Sponsors Link

8 Tanda Anjing Selesai Melahirkan

Sponsors Link

Anjing, mungkin anda semua melihatnya setiap hari pada lingkungan sekitar. Ya, tentu saja karena anjing merupakan salah satu jenis hewan familiar yang mudah sekali di temui. Sama halnya kucing, anjing juga banyak peminatnya yang memelihara dengan baik. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang biasa sampai dengan yang berbulu tebal dan populer.

ads

Jika anda pecinta anjing, tentu tidak asing lagi membahas soal ini. Bahkan semua pecintanya akan melakukan yang terbaik untuk peliharaannya. Salah satu hal yang paling di nanti oleh anda jika mempunyai anjing adalah ketika hamil. Apalagi jika jenis anjing anda adalah yang populer dan mahal, tentunya generasi dari sang induk bakal menjanjikan sekali.

Mengapa di sebut menjanjikan? Karena anakan anjing tersebut bisa laku mahal di pasaran jika ada yang mengadopsi. Belum lagi mengingat bahwa binatang yang satu ini sangat lincah dan cukup cerdas untuk di latih. Tak sedikit anjing di jadikan sebagai sahabat atau teman dirumah yang siap membantu sang majikan. Diantaranya adalah mengikuti kemana arah sang majikan, membantu mengambilkan sesuatu yang di perintahkan majikan. (Baca Juga: Cara Menghitung Umur Anjing)

Nah, bicara mengenai karakteristik anjing memang cukup menarik. Akan semakin menarik jika anjing anda telah usai melahirkan, pastinya anakan anjing sangat lucu. Namun seperti apa tanda Anjing selesai melahirkan ?

Mungkin banyak yang mengetahui tanda-tanda anjing yang tengah hamil, namun tidak untuk mengerti seperti apa kondisi anjing yang barus saja melahirkan. Untuk mengetahui bagaimana beberapa tanda dari anjing yang baru telah melakukan lahiran tersebut bisa anda simak berikut ini:

Tanda Anjing Selesai Melahirkan

1. Badan Kurus

Kurus bukan selalu bahwa anjing tidak terawat atau kurang makan, namun kenali terlebih dahulu lebih rinci. Tanda bahwa anjing selesai melahirkan yakni mempunyai postur badan yang lebih kurus dibandingkan sebelum hamil. Kondisi ini adalah hal yang lumrah, karena hampir semua binatang atau hewan peliharaan mempunyai tanda seperti ini. (Baca Juga: Tanda Anjing Trauma)

2. Bergelambir

Tanda berikutnya yang akan muncul pada Anjing adalah bergelambir, dimana kondisi atau bentuk tubuhnya tidak sintal lagi sebelum hamil atau melahirkan. Anjing akan terlihat lebih kurus dengan kondisi gelambir, khususnya pada bagian payudaranya.

3. Kurang Bergairah

Dibandingkan dari anjing-anjing yang belum hamil, anjing yang baru saja selesai melahirkan akan mempunyai energi lebih sedikit alias lebih banyak lemas seperti tidak bertenaga. Untuk tanda Anjing yang telah melakukan lahiran ini akan menunjukkan kurangnya gairah. (Baca Juga: Alasan Berenang Baik Untuk Anjing)

4. Mata Sayu

Selain kurang gairah atau tenaga, anjing yang baru saja melahirkan mempunyai pandangan yang berbeda dari biasanya. Matanya akan cenderung sayu dan terlihat benar-benar lelah sekali. Namun hal ini lumrah saja, tidak ada yang perlu di khawatirkan.

5. Nafsu Makan Bertambah

Lantaran tenaga sudah habis untuk melahirkan anak-anaknya, sang induk akan mempunyai nafsu makan lebih besar dari pada sebelum melahirkan. Terutama adalah untuk minumnya, anjing akan lebih banyak memerlukan minum setelah melahirkan. Jadi anda harus menyediakan air yang bersih untuk minumnya agar senantiasa higinis mengingat anjing akan sering minum.

6. Payudara Besar

Sama halnya kucing yang mempunyai payudara besar usai melahirkan, anjing pun sama. Kondisi payudara sang anjing akan terlihat besar yang artinya berisi. Tentu saja, hal ini karena berguna untuk menyusui sang anak, dan akan mengecil kembali ketika sudah menginjak beberapa bulan. (Baca Juga: Tips Aman Membawa Anjing Bepergian)

Sponsors Link

7. Geraknya Kurang Lincah

Untuk tanda Anjing setelah melakukan lahiran lainnya adalah kurang lincah, yakni karena geraknya yang akan menurun. Gairah yang menurun menyebabkan sang indukan anjing juga mempunyai kelincahan menurun. Namun jangan khawatir, biasanya ini terjadi hanya beberapa minggu saja.

8. Kurang Responsif

Anjing yang baru saja selesai melahirkan akan menunjukkan dirinya yang kurang responsif. Hal ini sebagai tanda bahwa usianya yang kian menambah menjadikan rasa penasarannya juga semakin kurang dan akibat efek dari melahirkan membuatnya kurang responsif. (Baca Juga: Jenis Penyesuaian Diri Pada Anjing)

Delapan poin tersebut sebagai salah satu pengelompokan tanda anjing yang selesai melahirkan. Sebagai majikan atau pemilik, dengan melihat kejadian seperti ini sebaiknya anda benar-benar menjaga kesehatan sang anjing dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Memberikan Vitamin

Baik ketika hamil ataupun selesai melahirkan, anjing memerlukan asupan nutrisi cukup. Bisa anda berikan nutrisi dari makanan atau susu, dan tidak lupa menambah suplai vitamin yang bisa di beli pada petshop terdekat dirumah anda dengan harga yang terjangkau.

  • Berikan Tempat Tidur Nyaman

Selesai melahirkan, sebaiknya berikan tempat yang nyaman untuk istirahat sang anjing. Hal ini untuk membuat sang induk merasa nyaman dan tenang dalam dan selama menyusui anaknya. Sehingga anjing yang telah selesai melahirkan terlepas dari stres.

  • Berilah Susu

Sebagai salah satu upaya tambahan untuk memberikan nutrisi teratur, berikan susu pada sang anjing dua kali dalam sehari.

Demikianlah 8 tanda Anjing selesai melahirkan, semoga Anda dapat mengenalinya dengan mudah dan lebih paham terhadap Anjing.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Wednesday 29th, May 2019 / 21:35 Oleh :
Kategori : Anjing