Sponsors Link

6 Cara Memilih Indukan Ikan Cupang Yang Siap Kawin

Sponsors Link

Ikan cupang menurut wikipedia adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Dalam proses budidaya ikan cupang tersebut maka pemilihan indukan harus dilakukan dengan benar agar hasilnya maksimal. Berikut beberapa cara memilih indukan ikan cupang yang siap kawin dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Lihat cara ikan cupang berenang

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam cara memilih indukan ikan cupang yang siap kawin adalah memperhatikan bagaimanan ikan cupang tersebut berenang. Ikan yang dalam kondisi sehat tidak akan berenang di permukaan air dan lebih banyak berada di bagian bawah kolam maupun melayang ditengah tengah. Cara ikan cupang berenang yang akan dipilih sebagai indukan juga harus normal seperti kebanyakan ikan cupang lainnya. (Baca juga : cara merawat ikan cupang agar ekornya bagus)

  1. Perhatikan warna ikan cupang

Ikan cupang sering diminati karena warnanya yang menarik dan beragam. Untuk itu, indukan dari ikan cupang sendiri juga harus dipilih karena warnanya. Indukan ikan cupang harus memiliki warna yang cerah dan mengkilap meskipun ikan tersebut memiliki warna yang gelap namun jika dilihat harus cerah dan tidak pudar. (Baca juga : cara mengatasi ikan cupang kembung)

  1. Ikan cupang jantan harus lincah

Setiap ikan cupang yang akan digunakan sebagai indukan harus terlihat memiliki gerak tubuh aktif dan lincah. Gerak tubuh aktif dan lincah saat berenang pada ikan cupang tersebut salah satu kondisi yang menandakan bahwa ikan dalam keadaan yang sehat. Ikan cupang jantan yang akan dipilih sebagai indukan harus bergerak lebih aktif dan lebih lincah dibandingkan dengan ikan betina.  (Baca juga : penyakit pada ikan cupang)

  1. Ikan betina harus memiliki matang telur

Ikan cupang berkembang biang dengan cara bertelur. Untuk itu, ikan cupang betina yang akan dipilih harus memiliki kondisi telur yang matang dan siap dibuahi. Ikan cupang betina yang memiliki matang telur dapat terlihat dari perutnya yang terlihat buncit serta adanya bintik bintik putih pada bagian perut bawah dekat dengan sirip dari ikan tersebut. (Baca juga : cara mengatasi ikan cupang yang tidak mau mekar)

  1. Umur ikan yang cukup

Hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan dalam cara memilih indukan ikan cupang yang siap kawin adalah umur dari ikan tersebut. Bagi ikan cupang betina, umur yang harus dimiliki sebagai indukan adalah 4 bulan keatas. Sedangkan ikan jantan harus memiliki umur yang lebih tua dibandingkan dengan ikan betina dan berkisar antara 4 sampai dengan 8 bulan. (Baca juga : budidaya ikan cupang agar cepat besar)

  1. Pilih cupang yang berpasangan dengan benar

Beberapa orang mungkin belum mengetahui cara membedakan ikan cupang betina dan jantan. Pembedaan ini penting agar indukan benar benar berpasangan antara betina dengan jantan. Ciri ikan jantan dapat dikenal dengan memperhatikan gerakannya yang lebih lincah, sirip serta ekor yang lebar mengembang, warna cerah, dan badannya semakin membesar. Sedangkan ciri ikan betina adalah gerakannya yang lebih lambat, warnanya yang kusam, sirip yang pendek, serta badan yang lebih kecil.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara memilih indukan ikan cupang yang siap kawin dan perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang yang akan melakukan proses budidaya ikan cupang.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Thursday 28th, February 2019 / 16:27 Oleh :
Kategori : Ikan