Sponsors Link

7 Cara Merawat Anak Entok yang Baru Menetas

Ternak Entok

Bagaimana cara merawat anak Entok yang baru menetas? Sementara tentu hal itu bukan sesuatu yang mudah jika dibandingkan untuk perawatan entok dewasa. Perawatan anak entok pastinya lebih intensif dan harus lebih jeli. Bahkan anda sebagai pembudidaya harus memberikan perhatian penuh padanya. Oleh karena itulah artikel ini disampaikan, yakni tentang cara perawatan terhadap entok yang baru saja menetas dari telurnya.

Entok sendiri adalah itik, itik surati, itik manila yang merupakan sejenis burung atau unggas yang termasuk keluarga bebek yang dipelihara untuk diambil daging dan telurnya. Untuk diketahui istilah mentok atau entok berasal dari bahasa Jawa dan mungkin di tempat lain ia disebut dengan salah satu atau beberapa nama entok, enthok atau entog, basur, itik manila, atau bebek manila. Sedangkan untuk di dalam bahasa Inggris disebut Muscovy Duck atau Barbary Duck. Dan berikut ini cara merawat entok cepat sukses yang bisa Anda coba terapkan.

Di Indonesia sendiri unggas ini yakni sepenuhnya hewan peliharaan, yang diternakkan terutama untuk di manfaatkan dagingnya sebagai dikonsumsi atau aneka kuliner. Asal usul mentok peliharaan adalah dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yang mana populasi burung ini hidup dan berhabitat alami dan liar di rawa-rawa berhutan dan wilayah berpaya di sekitar danau dan sungai termasuk juga di hilir lembah Sungai Rio Grande di Texas. Dan kalian bisa mengetahui juga tentang daftar hewan terganas di hutan amazon.

Dalam memelihara entok, pastinya sesuatu yang dinantikan untuk kehadiran anak-anaknya. Karena dari situlah hasil ternak anda diperoleh keuntungan. Akan tetapi bukan hal yang mudah memelihara anakan entok. Berikut ini dapat menjadi wawasan anda bila mana merawat anakan entok agar tetap sehat.

Cara Merawat Anak Entok yang Baru Menetas

1. Pemberian Pakan yang Tepat

Salah satu sumber energi dan bertumbuh kembang terletak pada pakan. Jadi, bukan hal baru yang harus di agungkan kepada anda bahwa beternak anak entok harus diberikan pakan. Ini adalah kebutuhan pokok dan kewajiban anda yang sudah tidak harus diperintahkan.

Hanya saja tidak sembarang pakan bisa diberikan, sekalipun biasanya mungkin anda memberikan beberapa jenis pakan pada entok tetapi belum tentu jenis pakan tersebut sama diperbolehkan pada anaknya. Kondisi fisik dan ususnya berbeda dengan dewasa, maka berikan jenis makan yang mudah di cerna dan benar-benar mendukung kesehatan sang anak entok. Pemberian pakan yang baik menjadi salah satu cara ternak entok cepat panen yang paling efektif dan alamiah.

2. Pemberian Tempat Layak

Jangan samakan indukan dengan anaknya, keduanya mempunyai model perawatan dan perhatian yang berbeda. Mungkin untuk enthok yang dewasa sudah bisa berjalan kesana kemari dan dibiarkan lepas di kandang tetapi tetap dalam area. Sayangnya perawatan untuk anak entok ini tidak boleh secara ngawur.

Salah satu yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan tempat yang layak untuknya. Buatlah kandang dengan ukuran yang lebih besar dari kapasitas yang anda berikan nantinya. Namun setidaknya dalam satu kandang cukup di isi dengan 10 ekor saja, dan sedikit perluaslah kandangnya supaya anak entok dapat bernafas lega. Dan berikut tips cara ternak entok di belakang rumah yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

3. Pemberian Lampu

Setiap kandang untuk anak entok harus anda berikan lampu, bukan saja sebagai penerangan di kala malam. Akan tetapi alasan lainnya adalah untuk memberikan kehangatan. Anak entok masih dalam kondisi yang sensitif, sehingga perlu penghangatan supaya tubuhnya tidak kedinginan yang lama kemudian bisa membuatnya mati.

4. Pemberian Nutrisi

Cara perawatan terhadap entok yang baru menetas selanjutnya adalah dengan memberikan nutrisi. Bagaimana caranya? Sementara tidak mungkin entok yang baru menetas bisa menelan dan makan minum sendirian. Ini harus anda lakukan, membantunya menelan nutrisi dari sebuah vitamin yang nantinya diberikan guna mendukung kondisi badannya supaya tetap sehat. Namun dalam dunia ternak entok modern, kebanyakan langsung dimasukkan dalam bentuk suntikkan.

5. Vaksinasi

Memang termasuk masih kecil dan kasihan apabila anak entok harus diberikan vaksinasi. Tetapi hal ini disarankan, berarti tidak harus dilakukan yang mana untuk mendukung kekuatan daya tahannya supaya tidak mudah diserang penyakit dan virus-virus mematikan. Setidaknya berusahalah untuk melakukan vaksinasi ini dan merogoh sedikit uang untuk kelangsungan kesehatan sang anak entok hingga dewasa nanti tetap baik-baik saja.

6. Penjemuran

Jangan lupa untuk menjemur anak entok setiap pagi guna mendapatkan asupan vitamin D secara alami dan murni dari sinar matahari. Akan tetapi hal ini harus dilakukan sesuai waktu yang disarankan. Bahwa waktu yang terbaik adalah pagi jam delapan sampai dengan sembilan, pilihlah durasi diantaranya selama kurang lebih 20 menit saja. Jika terlalu lama akan membuat anak entok lemas dan dehidrasi.

7. Sering Dekatkan dengan Sang Induk

Lantaran anak entok masih memerlukan induknya, jangan biarkan sang induk berlama-lama sendiri diluar tanpa anak. Batasi kesendiriannya di luar kandang, dan beberapa saat masukkan induknya di dalam kandang untuk menemani anak-anaknya. Lakukan hal ini sampai anak entok benar-benar tumbuh dewasa dan bisa hidup mandiri tanpa induknya/

Demikianlah yang disampaikan mengenai cara merawat anak Entok yang baru menetas. Dan jangan lupa untuk mengikuti juga cara menghilangkan bau pada kandang bebek yang bisa diterapkan di kandang entok juga. Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam berbudidaya.

, , , , ,
Post Date: Saturday 02nd, November 2019 / 12:58 Oleh :
Kategori : Bebek