Sponsors Link

8 Cara Menghitung Umur Anjing Secara Umum dan Mudah

Anjing adalah salah satu hewan yang sering di jumpai, alias familiar sekali. Bagi pecintanya semua, mempunyai anjing sama halnya memiliki seorang teman atau sahabat dimanapun berada. Oleh karena itu tak heran jika dari kalangan pecintanya selalu memberikan kasih sayang utuh untuk sang piaraan tersebut.

Kendati demikian tidak sedikit seseorang yang belum mengetahui usia pasti atau usia produktif sang anjing. Jadi, bagaimana cara menghitung umur Anjing tersebut bisa anda simak dari rangkaian tips berikut:

Cara Menghitung Umur Anjing

1. Pelajari Usia Anjing yang Sebenarnya

Untuk teknik yang pertama ini adalah dengan mempelajari usia anjing anda dalam tahun yang sebenarnya. Penting sekali untuk mengetahui umur biologis anjing yang sebenarnya guna menghitung umurnya. Hal tersebut juga bisa membantu anda dalam menentukan keputusan-keputusan tertentu selama hidup sang anjing tersebut. Keputusan itu umumnya harus didasarkan pada umur anjing, seperti kapan waktu yang tepat untuk memandulkan atau kapan waktu untuk mengubah pola makan dengan pola makan yang dewasa.

Dengan demikian anda juga akan dapat mengetahui umur anjing dengan mudah apabila memiliki riwayat anjing atau saat anda memeliharanya sejak dari anak anjing. Akan tetapi apabila anda tidak mempunyai informasi tersebut, masih banyak cara lain dalam menentukan umurnya. Kebanyakan cara-cara yang dijelaskan di bawah juga akan melibatkan pemeriksaan karakteristik fisik, termasuk kondisi gigi, ukuran tubuh anjing, kondisi mantel sampai dengan kondisi mata. (Baca Juga: Tanda Anjing Trauma)

2. Lakukan Pemeriksaan Gigi Anjing

Penting sekali untuk anda semua memeriksakan gigi anjing, hal ini guna mengetahui umur anjing. Dalam hal ini anda juga harus bisa menentukan tingkat gigi anjing tersebut. Untuk anak anjing biasanya mempunyai gigi susu yang lengkap saat berumur 8 minggu serta memiliki seluruh gigi permanen pada saat berumur 6 hingga 7 bulan. Mereka cenderung mulai memiliki gigi permanen seperti gigi yang terpanjang yang tumbuh sekitar umur 6 bulan.

Hal tersebut merupakan waktu yang paling mudah bagi anda dalam menentukan umur anak anjing secara akurat. Apabila anak anjing tersebut memiliki seluruh gigi permanen dengan kondisi yang putih dan bersih, maka anjing itu sudah berumur sekitar 1 1/2 hingga 2 tahun, tetapi mungkin juga berumur sekitar 1 tahunan. (Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Pada Anjing)

3. Lakukan Pemeriksaan Kondisi Gigi Anjing

Kebanyakan anjing yang berumur di antara 1 dan 2 tahun akan mulai mempunyai gigi dengan warna yang menguning pada bagian belakang. Dismping itu karang gigi akan segera bermunculan sesaat setelah ini terjadi. Gigi seri merupakan jenis gigi di sepanjang bagian depan mulut akan mulai berkembang di antara umur 3 dan 5 tahun lamanya.

Perkembangan gigi tersebut akan terus meningkat pada sang anjing seiring dengan bertambahnya umurnya. Karang gigi yang muncul secara signifikan dan bersamaan dengan munculnya penyakit gusi bisa anda lihat setelah anjing berumur 5 tahun. Gigi yang copot biasanya akan mempunyai arti bahwa anjing anda sudah menginjak dewasa.

Tingkat serta kondisi gigi anjing tersebut mampu membantu anda dan memudahkan dalam memperkirakan usia anjing dengan baik. Akan tetapi harus diingat bahwa terdapat banyak faktor lain selain umur yang dapat mempengaruhi kondisi anjing itu seperti keturunan, genetika, perilaku dalam mengunyah sampai dengan riwayat perawatan gigi. Namun melakukan pemeriksaan terhadap kondisi gigi anjing merupakan salah satu cara untuk melakukan perhitungan terhadap umur Anjing yang cukup penting. (Baca Juga: Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anjing)

4. Periksa Ukuran dan Pertumbuhan Anjing

Selain dari beberapa poin yang sudah di sebutkan, cara lain yang tak kalah penting untuk mengetahui umur anjing adalah dengan melakukan pemeriksaan ukuran dan pertumbuhan sang anjing. Apabila anjing terus-menerus tumbuh, maka anjing tersebut dikatakan berumur kurang dari 1 1/2 hingga 2 tahun, dan berapa besar pun ukurannya secara keseluruhan.

5. Periksa Otot Anjing

Melakukan pemeriksaan otot anjing adalah bagian untuk mengetahui umurnya. Jadi, periksa otot anjing anda dan untuk anjing muda biasanya memiliki otot yang lebih lantaran mereka biasanya memiliki tingkat aktivitas yang lebih tinggi. Namun sebaliknya, untuk anjing dewasa memiliki tubuh yang lebih kurus atau gemuk karena menurunnya aktivitas. (Baca Juga: Alasan Berenang Baik Untuk Anjing)

6. Perhatikan Ketika Aktif (Bergerak)

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan gerak gerik sang ajing. Dalam hal ini bukan karena bertujuan menjaga hal-hal yang tak diinginkan sepertimana jika anjing merusak semua yang ada di sekitar, bukan. Melainkan perhatian ini di lakukan untuk melihat bagaimana aktivitas sang anjing. Jika biasanya aktif namun belakangan terakhir sudah terlihat malas kemungkinan usia anjing memang sudah tua, dimana kekuatannya mulai menurun.

7. Periksa Mantel Anjing

Anjing yang masih muda biasanya memiliki mantel yang lembut dan dalam keadaan baik, sedangkan anjing yang sudah dewasa cenderung memiliki mantel yang lebih tebal dan lebih kasar serta cenderung lebih berminyak. Anjing yang telah dewasa biasanya memiliki uban atau gumpalan putih terutama di sekitar moncongya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Trauma Pada Anjing)

8. Periksa Mata Anjing

Anjing yang berusia masih muda cenderung memiliki mata yang cerah dan baik tanpa terdapat air mata atau kotoran, sedangkan untuk anjing dewasa akan memiliki mata yang suram atau buram.

Demikianlah cara menghitung umur Anjing yang bisa anda coba, selamat membaca.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 28th, May 2019 / 14:49 Oleh :
Kategori : Anjing