Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Suara Ayam Pada Murai

Sponsors Link

Memelihara dan merawat burung murai dengan baik dan benar tentu akan menghasilkan karakteristik burung murai dengan suara yang merdu dan gacor. Setiap pemilik burung tentu tidak menginginkan adanya permasalah dalam bentuk suara yang dihasilkan oleh burung murai tersebut.

ads

Salah satu permasalahan pada burung murai yang dapat memperburuk karakteristik suaranya adalah munculnya suara ayam pada burung murai. Berikut ini beberapa cara menghilangkan suara ayam pada murai yang dapat dilakukan oleh para pemilik burung dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Memaster Ulang Burung

Suara ayam pada burung murai merupakan salah satu jenis suara mati pada burung kicauan yang sangat dihindari terutama bagi pemilik burung yang memang memfokuskan burung murai tersebut hanya untuk lomba. Untuk mengatasi kondisi munculnya suara ayam pada burung murai maka yang pertama dapat dilakukan dengan cara memaster ulang burung. Pemasteran dilakukan dengan burung bergaya suara tembakan dan penuh tekanan nada seperti burung cililin dan kapas tembak. Jangan dulu memaster burung dengan suara suara yang mengalun karena malah dapat mematenkan suara mati yang sudah dimiliki oleh burung murai tersebut. (Baca juga : cara ternak burung murai ekor panjang)

  1. Membiarkan hingga burung mabung

Mabung merupakan proses rontoknya bulu bulu tua pada burung yang berlangsung secara periodik. Pada saat mabung tersebut burung akan diam dan tidak banyak mengeluarkan suara. Pada saat mabung inilah burung dapat direset suaranya melalui pemasteran ulang untuk menghilangkan suara mati yang sudah melekat pada burung. Dengan kondisi mabung ini maka suara burung sebelumnya akan dengan mudah tereset atau di setting ulang.(Baca juga : cara merawat murai batu mabung)

  1. Jauhkan burung dari potensi suara ayam

Burung murai yang bersuara ayam tentu pernah berinteraksi dan merekam suara ayam secara langsung sehingga cara menghilangkan suara ayam pada murai adalah dengan menjauhkan burung dari suara suara ayam maupun suara mati lainnya agar tidak direkam dan dijadikan master oleh burung tersebut. Melakukan isolasi pada tempat yang nyaman namun jauh dari suara suara mati perlu dilakukan sebagai upaya cepat untuk mengatasi suara mati yang dimiliki oleh burung murai. (Baca juga : cara budidaya murai batu)

Membuat burung Stres

Cara menghilangkan suara ayam pada murai yang lain ini merupakan cara yang cukup ekstrim dilakukan dan merupakan cara terakhir ketika memang burung tidak dapat dihilangkan suara matinya. Dalam proses membuat stres, pemilik harus siap menerima resiko jika burung malah mati mendadak akibat stres tersebut. Berikut ini beberapa cara membuat burung menjadi stres diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengagetkan burung, cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat burung stres adalah dengan mengagetkan atau membuat kaget burung ketika mengeluarkan suara suara mati atau suara ayam. (Baca juga : perawatan murai batu dorong ekor)
  2. Menyemprot burung, melakukan penyemprotan pada burung murai ketika mengeluarkan suara ayam juga merupakan salah satu cara membuat burung menjadi stres.
  3. Mengganti pakan burung, cara terakhir cukup ekstrim karena memang dapat mempengaruhi perilaku burung yakni dengan mengganti pakan pada burung. (Baca juga : cara ternak murai medan)

Itulah beberapa cara menghilangkan suara ayam pada murai yang dapat dilakukan oleh para pemilik burung. Cara yang disebutkan diatas haruslah dipilih berdasarkan pertimbangan dan kemampuan para pemiliki burung sendiri agar tidak menimbulkan dampak yang berbahaya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 15th, September 2018 / 07:33 Oleh :
Kategori : Burung