Sponsors Link

15 Cara Mengobati Snot pada Lovebird Mudah

Sponsors Link

Bagi para pemelihara burung lovebird, ada banyak penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai agar burung lovebird yang kita pelihara tetap sehat dan tidak terkena serangan bakteri atau virus yang dapat membuatnya sakit. Oleh karena itu, bagi para pemilik burung lovebird, maka mereka harus mengetahui bagaimana caar mengobati burung lovebird ketika burung mereka sakit akibat terkena penyakit tertentu.

ads

Salah satu penyakit yang dapat dialami oleh burung lovebird kesayanganmu adalah penyakit snot yang cukup mengganggu kesehatan burung lovebird yang kamu pelihara. Penyakit snot adalah penyakit mata yang disebabkan karena virus atau bakteri yang menyerang pada bagian mata burung lovebird yang kamu pelihara. Penyakit mata pada burung lovebird yang satu ini memang sangat menghantui para pecinta burung khususnya pada burung lovebird muda. Penyakit mata yang satu ini wajib kita waspadai karena jika tidak ditangani dengan tepat dapat berdampak pada daya tahan tubuh burung secara keseluruhan. Bahkan apabila kita terlambat dalam menangani snot pada burung lovebird, maka hal ang paling tidak diinginkan akan terjadi pada burung lovebird, yaitu kematian pada burung.

Secara umum, penyakit snot atau penyakit mata pada lovebird ditandai dengan adanya bagian mata burung yang berair dan pada tepi mata berwarna sedikit kekuning-kekuningan. Apabila penyakit snot yang satu ini sudah parah, maka mata akan membengkak, benjolan-benjolan perlahan akan muncul, berair semakin banyak dan pandangan burung lovebird akan semakin kabur sehingga dia sulit untuk terbang ata berjalan ke sana ke mari. Oleh karena itulah penyakit snot harus ditangani dengan tepat dan juga cepat.

Lantas bagaimana cara mengobati snot pada lovebird itu? Bagaimana cara yang tepat untuk menyembuhkan snot pada lovebird yang kita pelihara? Apa saja yang perlu kita lakukan? Kamu tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengobati snot pada lovebird yang sekiranya dapat kamu lakukan secara mandiri. Apa saja? Simak di bawah ini ya!

1. Membersihkan mata lovebird dengan air hangat

Cara mengobati lovebird yang pertama kali setelah lovebirdmu positif mengidap snot adalah dengan cara membersihkan matanya yang terkena snot dengan menggunakan kain yang telah direndam dalam air hangat. Dengan melakukan tindakan ini, kita dapat membersihkan bagian luar tubuh burungmu yang telah terinfeksi oleh snot sehingga dapat membantu mencegah infeksi lanjutan yang lebih parah karena komplikasi-komplikasi lain yang diakibatkan karena kotornya bagian yang terkena infeksi tersebut.

2. Membersihkan mata dengan air rebusan daun sirih

Setelah membersihkan mata burung lovebird yang kamu pelihara, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan bagian yang terkena infeksi dengan menggunakan air rebusan daun sirih yang dapat kamu buat dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih pada air panas. Daun sirih dikenal memiliki kandungan antiseptik yang baik sehingga dapat mengatasi masalah snot yang dialami oleh burung lovebirdmu dengan baik, walaupun tidak menjamin akan langsung membuatnya sembuh saat itu juga. Akan tetapi pemberian air rebusan daun sirih dapat secara efektif membantu kondisi burung lovebirdmu menjadi lebih baik walaupun perlahan-lahan.

3. Mengoleskan salep pada lovebird

Selain memberinya air rebusan daun sirih, kamu juga dapat mengoleskan salep anti snot pada bagian mata lovebirdmu yang sedang mengalami sakit. Dengan demikian kamu dapat membantu mempercepat proses penyembuhan mata lovebird yang dialami oleh burung lovebirdmu itu. Ada banyak salep yang dijual di toko-toko hewan, oleh karenanya kamu dapat bertanya pada dokter terpercaya sebelum kamu memilih jenis salep tertentu sehingga penanganan dengan menggunakan salep akan lebih efektif daripada kamu harus mencobanya satu per satu.

Sponsors Link

4. Memisahkan lovebird yang sakit

Langkah mengobati lovebird berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan lovebird yang sakit dari lovebird yang sehat, terlebih lagi apabila kamu memelihara lovebird dengan cara ternak lovebird koloni. Dengan memisahkan lovebird yang sakit, kamu bisa menghindarkan burung lain yang sehat dari tertular penyakit snot, lalu mempercepat penyembuhan burung lovebird yang terkena snot, karena kamu akan lebih fokus dalam merawat burung yang sedang sakit.

5. Tidak memandikan burung

Meskipun ampuh sebagai salah satu cara menurunkan birahi lovebird betina, atau cara menurunkan birahi burung kenari, mandi adalah salah satu hal yang sebenarnya harus dikurangi saat lovebirdmu mengalami sakit. Kamu harus menghentikan untuk sementara waktu aktivitas memandikan atau menyemprot burung lovebird yang sedang sakit snot karena dikhawatirkan bakteri yang ada pada mata lovebirdmu dapat menular ke tempat lain yang berbahaya, selain itu juga untuk menghindari potensi pertumbuhan dan bertambah parahnya kondisi mata burung lovebirdmu yang sedang sakit karena terkena snot.

6. Membatasi penjemuran burung

Langkah berikutnya untuk mengobati snot pada lovebird yang kamu pelihara adalah dengan cara mengurangi proses penjemuran burung lovebird yang biasanya kamu lakukan pada tiap siang atau pagi hari. Pada burung lovebird yang terkena snot, kamu hanya perlu menjemurnya pada rentang waktu antara sepuluh sampai dengan tiga puluh menit pada pagi hari antara pukul enam sampai dengan pukul delapan atau lebih pagi lagi.

