Sponsors Link

6 Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Dari Kawat Yang Kuat Dan Aman

Ayam merupakan salah satu hewan ternak konsumsi yang sejauh ini masih menjadi salah satu protein hewani yang paling banyak dibutuhkan di masyarakat. Ada dua jenis ayam yang dapat diternakkan sesuai dengan hasil dalam proses peternakan tersebut yakni ayam pedaging dan ayam petelur. Meskipun sama sama berasal dari ayam, proses ternak petelur dan pedaging tentu berbeda. Salah satu poin penting yang perlu diperhatikan dalam proses ternak terutama ternak ayam petelur adalah kandang yang digunakan harus dapat memberikan kemudahan terkait telur yang dihasilkan ayam. Berikut beberapa penjelasan mengenai cara membuat kandang ayam petelur dari kawat dalam ulasan di bawah ini.

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam cara membaut kandang ayam petelur dari kawat adalah menyiapkan bahan yang akan digunakan. Kawat sebagai bahan utama pembuatan kandang ayam petelur dapat digunakan khususnya untuk kandang yang disebut baterai. Kandang sistem baterai merupakan jenis kandang yang disusun berderat dan bertingkat seperti sangkat atau kurungan.Setiap sangkat hanya akan diisi satu sampai dua ekor ayam petelur saja agar dapat memberikan hasil panen telur yang melimpah. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kandang baterai dari kawat tentu kawat dan rangka yang bisa terbuat dari bambu atau besi lebih baik. (Baca juga : cara beternak ayam tanpa bau)

  1. Tentukan ukuran kandang yang akan digunakan

Sebelum masuk ke tahapan selanjutnya, maka yang harus diperhatikan dengan baik adalah penentuan ukuran dari kandang yang ingin dibuat. Penetapan ukuran kandang tersebut berdasarkan jumlah ayam yang akan ditampung dan tempat atau luas area peternakan. Selain itu, penentuan tinggi dari kandang ayam juga akan menentukan apakah kepala ayam berada di luar atau di dalam kandang yang keduannya memiliki keuntungan maupun kerugian masing masing. (Baca juga : cara membersihkan kandan dalam budidaya ayam petelur)

  1. Buat sketsa kandang

Sebelum memulai pembuatan kandang ayam dari kawat bersistem baterai tersebut maka sebaiknya pembuatan sketsa gambar diperhatikan dengan baik. Sketsa dimulai dengan bentuk rangka dari kandang secara utuh yang disesuaikan dengan ukuran kandang yang ingin dibuat. Skesta tidak perlu dalam bentuk gambar yang menarik dan terpenting dapat dibaca dan dipahami terkait ukuran serta bentuk dari kandang tersebut. (Baca juga : cara memelihara ayam petelur)

  1. Pembuatan rangka kandang

Rangka kandang perlu dibuat terlebih dahulu sebelum menggunakan kawat untuk menutup bagian rangka. Rangka untuk kandang ayam petelur sistem baterai tersebut dapat dibuat menggunakan bambu atau rangka besi yang bentuknya disesuaikan dengan sketsa gambar yang sudah dibuat. Pembuatan rangka menjadi poin kritis untuk dapat menghasilkan kandang yang baik. (Baca juga : cara merawat ayam petelur di musim hujan)

  1. Penutupan kandang dengan kawat

Kawat sebagai bahan utama pembuatan kandang untuk ayam petelur ditambahkan kedalam rangka sebagai penutup agar ayam tidak keluar dan juga sebagai bagian dari penyekat di dalam kandang. Pada proses pembuatan kandang kawat tersebut perhatikan tidak ada bagian kawat yang beresiko meluakai ayam. (Baca juga : cara memelihara ayam petelur di rumah)

  1. Tambahkan aksesoris yang dibutuhkan

Jika kandang sudah dibuat dan berhasil berdiri maka langkah terakhir yang perlu dilakukan selain mengecek kembali kekuatan kandang adalah menambahkan beberapa bagian akternatif yang nantinay akan berguna dalam proses ternak seperti tempat pakan, tempat minum, jalur telur, tempat telur, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara membuat kandang ayam petelur dari kawat yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai salah satu bahan yang baik untuk menopang ayam petelur dalam proses ternak.

, , ,
Post Date: Friday 05th, July 2019 / 04:09 Oleh :
Kategori : Ayam