Sponsors Link

6 Cara Mengobati Penyakit Pada Telinga Kelinci

Kelinci merupakan salah satu hewan yang dapat diternakkan sebagai hewan peliharaan nantinya maupun digunakan dagingnya untuk di konsumsi.

Dalam proses ternak maupun memelihara kelinci tersebut tentu berbagai macam masalah kesehatan dapat terjadi terutama ketika pemilik tidak memberikan perhatian dan proses perawatan yang baik. Salah satu kondisi yang dapat muncul pada kelinci diantaranya adalah penyakit pada telinga kelinci.

Adanya penyakit tersebut harus segera diatasi dengan baik. Berikut ini beberapa cara mengobati penyakit pada telinga kelinci yang efektif dan tentunya aman dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara untuk beternak kelinci)

Jenis Dan Penyebab Penyakit Pada Telinga Kelinci

Sebelum memahami bagaimana cara mengobati penyakit pada teling kelinci maka sebaiknya hal pertama yang perlu dipahami dan dimengerti oleh para pemilik dan peternak hewan lucu tersebut adalah dengan memahami beberapa jenis penyakit pada telinga kelinci berserta penyebabnya. Penyakit di daerah telinga memang menjadi salah satu kondisi paling sering terjadi pada kelinci. Beberapa jenis penyakit telinga kelinci dan penyebabnya tersebut diantaranya seperti scabies pada telinga, kudis akibat tungau pada telinga, telinga kebiruan dengan cairan nanah sebagai gejala radang paru paru, dan kanker telinga. (Baca juga : cara memelihara kelinci anggora )

Cara Mengobati Penyakit Pada Telinga Kelinci 

Setelah memahami apa saja jenis penyakit telinga yang dapat terjadi pada kelinci tersebut maka cara mengobati penyakit pada teling kelinci dapat dilakukan dengan tepat sesuai penyebab dan jenis penyakitnya. Berikut ini beberapa cara yang umum dan seringkali dilakukan untuk mengatasi kondisi sakit yang muncul pada telinga kelinci sesuai dengan penyebabnya dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara merawat kelinci di musim hujan )

  1. Melakukan isolasi, jika kondisi penyakit telinga pada kelinci sudah terlihat maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan kelinci dari kandangannya dan memindahkan kelinci ke kandang isolasi untuk memisahkannya dengan kelinci lain. Tujuan isolasi tersebut adalah untuk menghindari resiko penularan penyakit pada kelinci lain.
  2. Membersihkan bagian penyakit, penyakit pada daerah telinga seringkali terjadi di permukaan kulit telinga kelinci dan biasa berbentuk luka, kudis maupun kurang. Setelah diisolasi maka kotoran dan luka yang ada tersebut harus dibersihkan dengan baik menggunakan air hangat dan dikeringkan. (Baca juga : cara memelihara kelinci di rumah )
  3. Obat anti tungau, penyebab terjadinya kudis pada telinga disebabkan oleh adanya tungau pada bulu di daerah tersebut. Mengunakan obat anti tungau merupakan hal yang dapat membantu mengatasi penyakit pada telinga tersebut.
  4. Atasi scabies, jika penyakit yang terjadi pada telinga tersebut disebabkan oleh kutu scabies maka cara mengatasinya adalah dengan melakukan cara alami mengobati scabies pada telinga. Selain cara alami menggunakan beberapa jenis salep yang memang khusus digunakan untuk mengatasi scabies.
  5. Memberikan asupan nutrisi yang baik, langkah selanjutnya yang dapat diberikan kepada kelinci agar kondisi sakit di telinga dapat teratasi adalah dengan memberikan makanan atau asupan nutrisi yang baik dan berkualitas.
  6. Konsultasi dengan dokter hewan, jika kondisi penyakit telinga terjadi pada semakin parah atau menyerang banyak kelinci makan konsultasi dengan dokter hewan merupakan langkah yang paling tepat dan benar serta efektif. (Baca juga : cara merawat kelinci anggora )

Itulah beberapa cara mengobati penyakit pada telinga kelinci yang perlu diperhatikan dengan baik agar segera teratasi dan tidak menular pada kelinci lainya. Mengetahui penyebab dari kondisi penyakit pada telinga merupakan langkah pertama yang harus diusahakan.

, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 03:44 Oleh :
Kategori : Kelinci