Penjemuran burung memang diperlukan sebagai bentuk untuk menyuplai asupan vitamin D yang harus dimiliki oleh burung kesayanganmu, seperti misalnya sebagai salah satu cara untuk merawat lovebird agar ngekek panjang, atau pada prinsipnya cara memelihara burung lovebird. Akan tetapi pada saat dia menderita snot, burung lovebird yang kamu pelihara tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dijemur.

7. Membersihkan kandang lovebird

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan untuk membantu lovebirdmu cepat sembuh dari serangan snot adalah dengan cara membersihkan kandangnya secara rutin, bahkan kalau perlu dilakukan sterilisasi penuh untuk mencegah perkembangan bakteri snot pada lovebird yang lain.

8. Memakaikan obat erlamycetin

Dalam rangka pemilihan obat untuk mengatasi snot pada lovebird kesayanganmu, maka kamu bisa memilih banyak jenis obat, salah satunya adalah obat erlamycetin. Obat salep erlamycetin dapat kamu gunakan untuk mengatasi penyakit mata pada hewan termasuk kucing dan juga lovebird. Salep Erlamycetin juga disebut lebih baik digunakan pada hewan dibandingkan dengan jenis salep yang lain bernama terramycin yang mengandung oxytetrasiklin 1%. Untuk mengatasi iritasi ringan pada hewan dapat digunakan tetes erlamycetin 2 tetes sehari.

ads

9. Mengobati snot dengan obat garamycin

Obat garamycin juga dapat menjadi salah satu alternatif obat pilihan yang bisa dipakai oleh para pemelihara lovebird untuk mengatasi masalah penyakit mata atau snot pada lovebird. Cara menggunakan obat garamycin juga cukup mudah, yaitu hanya dengan melakukan pengolesan sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

10. Memberikan asupan pakan secara teratur

Selain mengobati dengan menggunakan obat-obatan yang berkhasiat, kamu juga perlu menjaga asupan pakan yang kamu berikan pada lovebird kesayanganmu agar daya tahan tubuhnya tidak bertambah parah sehingga dapat sembuh dengan lebih cepat.

11. Memberikan obat stop snot

Obat-obatan berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk membantu burung lovebird yang kamu pelihara cepat sembuh dari penyakit snot adalah obat stop snot yang bisa kamu berikan pada burung lovebird yang kamu pelihara kurang lebih sebanyak satu sampai dengan dua tetes pada mulutnya setiap pagi dan sore hari.

12. Memberikan obat antibiotik

Snot adalah penyakit yang diakibatkan karena adanya bakteri jahat yang mengganggu sistem tubuh burung lovebirdmu, terutama pada jaringan mata yang ada di sekitar bola matanya. Dengan demikian untuk mencegah perkembangan bakteri jahat tersebut, kamu dapat memberikan tambahan obat antiobitik untuk membantu menjaga kekebalan tubuh lovebirdmu dari serangan bakteri jahat yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada jaringan mata yang ada di sekitar matanya.

13. Memberi asupan vitamin tambahan

Dalam rangka meningkatkan sistem imun tubuh burung lovebird yang kamu pelihara, maka ada beberapa hal selain pemberian obat yang bisa kamu lakukan. Selain memberikan pakan yang baik dan tidak memperparah penyakit snot yang terlanjur diderita oleh burung lovebirdmu, kamu juga bisa memberikan asupan vitamin tambahan untuk membantu sistem kekebalan tubuh burung lovebirdmu agar tetap seimbang.

14. Mengulangi pemberian obat snot selama beberapa hari setelah snot sembuh

Agar kesembuhan burung lovebird yang kamu miliki terjaga dengan baik, salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah mengulangi pemberian obat snot setelah snot yang diderita oleh burung lovebird yang kamu pelihara telah berhasil disembuhkan. Dengan melakukan tindakan ini, kita dapat membantu burung lovebird untuk menjaga kekebalan tubuhnya sehingga sistem imun tubuh akan menjadi lebih kuat untuk mengatasi bakteri snot yang kemungkinan besar masih tersisa di dalam tubuh burung lovebird yang kamu pelihara.

15. Membatasi pakan pada jenis makanan tertentu

Ketika burung lovebird yang kamu pelihara masih menderita penyakit ini dan dalam masa penyembuhan, beberapa jenis pakan sebaiknya dihindari dan kamu lebih baik fokus memberinya satu jenis makanan tertentu yang terbukti sehat dan sangat bermanfaat bagi burung lovebird seperti misalnya biji jagung dan lain sebagainya. Pembatasan jenis makanan ini dapat kamu lakukan selama beberapa waktu sampai burung lovebird yang kamu pelihara sembuh total dan dapat beraktivitas seperti biasanya.

Selain beberapa informasi diatas, berikut ni kami berikan tutorial video yang bisa memudahkan anda mengatasi snot berbahaya yang terjadi pada lovebird anda.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengobati snot pada lovebird yang kita pelihara. Beberapa cara mengobati snot pada lovebird di atas mungkin tidak seluruhnya harus kamu lakukan, akan tetapi akan lebih baik apabila kamu melakukan semua cara mengobati snot pada lovebird, sebagaimana kamu menerapkan cara memelihara lovebird dengan baik dan benar sehingga pertubuhan dan perkembangan lovebird yang kamu miliki bisa terjaga dengan baik.

Semoga dengan menerapkan cara-cara di atas burung lovebirdmu bisa sembuh dengan sempurna ya! Selamat merawat burung lovebird!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, October 2017 / 09:30 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan