Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi Kembali Gacor

Sponsors Link

Salah satu jenis burung yang banyak digemari oleh para pemelihara burung dan para pencinta burung adalah burung kenari. Burung ini banyak dipelihara atas beberapa alasan, selain karena burung ini mempunyai suara yang merdu, burung kenari juga banyak di pelihara karena mempunyai warna-warna yang indah.

ads

Selain itu, burung kenari juga relatif mudah untuk dipelihara, seperti misalnya mudah ditangkarkan dan juga memiliki banyak variasi jenis yang bisa dipilih oleh para pencinta burung.

Burung pemakan biji-bijian yang satu ini bila sudah gacor alias ahli dalam berbunyi akan sering sekali berkicau bahkan seperti orang yang tidak kenal kata berhenti. Baik pada siang ataupun malam hari, terlebih apabila malam hari didekatkan dengan lampu, burung kenari yang kamu pelihara akan terus saja berkicau seolah-olah penyanyi yang tidak memiliki batas energi untuk konser.

Akan tetapi ada kemungkinan suatu saat burung kenari yang kamu pelihara itu tiba-tiba berubah dengan drastis. Tiba-tiba, burung kenari yang kita miliki, tidak bersuara sama sekali, kegiatannya cuma diam dan makan begitu saja baik di siang ataupun malam hari walaupun kita telah memeliharanya dengan cara memelihara burung kenari yang tepat dan agak mirip dengan cara perawatan cucak ijo yang mungkin juga kamu lakukan. Apa yang perlu kita lakukan ketika hal ini terjadi?

Sebelumnya, kamu tidak perlu terlalu khawatir karena sebagian besar para pemelihara lovebird pun juga mengalami hal yang sama, alias banyak burung kenari yang juga tiba-tiba diam seperti sedang galau karena masalah kehidupan. Kamu tidak perlu terlalu khawatir, cemas, atau bahkan putus asa ketika hal ini terjadi karena kita bisa mengatasi masalah burung kenari macet bunyi ini dengan cara mengatasi kenari macet bunyi yang tepat, dan dapat kamu lakukan saat ini juga agar burung kenari yang kamu miliki tidak benar-benar macet bunyi secara permanen.

Sebab Kenari Macet Bunyi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mengatasi kenari macet bunyi, ada baiknya kamu mengetahui apa sih yang sebenarnya menyebabkan kenari yang kita pelihara itu macet bunyi, sehingga kamu dapat mengantisipasi kejadian yang sama di masa yang akan datang.

Beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab mengapa kenari tiba-tiba berhenti berkicau adalah karena kenari berada dalam masa mabung, bisa pula karena kenari kegemukan sehingga sulit berkicau, bisa pula karena terkena sakit tertentu, atau mungkin kenari merasa tidak nyaman dengan sangkar tempatmu memelihara kenari tersebut atau bisa pula dia tidak nyaman dengan lingkungan tempatmu meletakkan dirinya. Akan tetapi bila hal-hal di atas tidak terjadi atau tidak dialami oleh kenarimu, bisa jadi kamu memberikan pola perawatan yang keliru sehingga kenari mengalami stress dan tidak ingin berkicau.

Cara Mengatasi Macet Bunyi pada Kenari

Setelah mengetahui apa penyebab burung kenari kamu tiba-tiba jadi tidak ingin berkicau, maka tentu saja kamu perlu mengetahui lantas bagaimana cara mengatasi burung kenari yang sedang malas berkicau ini. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kenari macet bunyi yang bisa kamu lakukan.

1. Mengasingkan burung kenari

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kenari yang macet bunyi adalah dengan cara mengasingkan atau mengisolasi burung kenari macet bunyi dari burung-burung lain yang sejenis. Yang dimaksud dengan mengisolasi adalah memastikan burung kenari yang macet tidak melihat burung lain yang berjenis sama walaupun dia mungkin dapat mendengar kicauan burung kenari lain yang kamu pelihara. Hal ini penting untuk dilakukan agar kenari tidak merasa tertekan atau ketakutan karena burung yang lain dia anggap mengancamnya.

2. Memberi makan sayuran segar

Setelah dilakukan isolasi, bukan berarti kamu harus mengabaikannya. Justru kamu harus memerhatikannya dengan lebih dibandingkan burung kenari yang lain. Ada beberapa jenis perawatan khusus yang dapat kamu berikan pada burung kenari yang macet bunyi. Salah satunya adalah dengan memberikannya makanan sayuran dan buah segar yang berbeda bila dibandingkan dengan kondisi biasanya.

Sponsors Link

3. Memberi makan telur puyuh rebus

Asupan makanan tambahan lainnya yang bisa kamu berikan bagi burung kenari yang sedang mengalami macet bunyi adalah telur puyuh rebus yang bisa kamu berikan kurang lebih seminggu dua kali saja untuk mencegah burung kenari birahi berlebihan selain cara menurunkan birahi burung kenari yang lazim dikenali, kegemukan atau mengalami kegelisahan berlebihan.

4. Memberi tulang sotong

Tulang sotong juga bisa kamu berikan sebagai makanan tambahan untuk kenari yang sedang mengalami macet bunyi. Walaupun mungkin tulang sotong tidak akan langsung dihabiskan oleh burung kenari yang kamu pelihara, tetapi kamu dapat membiarkan tulang sotong tersebut untuk tetap berada di dalam kandang sebagai asupan makanan tambahan yang bisa dia konsumsi sewaktu-waktu selama masih ada. Bila sudah habis, kamu bisa menggantinya dengan tulang yang baru.

5. Jemur di pagi hari

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk membantu burung kenarimu bisa terbebas dari macet bunyi adalah melakukan penjemuran yang singkat dan tidak lama pada pagi hari agar burung kenarimu terkena embun pagi di tempat-tempat yang sepi dari lalu lalang manusia untuk mengurangi tingkat stress yang dimiliki oleh burung kenari yang kamu pelihara.

Menjemur di pagi hari juga bisa menjadi cara mengobati snot pada lovebird dengan mudah walaupun harus dibatasi. Selain itu juga bisa menjadi salah satu cara melatih merpati balap agar bisa terbang dengan cepat.

6. Memandikan ketika cuaca bersahabat

Memandikan burung kenari juga masih bisa dilakukan, akan tetapi juga dengan jumlah yang terbatas yaitu sebanyak dua kali sehari. Kamu bisa memandikan burung kenari yang macet bunyi hanya pada saat cuaca bersahabat saja, sementara apabila cuaca tidak bersahabat kamu tidak perlu memandikannya.

7. Mengeringkan badan secukupnya

Setelah memandikan burung kenari, maka kamu perlu mengeringkan badan burung kenari yang kamu pelihara dari air cucian yang kamu gunakan untuk mencuci badan burung kenari tersebut. Akan tetapi kamu tidak perlu mengeringkannya dengan menjemur terlalu lama, cukup keringkan untuk beberapa saat sampai kira-kira badan burung kenari sudah kering dari air dan terasa hangat.

8. Pindah sangkar

Ukuran sangkar yang terlalu sempit juga dapat membuat kenari yang kamu pelihara merasa stress dan akhirnya tidak mau berkicau. Oleh karena itu cara untuk mengatasinya adalah dengan memindahkan burung kenari ke sangkar yang lebih luas, minimal berukuran 35 x 45 cm agar burung kenari yang kamu pelihara dapat bergerak dengan leluasa. Apabila ukuran sangkar yang kamu miliki kurang dari itu, lebih baik kamu membuat sangkar yang baru atau membeli sangkar yang lebih besar untuk merawat burung kenarimu. Sangkar juga penting dalam pemeliharaan burung lain seperti misalnya dalam cara ternak lovebird koloni atau cara merawat lovebird agar ngekek panjang yang juga harus kamu pelajari dengan baik apabila kamu beternak burung lovebird.

ads

9. Pemakaian kerodong pada sangkar saat istirahat

Ketika burung kenari yang sedang macet bunyi beristirahat, kamu dapat memberikan kerodong pada sangkarnya untuk melindungi atau membatasi cahaya yang masuk ke dalam sangkar sehingga burung kenari dapat beristirahat dengan tenang ketika istirahat dan terhindar dari stress.

