hingga dengan lima belas persen. Perlu di ketahui pula, probiotik ini bukan sekedar memengaruhi kuantitas telur tetapi juga kualitas telur. Manfaat probiotik untuk ayam petelur antara lain:

  1. Mampu meningkatkan laju pertumbuhan ternak ayam petelur. Perkembangan seperti ini terjadi dengan menekan jumlah mikro organisme patogen
  2. Untuk meningkatkan produksi telur baik jumlah maupun berat telurnya dengan kualitas super
  3. Memperbaiki konversi ransum pada ayam petelur
  4. Meningkatkan nafsu makan pada ayam petelur
  5. Mempercepat proses panen serta menghemat pakan ayam
  6. Meningkatkan bobot ayam petelur
  7. Meningkatkan penyerapan protein pada pakan, sehingga membentuk lebih maksimal
  8. Menghilangkan atau mengurangi bau dan kotoran ayam yang disebabkan oleh amoniak dan gas beracun.

Manfaat-manfaat di atas akan anda rasakan setelah memberikan probiotik pada ayam petelur. Karena probiotik adalah suplemen buatan yang di berikan pada unggas seperti ayam petelur. Suplemen ini bisa di katakan sebagai makanan yang tidak bisa dicerna usus, tetapi perannya sangat banyak bagi kualitas kesehatan dan hasil. (Baca Juga: Cara Budidaya Ayam Negeri Petelur)

Probiotik merupakan serat pangan yang berguna secara selektif menstimulasi pertumbuhan bakteri di dalam usus besar seperti bifidobacteria. Nutrisi pada prebiotik ini adalah subisatrat yang dibutuhkan bakteri Probiotik untuk kelangsungan kehidupannya.

Cara Membuat Probiotik Untuk Ayam Petelur

  1. Persiapan Bahan-bahan

Langkah pertama yakni terlebih dahulu menyediakan bahan-bahan yang di gunakan. Prebiotik pada umumnya bisa menggunakan banyak bahan, tetapi yang sering di gunakan untuk vitamin ayam petelur adalah sebagai berikut:

  • Air Bersih 9 Liter

Pastikan kondisi air tidak keruh dan benar-benar steril. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan ayam nantinya.

  • Susu 2 Botol

Susu ini nantinya digunakan sebagai bahan campuran yang mengandung nutrisi sangat baik untuk ayam. Selain susu, anda bisa juga menggunakan yogurt minimal siapkan 2 botol. (Baca Juga: Cara Memelihara Anak Ayam dengan Baik)

Sponsors Link

  • Ragi Tape

Ragi tape adalah jenis ragi yang di gunakan untuk pembuatan beras ketan atau singkong sebelum masa fermentasi yang pada akhirnya menjadi tape. Siapkan ragi 1 butir saja dengan keadaan yang sudah berupa gilingan.

  • Air Kelapa

Air kelapa yang di gunakan harus murni, alias tidak ada campuran air.

  • Molase

Molase adalah tetes tebu, anda perlu menyiapkan sebanyak 3 tutup botol saja yang di tambah dengan 1/2 liter air bersih. Jika anda merasa kesulitan mendapatkan molase, bisa di gantikan dengan gula tetapi dengan jumlah 1 kg.

  1. Ember

Langkah kedua menyediakan ember bersih, atau bila perlu anda membeli yang baru. Ember ini nantinya di gunakan untuk membuat adonan probiotik. Gunakan ember besar berwarna hitam. (Baca Juga: Cara Ternak Ayam Kate Jepang)

ads
  1. Jerigen

Selain ember, langkah berikutnya anda harus mempersiapkan jerigen yang nantinya di gunakan sebagai wadah masa fermentasi. Jerigen yang di butuhkan berukuran cukup besar yakni 10 liter.

  1. Pengolahan

Tahap keempat adalah pembuatan, mencampurkan semua bahan yang ada pada satu ember. Aduk semua bahan yang tercampur kira-kira selama 2 – 3 menit lamanya. Pastikan semua bahan tersebut tercampur menjadi satu alias rata.

  1. Proses Fermentasi

Setelah menyelesaikan pembuatan bahan, cara selanjutnya di susul pada tahap fermentasi. Tahap ini adalah memasukkan semua bahan yang sudah teraduk satu pada jerigen yang di sediakan. Setelah itu tutup rapat dan pastikan tidak ada udara yang masuk lantaran kurang rapatnya menutup. (Baca Juga: Cara Merawat Ayam Potong dengan Baik dan Benar)

  1. Lokasi

Sediakan lokasi khusus untuk masa fermentasi. Tidak sembarang tempat bisa di gunakan, dan yang harus anda siapkan adalah tempat dengan keadaan sejuk. Pastikan lokasi yang anda siapkan adalah tempat yang dingin, tidak panas. Keadaan suhu memengaruhi hasil kualitas prebiotik.

  1. Simpan

Tahap ke 7 ini adalah menempatkan jerigen berisi bahan-bahan pada lokasi yang sudah di sediakan. Simpan selama 7 – 10 hari untuk hasil benar-benar bagus. Selama proses fermentasi berlangsung, anda perlu membuka jerigen 2 hari sekali agar tidak menimbulkan udara dan meleduk.

  1. Botol Aqua

Siapkan botol aqua untuk menakar prebiotik. Tujuan ini untuk mempermudah anda ketika memberikan pada ayam petelur. Disamping itu anda juga bisa mengira-ngira dalam sehari, para ayam petelur memerlukan berapa banyak prebiotik. (Baca Juga: Cara Ternak Kroto dengan Botol Bekas)

  1. Wadah

Wadah yang di butuhkan ini berukuran kecil, sebagai tempat prebiotik yang di letakkan pada kandang ayam petelur. Karena jika wadah terlalu besar nantinya ayam kesulitan menerima prebiotik.

  1. Air

Setelah semua proses telah di jalankan, tidak masalah jika anda menambahkan sedikit air bersih pada prebiotik yang telah siap. Selain air, sebenarnya anda juga bisa menambahkan yakult sebagai campurannya.

Cara Membuat Probiotik untuk Ayam Petelur memang sangatlah mudah, tetapi harus dengan kesabaran. Semakin tlaten maka hasil yang di peroleh akan semakin bagus dan memuaskan. Apalagi proses ini di gunakan untuk ayam petelur, sehingga hasil benar-benar di butuhkan yang kemudian di turunkan pada pasaran. (Baca Juga: Ternak Ayam Negeri Pedaging)

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 09:43 Oleh :
Kategori : Ayam