Home » Burung » 8 Tips Menyiapkan Lovebird Untuk Lomba

8 Tips Menyiapkan Lovebird Untuk Lomba

by Cori Calista

Memelihara burung Lovebird saat ini bukan hanya digunakan sebagai sebuah hobi atau gaya hidup semata dengan merawatnya dan menikmati keindahan baik bentuk, warna, dan suaranya.

Lovebird sudah menjadi burung yang banyak diternakan dan juga menjadi burung lomba yang dipertandingkan baik kelas kampung maupun daerah serta nasional.

Lovebird diperlombakan untuk masalah suara yang dimilikinya. Untuk dapat menjadikan burung tersebut layak dilombakan maka perlu beberapa cara atau tips persiapan dan perawatan yang harus dilakukan oleh para pemilik burung Lovebird.

Berikut ini beberapa tips menyiapkan lovebird untuk lomba baik bagi pemula maupun mereka yang sudah lama memiliki burung tersebut dan ingin dilombakan.

  1. Kurangi penjemuran

Sebelum melakukan lomba sebaiknya burung Lovebird diperlakukan dengan mengurangi penjemuran dan lebih banyak dikerodong. Kondisi ini dilakukan aga burung beristirahat dengan baik dan siap pada saat lomba. Pemilik burung tetap dapat dan perlu melakukan penjemuran pada pagi hari dengan mengurangi intensitasnya hanya beberapa menit saja, semisal 15 menit. Sebelum lomba hindari  Cara menjinakan Lovebird muda  agar dapat memiliki mental yang kuat.

  1. Berikan makanan tambahan lebih banyak dari biasanya

Makanan tambahan atau ekstra food merupakan istilah untuk jenis makanan yang diberikan kepada burung Lovebird yang sejatinya bukan merupakan makanan pokok atau makanan utama baginya.

Meskipun bertambah dalam jumlah yang banyak namun pemberian extra food tetap perlu dibatasi agar tidak menimbulkan efek samping negatif bagi proses persiapan menghadapi lomba. Bentuk extra food disesuaikan dengan kebiasaan yang dilakukan oleh pemilik terhadap burung Lovebirdnya.

  1. Pemberian sayuran dan buah perlu untuk dilakukan

Makanan pokok yang diberikan kepada burung Lovebird biasanya berupa biji kenari, biji oat, maupun jemawut yang berguna untuk kebutuhan hariannya. Dalam tips menyiapkan Lovebird untuk lomba maka pemberian sayuran dan buah sebagai makana tambahan dapat dilakukan.

Pemberian makanan tambahan berupa sayuran dan buah tersebut digunakan guna menambah stamina yang dimiliki oleh burung Lovebird sehingga dapat maksimal pada saat menghadapi lomba nantinya. (Baca juga : Cara mengobati snot pada Lovebird)

  1. Kerodong burung selama semalam sebelum lomba

Jika pada kondisi biasa sehari hari, proses kerodong burung tidak akan dilakukan pada malam hari dan memang sangat jarang untuk dilakukan meskipun saat siang hari sekalipun. Pengkerodongan burung semalam sebelum lomba perlu dilakukan untuk mempersiapkan agar burung tidak mengalami stres dan memiliki stamina yang baik saat lomba berlangsung.

  1. Stabilkan birahi burung Lovebird sebelum dan pada saat lomba

Hal selanjutnya yang termasuk kedalam tips menyiapkan Lovebird untuk lomba adalah dengan memperhatikan birahi dari burung tersebut agar naik dan stabil serta tidak berlebihan.

Hal ini dikarenankan jika Lovebird birahi terlalu tinggi maka suara yang dihasilkan tentu tidak akan maksimal. Untuk menstabilkan birahi dari Lovebird tersebut dapat dilakukan dengan memberikan extra food sebelum lomba atau menambahkan kangkung dan jagung serta air yang diberik garam agar birahinya cukup untuk lomba. Bila burung terlalu birahi maka lakukan beberapa cara mengatasi Lovebird over birahi.

  1. Pisahkan Lovebird dari burung lainnya sebelum lomba

Penghobi burung biasanya memiliki beraneka ragam burung yang dijadikan peliharaan. Untuk itu maka Lovebird yang akan digunakan untuk lomba harus diisahkan dengan burung lain terutama Lovebird lain agar tidak bersahut sahutan suara yang dapat mengakibatkan berkurangnya stamina burung serta menjadikan suara yang dihasilkan tidak optimal. Dan tetap melakukan cara memelihara burung Lovebird yang benar selama persiapan lomba.

  1. Lepas kerodong setelah burung mulai beradaptasi

Salah satu kunci kemenangan dalam lomba Lovebird adalah kemampuannya untuk beradaptasi dengan cepat pada lingkungan lomba. Dengan adaptasi yang cepat tersebut makan burung Lovebird akan dapat memberikan hasil kicauan yang maksimal. Pada saat sesampainya tiba di plataran lomba maka sebaiknya lepas kerodong setelah burung mulai beradaptasi dan tidak langsung membukannya sesaat setelah tiba di lokasi lomba.

  1. Selalu perhatikan kebersihan burung

Burung yang bersih tentu akan memiliki stamina dan kondisi tubuh yang lebih kuat secara fisik maupun mental. Agar burung selalu dalam kondisi bersih maka membersihkan kandang maupun burung secara langsung perlu dilakukan untuk menghindari kondisi infeksi maupun sakit yang mengintai. Kebersihan kandang harus selalu diperhatikan dan merupakan salah satu cara memelihara Lovebird di rumah.

Itulah beberapa tips menyiapakan lovebird untuk lomba yang perlu dilakukan baik oleh mereka yang masih dalam tingkatan pemula. Ketekunan dan kesabaran memang sangat dibutuhkan agar proses perawatan yang ada benar benar dapat memberikan hasil maksimal saat lomba.

You may also like