10. Memberi asupan multivitamin

Selain makanan yang baik dan berkualitas, kamu juga dapat memberi obat tetes berisi multivitamin khusus burung yang dapat membantu sistem imun tubuh kenari yang kamu pelihara agar lebih kuat dan dapat melawan virus atau bakteri sehingga burung kenari yang kamu miliki bisa selalu fit dan terhindari dari berbagai macam jenis penyakit.

Selain multivitamin dalam bentuk obat tetes, multivitamin cair juga bisa kamu berikan pada burung kenari yang kamu miliki untuk membantu mendongkrak birahi burung kenari agar kembali optimal dan seimbang sehingga tidak lagi macet bunyi.

11. Memberikan ramuan daun mengkudu

Ramuan daun mengkudu dapat membantu burung kenari untuk menyembuhkan suara serak yang mungkin menjadi penyebab kenapa dia macet bunyi. Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan memberikan daun mengkudu yang masih muda sebanyak kurang lebih tiga kali seminggu dan khasiatnya adalah suara burung kenari yang kamu miliki akan kembali jernih dan terbebas dari suara serak. Bahkan pemberian daun mengkudu juga bisa membuat burung kenarimu cepat gacor apabila dia masih belum gacor.

12. Memberikan buah apel

Buah apel adalah salah satu jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan burung kenari. Kamu dapat memberi burung kenarimu buah apel di pagi hari sebagai penambah energi terutama apabila burung kenari yang kamu miliki baru saja mabung alias kehilangan energi dengan kadar yang cukup besar.

13. Menjemur dengan cukup

Apabila burung kenarimu macet bunyi karena mabung dan disebabkan karena kelelahan atau karena kegemukan, maka penjemuran dengan rutin dapat membantu burung kenarimu untuk mendapatkan energi kembali serta mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh sehingga kemungkinan besar burung kenarimu akan kembali gacor apabila kamu sering menjemurnya.

14. Menempatkan sarang di tempat yang cuaca atau suhunya tidak terlalu panas atau dingin

Suhu yang terlalu panas atau dingin dapat membuat burung kenari yang kamu pelihara tidak lagi gacor karena tidak nyaman dengan lingkungan. Oleh karena itu pindahkan sarang pada tempat-tempat tertentu yang memiliki suhu tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin supaya burung kenari yang kamu miliki bisa nyaman dengan lingkungan di sekitarnya.

15. Memindahkan sangkar dari lokasi predator

Lokasi sangkar yang dekat dengan predator seperti tikus, tokek, dan lain sebagainya, juga dapat membuat burung kenari yang kita pelihara jadi macet bunyi sebagai langkah pertahanan diri dari para predator yang ada di dekatnya sekaligus sebagai wujud ketakutan yang dimiliki oleh burung kenarimu. Oleh karena itu cara untuk mengatasi masalah macet bunyi karena ada predator di dekat sangkar burung kenarimu adalah dengan memindahkannya ke tempat lain yang bebas predator.

Selain beberapa cara yang bisa diterapkan diatas,disini akan diberikan terapi dari suara kenari yang mungkin membantu dan memancing kenari anda agar tidak lagi mengalami macet bunyi.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kenari macet bunyi yang kita pelihara. Semoga dengan cara di atas kamu dapat mengembalikan kegacoran burung kenarimu sehingga burung kenari yang kamu miliki terbebas dari masalah tidak gacor.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 12th, October 2017 / 06:22 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan