Sponsors Link

7 Cara Melatih Anjing Kampung Agar Pintar

Anjing adalah hewan yang banyak dipelihara, dan macamnya sangat banyak dilihat dari jenisnya. Sedangkan secara umum penggambaran tentang hewan yang satu ini, anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala. Tepatnya yakni sejak 15.000 tahun yang lalu, yang mana hal ini berdasarkan bukti dari genetik yang berupa penemuan fosil serta tes DNA. Sedangkan untuk penelitian lain mengungkapkan bahwa sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama.

Seiring berjalannya waktu, anjing terus berkembang menjadi ratusan ras dengan berbagai macam variasi. Mulai dari warna rambut yang beraneka ragam seperti putih sampai hitam, merah, abu-abu hingga kecoklatan. Banyak yang menganggap bahwa warna rambut anjing abu-abu seperti warna biru. Karakter rambutnya pun beragam, bisa keriting, lurus, lembut atau kasar.

Anjing tergolong sebagai hewan yang cerdas, karena mudah sekali untuk dijinakkan dan dilatih. Seperti yang anda ketahui semuanya, dimana ada anjing yang begitu takluk dengan sang majikan. Hal ini tentu juga menilai dari segi perlakuan pemilik pada sang anjing, dan kebanyakan anjing cerdas karena sang majikan begitu sayang, tulus dan penuh perhatian padanya. Bicara mengenai anjing, bagaimana cara melatih anjing kampung agar pintar? Pastinya anda tahu dengan anjing kampung yang dimaksudkan. (Baca Juga: Anjing Menggonggong Malam Hari)

Berikut ini dapat anda simak mengenai beberapa teknik yang bisa Anda gunakan untuk melatih Anjing Kampung supaya bisa pintar dengan cepat yang bisa anda terapkan pada Anjing peliharaan Anda atau mungkin milik kerabat.

Cara Melatih Anjing Kampung Agar Pintar

1. Rutin Dalam Memberi Makan

Tips yang pertama untuk melatih anjing kampung anda agar pintar adalah dengan memberi makan secara rutin. Sepertinya ini bukan menjadi masalah, karena sudah menjadi spontanitas dalam memelihara anjing. Seperti yang anda ketahui, bahwa anjing kampung lebih terbiasa hidup pada alam bebas serta mendapatkan makanan dari hasil berburu alias tidak tentu. Nah, jika anda ternyata memelihara anjing kampung tersebut maka cobalah untuk melatih agar pintar. Tidak ada salahnya untuk berusaha menjadikan anjing kampung tersebut lebih baik, yakni dengan memberikan makan secara rutin. Maka, anjing secara sadar akan menghafal siapa yang rutin dan peduli terhadapnya. (Baca Juga: Tanda Anjing Setia)

2. Berikan Perhatian

Anjing kampung cenderung bebas dan liar, sehingga bicara soal perhatian pun tentu saja sangat kurang. Inilah yang membuat anjing kampung tidak cerdas, karena terbiasa sesukanya. Cobalah untuk memberikan perhatian, karena hal itu akan mampun menyentuh hatinya sehingga mudah dekat dengan anda dan perlahan takluk. Selain itu, perhatian anda akan membuat si anjing yakin bahwa anda adalah majikan yang memperhatikannya. Adapun yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan pujian, membelainya dengan penuh cinta.

3. Memberikan pelatihan

Apabila anjing telah merasakan sebuah kenyamanan yang telah didapatkan dari majikannya maka ia akan mudah meneruti apa yang diperintahkan oleh anda sebagai majikan. Jadi, memberikan pelatihan kepada anjing tidak ada salahnya di coba tetapi hal tersebut juga harus dilakukan secara bertahap jangan terburu-buru apalagi memarahinya atau memukulnya jika membuat kesalahan, karena bisa membuat anjing menjadi frustasi, bahkan hal yang terburuknya dapat menyerang dan mencelai majikannya hingga pergi. Belum lagi bahwa anjing bisa merasakan trauma jika anda terlalu keras padanya. (Baca Juga: Tanda Anjing Selesai Melahirkan)

4. Berikan Tempat

Meskipun sebagai anjing kampung yang liar dan bisa tidur di mana saja, namun jika anda memberikan ruang seperti memberi tempat untuknya maka si anjing akan menghormati anda. Anjing akan tunduk dan semakin mengenal anda sebagai majikannya.

5. Ajak Jalan-Jalan

Apabila telah benar-benar menjadi anjing yang baik, ajaklah anjing anda berjalan-jalan walaupun hanya sekedar mengelilingi desa atau komplek. Ini salah satu sentuhan yang anda berikan untuk anjing agar semakin percaya bahwa anda majikan terbaik. Setidaknya ini juga yang mampu merefresh si anjing agar tidak kaku dan berontak. Minimal mampu menekan emosinya karena sebagai anjing kampung harus adaptasi untuk melatih lebih tenang dan jinak. (Baca Juga: Tanda Anjing Trauma)

6. Memberi Makan Tambahan

Untuk teknik melatih Anjing Kampung agar cepat pinter berikutnya yakni dengan rutin memberi makan yang menjadi spontanitas. Akan tetapi disamping itu agar membuat anjing anda pintar maka berikan pakan tambahan yang bergizi, dan bila perlu anda bisa menambah beberapa asupan gizi yang lain agar si anjing semakin merasa nyaman. Apalagi anjing kampung adalah jenis yang tidak pemilih makanan, yakni sisa makanan atau tulang pun bisa dimakan. Tidak seperti kebanyakan anjing ras yang anda ketahui.

7. Merawat dengan Baik

Sebagai majikan yang baik pastinya akan memberikan perawatan terhadap anjing kampung. Agar tidak terlihat comel atau kotor, maka bersihkan badannya atau dengan memandikannya akan membantu mendekatkan anda dengannya. Selain bersih, merawat dengan memandikan anjing akan membuatnya terlihat lebih berarti. (Baca Juga: Tips Agar Anjing Tidak Menggonggong)

Dalam memelihara anjing memang harus totalitas, yakni benar-benar memberikan perawatan dan perhatian yang baik untuk membuatnya jinak dan pintar. Inilah cara melatih anjing kampung agar pintar, semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Post Date: Sunday 28th, July 2019 / 09:31 Oleh :
Kategori : Anjing