Sponsors Link

8 Jenis Makanan Bebek Agar Cepat Besar

Ternak Bebek

Bebek atau dikenal juga sebagai Itik merupakan sebuah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek sendiri adalah sejenis burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan bisa ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut. Kadang-kadang bebek disamakan dengan beberapa burung air yang berhubungan jauh akan tetapi mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, dan coot.

Mengenai bebek, artikel sebelumnya menjelaskan tentang tips meningkatkan produksi telur Bebek secara efektif dan efisien dan beberapa yang lainnya. Kini pada kesempatan yang sama membahas tentang makanan Bebek agar cepat besar. Beberapa bebek juga mampu melakukan kawin silang, akan tetapi hal itu untuk mendapatkan keturunan yang steril dan tidak bisa memiliki keturunan. Bagi beberapa orang masih bingung tentang bebek bertelur. Mungkin anda dapat menyimak kembali seputar ciri ciri bebek akan bertelur yang sudah disampaikan sebelumnya.

Banyak masalah atau resiko yang akan anda hadapi jika beternak bebek, bukan hal yang langka namun sudah biasa. Hal ini sudah menjadi bagian dari resiko suatu beternak apa saja termasuk bebek. Kasus yang sering terjadi adalah bebek mengalami kelumpuhan atau kondisi tak sehat yang lainnya. Cara mengatasi kelumpuhan pada Bebek yang perlu diperhatikan bisa menjadi referensi anda ketika hal itu terjadi. Lalu apa saja jenis makanan yang dapat diberikan kepada Bebek sehingga bisa cepat besar dan mendapatkan keuntungan besar dalam beternak ini?

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat bebek cepat besar dalam pembahasan berikut. Mengingat bahwa bebek sendiri mempunyai jenis pakan yang bervariasi, diantaranya seperti rumput, tanaman air, ikan, serangga, amfibi kecil, cacing, dan moluska kecil. Akan tetapi tidak semua jenis pakannya bisa membuat bebek cepat besar. Sebagai peternak dan pemilik bebek anda harus lebih pemerhati pakannya untuk memilih jenis-jenis yang bisa menumbuh kembangkan bebek secara cepat.

Makanan Bebek Agar Cepat Besar

1. Sorgum

Pertama, jenis pakan yang bisa membuat bebek cepat gemuk adalah sorgum. Ini adalah jenis bahan pakan yang mana sumber energi serta kandungannya hampir setara dengan jagung. Akan tetapi sorgum berpotensi di Indonesia kurang baik lantaran produksinya hanya terdapat pada daerah tertentu saja.

2. Polar

Selain sorgum, jenis pakan untuk bebek agar cepat besar yang lainnya adalah polar. Untuk beberapa orang yang belum mengetahuinya bahwa polar merupakan hasil samping dari proses penggilingan gandum menjadi terigu. Tepung roti berasal dari roti afkir atau roti yang tidak dikonsumsi lagi untuk dibuat menjadi polar sebagai makanan bebek. Akan tetapi yang harus anda perhatikan adalah tidak boleh menggunakan roti yang sudah terkontaminasi jamur.

3. Bungkil Kedelai

Tahukah anda bungkil kedelai? Ya, Bungkil Kedelai merupakan salah satu jenis Makanan Bebek Agar Cepat Besar yang merupakan limbah dari pengolahan minyak kedelai. Sedangkan untuk CGM merupakan bahan pakan sumber protein yang diperoleh dari hasil pengolahan jagung secara basah.

4. Tepung Ikan

Ada banyak jenis makanan yang bisa anda berikan pada bebek untuk mendukungnya cepat besar termasuk tepung ikan. Tepung ikan mengandung asam amino lisin dan metionin yang tinggi, tetapi cara penggunaannya terbatas dikarenakan harganya tinggi dan menimbulkan aroma amis pada daging bebek.

5. Ampas Tahu

Tahukah anda ampas tahu? Merupakan limbah padatan yang berasal dari bubur kedelai yang tidak digunakan lagi dari proses pembuatan tahu itulah disebut dengan ampas tahu yang bisa diberikan pada bebek. Jika anda memberikannya pada bebek.

Penggunaan pakan ini harus segera mungkin diberikan pada bebek, jangan ditunda-tunda lantaran mengandung protein tinggi dan mudah ditumbuhi jamur. Penggunaan ampas tahu sendiri sebaiknya dengan dilakukan pengeringan terlebih dahulu sampai kadar air kurang dari 13% karena yang diberikan untuk pakan bebek biasanya ampas tahu basah.

6. Ampas Tempe

Nah, selain ampas tahu anda juga bisa memberikan pakan bebek berupa ampas tempe. Sama-sama ampas yang terbuat dari kedelai, hanya saja pengolahannya berbeda. Ampas tempe adalah hasil limbah dari proses pembuatan tempe berupa kulit ari kedelai. Jenis pakan ini mempunyai potensi sebagai bahan pakan karena ketersediaan yang cukup melimpah.

7. Onggok

Onggok adalah limbah pengolahan singkong yang dijadikan tepung singkong. Penggunaan onggok pada bebek perlu dibatasi lantaran kandungan serat kasarnya cukup tinggi.

8. Tepung Bekicot & Keong Mas

Makanan Bebek Agar Cepat Besar yang lainnya adalah Tepung Bekicot. Tepung ini sudah cukup banyak digunakan sebagai bahan pakan sumber protein alternatif. Sayangnya, penggunaan tepung bekicot mentah maksimal 15%, sedangkan apabila direbus terlebih dahulu penggunaannya dapat meningkat menjadi 20%.

Itulah kedelapan jenis Makanan Bebek Agar Cepat Besar. Dalam hal beternak bebek atau itik, mungkin tidak mungkin akan menemukan masalah baru. Kendala dalam beternak Bebek bisa anda simak untuk mengetahui jawabannya. Demikian artikel yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Friday 01st, November 2019 / 12:51 Oleh :
Kategori : Bebek