Sponsors Link

Ciri-Ciri Beruang Kutub yang Perlu Diketahui

Beruang Kutub

Anda tahu, apa itu beruang? Ya, sebagian besar orang melihat sebagai binatang buas berbulu indah tebal. Hal itu memang benar dilihat dari ciri fisiknya, dan beruang sendiri terdiri atas jenis yang lainnya yakni kutup. Nah, untuk beruang kutup ini mungkin sudah banyak yang mendengar namanya namun belum bisa membedakan dengan jenis beruang biasa. Ciri ciri beruang kutub dapat anda ketahui disini, yang akan disampaikan dengan beberapa poin.

Beruang kutup atau bahasa Inggrisnya polar bear dan mempunyai sebutan lain sebagai beruang es masih mempunyai nama ilmiah yakni maritimus yang merupakan mamalia besar dalam aturan marga keluarga biologi Ursidae. Dia tergolong spesies circumpolar yang terdapat di sekitar benua paling utara bumi, yakni meliputi benua Artik dan termasuk beruang paling karnivora di antara keluarga beruang lainnya. Beruang kutub kadang-kadang juga diklasifikasi sebagai mamalia laut, mengingat kuatnya dengan suhu dingin dan pegunungan es.

Sebagai ciri fisiknya, beruang kutup untuk si jantan memiliki berat antara 400 – 600 kilogram dan kadang-kadang dapat mencapai lebih dari 800 kg dengan tinggi mencapai lebih dari 2,5 meter. Sementara itu beruang kutub betina hanya separuh dari berat beruang jantan dengan berat antara 200 – 300 kg dan tinggi sekitar 2 meter. Beruang kutup ini mempunyai indra penciuman yang sangat tajam, bahkan mereka mampu mencium bau bangkai paus atau anjing laut dari jarak 20 mil. Kemampuan penciuman yang tajam juga dimiliki oleh Anjing Kampung, dimana Anda juga dapat meningkatkannya dengan cara melatih Anjing Kampung agar pintar berikut.

Hewan ini tergolong sebagai perenang handal lantaran mampu berenang hingga sejauh 60 mil tanpa henti. Mereka berenang dengan menggunakan tungkai depan dan belakang sebagai kemudinya. Kelenjar minyak yang ada pada kulitnya dapat meminyaki bulunya dengan baik sehingga tahan air dan membuat tubuhnya tetap kering selama berenang. Untuk dimusim panas pada bulan Mei – Juni di kutub utara, para beruang akan merontokkan bulunya secara alami untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Untuk jenis pakannya, beruang kutub memakan ikan dan anjing laut. Bisa dibilang bahwa beruang kutub merupakan hewan yang sabar dalam berburu, yakni menunggu si mangsa (anjing laut dan ikan tampak menyelam). Dibilang buas, beruang kutup sama halnya singa yang menjadi salah satu tokoh utama dalam daftar hewan yang ada di film The Lion King yakni bisa menerka manusia sekalipun dan tergolong pemakan daging.

Lalu apa saja Ciri-Ciri Beruang Kutup, bisa anda simak berikut ini.

Ciri-Ciri Beruang Kutub

1. Bulu Tebal

Ciri yang pertama beruang kutup adalah mempunyai bulu yang tebal, dan lebih tebal dari yang dimiliki beruang biasa. Berkaitan dengan bulu,bagi Anda yang menjadi salah satu pemelihara kucing harus mengerti tentang tips agar bulu kucing tidak rontok, sehingga tampilannya tetap cantik dan indah.

2. Badannya Besar

Tubuhnya sangat besar, gemuh dan bongsor sekali. Tubuhnya penuh dengan daging dan cukup keras, kelihatannya lembek namun kuat. Ukurannya sendiri kurang lebih sedikit lebih besar dibanding dengan sapi, akan tetapi kalau diberikan jenis pakan untuk penggemukan sapi sepertinya akan mengalami persamaan ukuran keduanya.

3. Bulunya Putih

Tubuhnya mempunyai bulu full putih bersih bagaikan susu. Warna ini jelas berbeda dengan beruang biasa, karena beruang kutup identik dengan es atau salju sehingga bulunya putih.

4. Hidup dengan Suhu 10 Derajat Celcius

Fakta lain mengenai beruang kutup, ciri yang lainnya adalah bahwa binatang ini mampu hidup dengan suhu rendah, bahkan hingga dibawah 10 derajat celcius. Cukup jarang hewan seperti ini untuk ditemukan, apalagi jenis ikan cupang yang bisa dipelihara atau jenis ikan louhan lokal saja tidak mampu bertahan lama dalam suhu dibawah 0 derajat.

5. Tidak Hibernasi

Beruang kutup tidak melakukan hibernasi dimusim dingin menjadi ciri-ciri berikutnya yang harus diketahui. Pada waktu musim dingin tiba, biasanya hewan – hewan seperti tupai, beruang grizzly, kelinci dan lain sebagainya akan melakukan tidur panjang atau lebih dikenal dengan nama hibernasi, namun tidak untuk beruang kutup. Mereka justru sebaliknya, yakni tidak hibernasi. Akan tetapi jika cuaca dingin sangat ekstrim biasanya beruang kutup akan memilih mencari tempat perlindungan.

6. Hewan Karnivora Besar di Bumi

Beruang kutup menjadi salah satu jenis hewan karnivora terbesar yang ada di bumi. Meskipun pada faktanya banyak hewan karnivora yang lainnya seperti singa, harimau, sampai dengan hyena. Jika belum tau perbedaan antara singa dan harimau, mungkin Anda dapat menyimak ulasan perbedaan singa dan harimau berikut. Atau mungkin ingin tau fakta hyena.

7. Telinga Kecil, Moncong Panjang dan Ekor Pendek

Ciri-Ciri Beruang Kutup yang lainnya adalah mempunyai fisik seperti telinga yang relatif kecil serta berbentuk melingkar. Selain itu, moncongnya cukup panjang namun ekornya cukup pendek.

8. Dimorfik

Dimorfik adalah sifat seksual beruang kutup di dalam ukurannya, yakni dimana sang jantan lebih besar.

9. Penciuman Tajam

Layaknya kucing, bahwa beruang kutup juga mempunyai penciuman yang cukup tajam. Bahkan beberapa lamanya, sebuah bangkai bisa dicium aromanya oleh beruang kutup. Bahkan penciumannya cukup baik, hingga 1.6 km dan untuk kedalaman 0.9 meter.

10. Kekuatan Berenang Lama

Beruang kutup mampu berenang di lautandan atau di kutub sampai 320 km dari darat dengan kecepatan 40 km/jam, cukup cepat. Anjing juga dapat berenang, akan tetapi tidak begitu jago layaknya beruang kutub, terlebih kalau tanda trauma anjing terhadap air sudah ditemukan, mendekat pada air aja tidak akan berani pasti.

11. Mampu Berdiri

Mampu berdiri di atas kaki belakangnya serta mampu untuk duduk tegak dengan keseimbangan yang mantap.

Itulah sebelas poin terkait ciri-ciri beruang kutub yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Monday 12th, August 2019 / 22:46 Oleh :
Kategori : Hewan Liar