Sponsors Link

6 Cara Menangkap Jangkrik Mudah dan Sederhana

Bicara mengenai beberapa jenis hewan kecil, salah satunya yakni jangkrik. Tahukah anda dengan hewan yang satu ini? Dimana banyak ditemui pada area persawahan, maupun tempat-tempat bersemak lain. Ya, jangkrik merupakan salah satu jenis serangga yang berkerabat dekat dengan belalang. Suaranya yang nyaring tiap malam hampir menggoyahkan tidur masyarakat. Bukankah anda tentu pernah mendengarnya?

Jangkrik tidak menggigit, namun beberapa ada yang merasa takut, sebagian merasa geli dan sisanya merasa senang dalam arti suka berburu jangkrik. Banyak yang mencari jangkrik untuk di budidayakan, lantas apa pentingnya hewan kecil ini? Mungkin anda masih bingung dengan hal ini, mengapa beberapa seolah butuh dengan jangkrik.

Jangkrik dibutuhkan karena untuk pakan burung, sehingga tentu ada beberapa yang membutuhkannya. Tak sedikit mereka yang mengambil / mencari adalah para peternak yang sengaja membudidayakannya untuk akhirnya dijual. Hal ini layak untuk di perhitungkan, pasalnya keuntungan yang diperoleh cukup menjanjikan. Disinilah pentingnya jangkrik untuk beberapa orang, namun penting juga untuk dibudidayakan agar tidak punah. Setidaknya mencari untuk diternak menjadi banyak baru dijual, bukan hanya sekedar mencari dan menjualnya. (Baca Juga: Manfaat Jangkrik Untuk Burung Beo)

Untuk pakan burung, jangkrik memang mempunyai manfaat bagi kesehatan dan perkembangannya. Jangkrik mempunyai protein tinggi yang mampu menunjang pertumbuhan burung dan membuatnya cepat besar. Pastinya hal ini juga akan membuat burung milik anda bisa lebih cepat berkicau. Namun bagaimana cara menangkap Jangkrik, sementara yang dibayangkan oleh banyak orang tidaklah gampang akan hal itu.

Cara Menangkap Jangkrik

1. Menggunakan Koran

Tips yang pertama mengenai penangkapan jangkrik adalah dengan menggunakan korean. Caranya yakni campur gula pasir dan tepung roti dengan takaran yang sama. Kemudian campuran ini akan menjadi makanan untuk si jangkrik. Apabila anda ingin menangkap beberapa puluh ekor jangkrik, satu gelas gula dengan satu gelas tepung roti sudah lebih dari cukup. Sebagai catatan, jangan menggunakan tepung roti yang pedas atau memiliki rasa. Tepung roti tawar adalah yang terbaik untuk menangkap jangkrik, tambahan rasa dapat menghilangkan nafsu makannya. (Baca Juga: Manfaat Jangkrik Putih Untuk Pakan Burung)

2. Toples Besar

Untuk teknik menangkap Jangkrik berikutnya adalah dengan menggunakan toples besar. Pilihlah sebuah toples yang besar dengan penutupnya sekalian untuk menangkap jangkrik. Jangan lupa untuk memilih toples jenis kaca atau plastik bening. Kemudian lubangi tutup toples tersebut apabila anda ingin jangkrik tetap hidup dan baik-baik saja karena adanya lubang ventilasi udara. Taruhlah dalam keadaan tutup terbuka dan lihat keesokan harinya, kemudian jika anda tutuplah.

3. Dengan Botol Soda

Jika dengan yang lainnya adalah menggunakan botol soda ukuran 1,5 liter, yang mana potong bagian atas. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong garis lingkar botol agar bentuknya bagus dan tidak menggarit-nggarit. Pastikan pula bahwa anda memegang botol dengan erat agar pisau tidak tergelincir atau melukai anda. Silakan balik bagian atas dan letakkan di dalam botol.

Mulut botol harus mengarah pada dasar botol, lalu tutup botol harus telah dilepaskan. Untuk pinggirannya, gunakan lakban untuk menutup. Taburkanlah gula ke dasar botol melalui mulut botol dan lakukan hingga membentuk lapisan botol, kemudian letakkan dalam posisi tidur. (Baca Juga: Cara Memilih Bibit Jangkrik yang Baik)

4. Menggunakan Lakban

Letakkan satu strip lakban dengan area yang lengket menghadap ke atas dimana tempat anda melihat jangkrik berkeliaran atau berkumpul. Cara ini sangat baik dilakukan di dalam sebuah ruangan, hal ini karena kotoran, daun, dan hewan lain dapat menempel pada lakban jika diletakkan di luar ruangan.

5. Menggunakan Tabung Karton

Masukkanlah sedikit makanan jangkrik ke dalam tabung karton, dan gunakan tabung karton untuk tisu dapur atau tisu toilet pilih salah satu saja. Semakin panjang tabungnya, maka akan semakin banyak jangkrik yang dapat anda tangkap. Selanjutnya letakkan tabung karton di tempat jangkrik yang mungkin bersembunyi. Akan lebih baik lagi jika diletakkan di pojok ruangan. (Baca Juga: Penyebab Telur Jangkrik Tidak Dapat Menetas)

6. Dengan Menggunakan Sepotong Roti

Cara yang lainnya adalah dengan menggunakan roti, yang mana gunakan roti panjuang dan belah menjadi dua. Tips ini tidak akan berhasil jika anda menggunakan roti lembaran, jadi sebisa mungkin terapkan trik yang sudah disampaikan. Terlebih lagi gunakan sepotong roti yang belum dipotong. Untuk selanjutnya keruk kedua bagian dalam roti, gunakan sendok untuk melakukannya. Barulah roti diletakkan pada sebuah mangkuk dan campurkan dengan sebagian roti lainnya serta gula pasir.

Jika semua langkah sudah dilakukan, selanjutnya yakni dengan menyatukan kembali kedua bagian roti menggunakan karet gelang atau tusuk gigi. Bahkan anda juga bisa membungkus sambungannya dengan lakban atau pembungkus plastik yang bisa menyatukan. Lalu irislah bagian ujung rotinya, biarkan terbuka untuk jalan jangkrik. (Baca Juga: Manfaat Jangkrik Untuk Burung Jalak Suren)

Cukup mudah bukan? Itulah beberapa cara menangkap Jangkrik yang bisa anda coba terapkan sendiri untuk mendapatkan Jangkrik dengan mudah dan dalam jumlah banyak, entah itu untuk konsumsi hewan peliharaan Anda sendiri atau mungkin untuk memancing ikan. Semoga berhasil.

, , , ,
Post Date: Monday 29th, July 2019 / 16:18 Oleh :
Kategori : Jangkrik