Sponsors Link

12 Cara Mengobati Luka pada Burung Lovebird

Luka tentu bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja tak terkecuali pada hewan burung peliharaan Lovebird, burung Lovebird yang seharusnya lebih minim terluka karena sering terlindung di dalam sangkar terkadang juga bisa terluka,

misalnya ketika terlalu aktif, disakiti hewan atau burung lain, gigitan serangga, atau karena penyakit tertentu. Nah sobat, burung Lovebird yang luka jika tidak segera diobati dapat menyebabkan infeksi, sebab itu pembubidaya burung Lovebird harus memahami mengenai

12 Cara Mengobati Luka pada Burung Lovebird untuk wawasan dan antisipasi jika hal tersebut terjadi, berikut selengkapnya.

1. Jika Terjadi Banyak Perdarahan

Untuk mengetahui seberapa parah kondisi burung lovebird perliharaan Pembudidaya dengan adanya darah yang keluar, Pembudidaya bisa memperkirakan jumlah darah yang keluar tersebut. Jumlah atau volume darah burung lovebird perliharaan adalah 10% dari berat badannya (gram/cc).

Contohnya burung lovebird perliharaan dengan berat badan 100 gram maka jumlah atau volume darahnya lebih kurang 10 cc. Burung lovebird perliharaan yang kehilangan darah lebih dari 1% dari berat badannya, maka bisa dikatakan kondisinya sangat berat atau bahkan fatal dan pembudidaya tak boleh menangani sendiri, harus segera dibawa ke dokter hewan. (Baca juga mengenai tips membeli lovebird)

2. Luka Karena Trauma Fisik

Penanganan pendarahan pada burung peliharaan lovebird akibat trauma tubuh luar, seperti tertusuk bagian tertentu sangkar yang tajam, dsb tentunya mudah ditangani meskipun tingkat keberhasilannya ditentukan oleh kondisi luka/ trauma dan juga penanganan yang pembudidaya lakukan. (Baca juga mengenai tips menyiapkan lovebird untuk lomba)

3. Pembersihan Luka

Jika burung peliharaan lovebird Pembudidaya terluka pada bagian luar, maka langsung saja burung peliharaan lovebird dipegang dan bersihkan bagian yang luka dari kotoran atau darah yang menempel. Bersihkan sampai bersih terutama jika ada benda asing yang menempel pada luka. (Baca juga mengenai cara mengatasi mental lovebird)

4. Penggunaan Cairan Antiseptik

Luka bisa dibersihkan dengan air matang (bersih) dan akan lebih baik kalau dibersihkan dengan alkohol. Setelah bersih, Pembudidaya bisa mengolesinya dengan cairan antiseptik. (Baca juga mengenai cara beternak lovebird)

5. Jika Terjadi Luka Robek

Jika burung lovebird peliharaan terkenaluka robek, pastikan bagian robek direkatkan dan ditekan hingga darah yang keluar agak mengental dan merekatkan bagian yang terluka robek serta segera tetskan dengan betadine. (Baca juga mengenai cara menyembuhkan patek pada lovebird)

6. Penggunaan Plester

Jika memang diperlukan, pembudidaya bisa memperban luka dengan menempelkan kapas kemudian diplester agar darah tidak terus mengalir dan luka pada burung lovebird tertutup serta burung lovebird tidak menggaruk atau menyentuhnya sebagai jalan mencegah infeksi.

7. Mencabut Bulu di Area Luka

Jika luka serius ada di bagian kaki burung peliharaan lovebird, pembudidaya bisa memperbannya melingkari kaki. Ada kalanya pembudidaya perlu mencabuti area bulu tertentu untuk memudahkan pemlesteran yang dilakukan agar merekat kuat.

Jika memang harus dilakukan, maka pastikan pembudidaya mencabutinya dengan hati hati, dengan sebelumnya bagian pangkal bulu yang akan dicabut ditetesi air hangat (agar pori pori terbuka dan bulu mudah tercabut sehingga burung peliharaan lovebird tidak memberontak dan tidak merasa kesakitan).

