Sponsors Link

9 Ciri-Ciri Panda yang Dapat Diketahui Secara Fisik dan Sifat

Hewan Panda besar

Panda adalah salah satu jenis hewan yang dikatakan tidak jinak tetapi dilindungi. Binatang ini mempunyai bulu tebal dan lembut, berkaki empat dengan corak warna hitam dan putih. Panda sangatlah lucu dan menggemaskan, tetapi tidak sembarang orang bisa memeliharanya. Sekalipun terlihat di depan mata pastinya selalu dalam pantauan meskipun sudah di jinakkan lantaran panda bisa menyerang manusia pula. Secara umum panda adalah seekor mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, yang pastinya anda sudah tidak asing lagi. Jangan lupa baca cara ternak hamster panda.

Panda adalah hewan asli Tiongkok yang mayoritas akan tinggal di kawasan pegunungan, seperti misalnya di Sichuan dan Tibet. Sedangkan di Tiongkok sendiri panda sudah sangat populer dengan sebutan huāxióng. Lalu apa saja Ciri-Ciri Panda?

Sebagai salah satu hewan, pastinya ada ciri yang harus anda pahami dari hewan yang berwajah imut namun terkadang mematikan tersebut. Berikut ini akan disampaikan mengenai karakteristiknya.

1. Postur Tubuh

Salah satu ciri fisik yang utama adalah mengenai besar tubuh dari si panda, bahwa hewan ini mempunyai ukuran tubuh yang relatif besar. Sedangkan untuk beratnya, panda yang sudah berumur dewasa bisa mencapai 110 kg hingga 250 kg dengan tinggi hingga 1,8 meter. Jangan lupa juga mengetahui ciri-ciri beruang kutub.

2. Corak Bulu

Warna pada bulunya menjadi ciri khas pada hewan Panda berikutnya yang disebutkan. Dikategorikan sebagai beruang, warna bulunya cenderung kehitaman, coklat dan putih. Itulah sebabnya mengapa panda terlihat sangat unik dan menarik sekali.

3. Gaya Berjalan

Selanjutnya adalah cara berjalannya, panda mempunyai bentuk kaki plantigrade. Seluruh kaki panda mulai jari kaki hingga tumit yakni menyentuh tanah saat berjalan. Akan tetapi banyak yang mengira hewan lucu satu ini terjatuh lantaran mempunyai tubuh yang besar dan gemuk. Padahal panda mempunyai tulang yang sangat kuat dan besar sehingga ukuran badan bukanlah penyebabnya. Jangan lupa baca mengenai jenis gajah di Dunia.

4. Bentuk Wajah

Anda bisa mengenali ciri khas yang dimiliki oleh Panda dari bentuk wajahnya, yakni memang sangatlah lucu dan menggemaskan. Inilah sebabnya banyak orang-orang khususnya anak kecil yang menyukai panda meskipun hanya lewat dalam televisi atau gambar dan banyaklah yang mulai menciptakan mainan seperti boneka dengan karakter panda.

5. Suara

Ciri ciri hewan panda jga bisa di dengar dari suaranya. Tidak seperti beruang yang mempunyai suara sangat garang dan menyeramkan, hewan lucu satu ini memiliki suara yang lebih menarik. Kendati ukuran badannya yang cenderung besar gagah, tahukah anda bahwa suaranya panda cukup kecil tidak sebanding dengan badannya. Uniknya lagi si panda bisa mengembik selayaknya kambing. Bahkan terkadang panda juga mengeluarkan suara layaknya klakson guna berkomunikasi dengan panda lain. Perluas wawasan dengan mengetahui daftar hewan yang ada di film The Lion King.

6. Perilaku

Bagaimana dengan perilakunya? Ya, perilaku panda yang unik juga merupakan salah satu ciri ciri yang harus anda ketahui. Perilaku panda berbeda dengan jenis beruang lain yang aktif dan lebih senang berlarian kesana kemari. Hewan yang satu ini lebih suka bermalas malasan dan tidak se-aktif beruang.

Dalam hal yang lebih konyol, panda bahkan bisa menghabiskan waktu 10 jam hanya untuk tidur. Oleh sebab inilah binatang yang satu ini hanya mengeluarkan 38% energi. Ia pun bisa cepat merasa kelelahan lantaran asupan makanan yang kurang bergizi. Jadi, wajar saja jika hewan ini menjadi pemalas dan lebih sering dikenal dengan hewan pemalas.

7. Hewan yang Soliter

Merupakan hewan yang soliter, adalah Ciri-Ciri Panda. Soliter dalam kata lain adalah menyendiri, karena panda tergolong sebagai hewan yang suka menyendiri. Akan tetapi seorang ilmuwan masih belum menemukan alasan pasti mengapa hewan yang satu ini lebih suka menyendiri.

Jika anda melihat panda yang bergerombol, itu karena mereka memang suka berkumpul pada saat musim kawin saja. Usai musim kawin lepas, sang pejantan akan pergi ke hutan yang luas dan kembali menghabiskan waktunya sendiri. Ketahui juga tentang perbedaan singa dan harimau.

8. Tidak Bisa Berdiri Tegak

Ada hal yang lebih unik dari si panda ini, yaitu ia tidak bisa berdiri tegak. Lihatlah, rata-rata sang panda selalu berjalan sedikit membungkuk atau bahkan merangkak. Bukan karena mereka malas, namun karena kaki belakangnya sangat pendek sehingga tidak cukup kuat untuk menopang tubuh mereka.

9. Memiliki Bulu yang Panjang

Memiliki bulu yang sangat panjang juga menjadi bagian dari ciri ciri hewan panda dan fakta menarik selanjutnya. Sekilas, hewan yang satu ini memamg mempunyai bulu yang cantik, halus, dan lembut. Padahal, pada kenyataannya sebenarnya mereka memiliki bulu yang sangat lebat dan kasar bila disentuh. Bulu panda bisa tumbuh hingga mencapai panjang 10 cm. Inilah alasan mengapa panda sangat populer dan terkenal lucu sekali. Baca juga tentang ciri-ciri jalak kebo jantan masih muda.

Nah, sudahkah anda menyimaknya? Serangkaian tentang karakteristik panda telah di jabarkan menjadi 9 poin. Demikian yang telah disampaikan tentang Ciri-Ciri Panda yang bisa diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membaca artikel lainnya!

, , , ,
Post Date: Thursday 31st, October 2019 / 09:28 Oleh :
Kategori : Hewan Liar