8. Luka pada Sayap dan Kaki Burung Lovebird

  • Cara menghilangkan sekaligus mengobati sayap burung lovebird peliharaan yang terluka dengan cara membersihkan bagian luka tersebut dengan cairan refanol dan lap dengan kain bersih.
  • Cara mengobati luka pada kaki burung lovebird peliharaan sama halnya dengan mengobati sayap burung lovebird peliharaan tentu saja dengan membersihkan dengan cairan refanol dan usapkan dengan kain.
  • Pembudidaya dapat melakukan pencegahan agar luka tidak semakin parah bila burung lovebird peliharaan terluka dengan cara hindari burung lovebird peliharaan tersebut kelabakan atau terlalu aktif di dalam kandang dan juga,
  • pilihlah kandang yang tepat untuk burung lovebird peliharaan sebab jika pemilihan jenis sangkar kurang tepat tentu membuat burung lovebird peliharaan stres karena merasa tidak nyaman, sebab itu, pastikan burung lovebird berada di lingkungan dan suasana yang nyaman.

9. Luka Karena Penyakit Kulit atau Jamur

Nah sobat, jika luka terjadi karena dampak penyakit kulit atau jamur hingga menyebabkan kulitnya rlecet karena bulu yang rusak, maka harus dilakukan penanganan dengan cara menyembuhkan penyakit kulit atau penyakit jamur tersebut, jika penyakitnya sembuh, otomatis luka pada burung lovebird peliharaan juga sembuh karena penyebab lukanya telah teratasi. Sebab itu lakukan penanganan sesuai penyakit yang dideritanya.

10. Pengobatan Tambahan dengan Bawang Putih

Beberapa penelitian mengungkapkan, zat alisin yang terkandung dalam satu siung bawang putih memiliki sifat anti bakteri, termasuk bakteri bakteri dari kelompok Escherichia, Salmonella, Staphylococcus, Streptococcus, Klebsiella, Proteus, Bacillus, dan Clostridium.

Karena punya sifat anti bakteri inilah, bawang putih bisa mengobati burung peliharaan lovebird yang mengalami gangguan luka dan terkena bakteri. Caranya dengan ambil beberapa siung bawang putih segar, lalu ditumbuk lalu dicuci dengan air bersih. Kemudian, campurkan ke dalam 1 gelas air panas/ hangat. Biarkan selama beberapa menit hingga ekstrak bawang putih bercampur merata.

Kemudian disaring dan disimpan dalam gelas/ tempat air minum burung peliharaan lovebird. Setelah agak dingin, berikan langsungkepada kepada burung peliharaan lovebird sebagai air minumnya sehingga burung peliharaan lovebird memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan luka cepat sembuh.

11. Lakukan Kontrol pada Luka

Lakukan kontrol setiap hari terhadap kondisi luka burung peliharaan lovebird tersebut, sampai pembudidaya bisa memastikan bahwa luka pada burung peliharaan lovebird bisa mengering dan kapan waktunya pembudidaya mencabut plester/ penutup luka. Perlu juga dijaga agar tidak terjadi infeksi pada luka di burung peliharaan lovebird tersebut dengan tetap menjaga kebersihan dan memberi makanan yang bergizi.

12. Pemberian Antibiotik dan Konsultasi ke Dokter Hewan

Pembudidaya perlu memberikan obat antibiotik khusus untuk burung peliharaan lovebird yang terluka, utamanya antibiotik yang mengandung sulfur. Sementara itu jika burung peliharaan lovebird mengalami pendarahan akibat luka dalam, maka hal itu tentunya sulit ditangani.

Sebab, pembudidaya sering tidak tahu apa penyebab pendarahan tersebut. Jika burung pembudidaya mengalami pendarahan akibat luka dalam, maka jalan terbaik adalah meminta pertolongan dengan membawanya ke dokter hewan terdekat.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan bermanfaat, jangan lupa selalu jaga kesehatan dan lingkungan burung lovebird agar terhindar dari luka, oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Saturday 15th, September 2018 / 11:30 Oleh :
Kategori : Burung