Sponsors Link

8 Cara Membedakan Belut Jantan dan Betina

Banyak sekali hewan laut yang bisa diketahui, bahkan ular pun ada yang hidup di laut. Selain ikan, udang, lobster, dan beberapa lainnya salah satunya yakni belut. Ya, anda semua tentu tahu hewan yang satu ini, hidup di air dan mirip seperti ular. Sekilas memang seperti ular dilihat dari bentuknya yang panjang dan gesit. Namun salah besar jika sebagian dari anda masih menilai bahwa belut sejenis atau sekeluarga dengan ular.

Belut bisa dibilang juga sebagai ikan, karena halal untuk dimakan dan rasanya sangat gurih tidak jauh berbeda dengan ikan. Tetapi masih banyak yang merasa geli lantaran bentuk fisiknya. Padahal banyak sudah restoran atau rumah makan yang menyajikan hidangan dengan menu utama belut. Banyak model atau macam olahan rasa dari belut tersebut, baik di goreng biasa atau di olah dengan jenis masakan lainnya.

Dari sini mungkin anda sudah mengerti bahwa belut juga banyak diburu, dan tak heran apabila peternak menjual dengan harga yang relatif mahal. Sayangnya tidak semua orang bisa mengetahui apakah belut tersebut jantan atau betina. Oleh karena itu, tentang cara membedakan belut Jantan dan Betina bisa anda ketahui dari sini. Berikut bisa anda simak:

Cara Membedakan Belut Jantan dan Betina

1. Ukur Panjangnya

Untuk cara pembedaan antara belut jangan dan bentina yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengukuran. Kedua jenis kelamin ini mempunyai panjang yang berbeda, dan memang agak sulit jika harus mengukurnya. Caranya yakni dengan menggunakan pengukur ketika belut sudah mati (karena disembelih) agar lebih mudah. Ciri-cirinya akan ditemukan bahwa belut jantan mempunyai panjang 40 – 50 cm dan untuk belut betina biasanya hanya 20 – 30 cm. (Baca Juga: Syarat Wadah Untuk Pembenihan Ikan Belut)

2. Bandingkan Bagian Kepala

Langkah kedua untuk membedakan antara belut jantan dan betina yakni dengan membandingkan kepalanya. Adapun ciri-ciri yang harus anda ketahui adalah, belut jantan akan mempunyai bentuk kepala lebih tumpul. Sedangkan untuk belut betina akan mempunyai bentuk kepala lebih runcing. Dari sini mungkin tidak terlalu sulit untuk membedakan dibandingkan harus melakukan pengukuran.

3. Melihat dari Sisi Kelenjar

Lihatlah dari sisi kelenjar gonad atau kelenjar biak, dari sinilah anda bisa menyimpulkan jenis kelamin sang belut tersebut. Untuk belut jantan akan mempunyai kelenjar gonad atau kelenjar biak yang berbentuk pipih. Hal ini tentu berbeda dengan yang dimiliki betina, bahwa kelenjar gonad atau kelenjar biak yang menonjol. (Baca Juga: Jenis Belut yang Bisa Dimakan)

4. Pengenalan Warna Tubuh

Untuk cara membedakan berikutnya yakni dengan mengenali warnanya. Untuk warna, mungkin anda berfikir bahwa semua belut identik dengan warna hitam semua. Tidak, karena jika di amati dengan jeli ada beberapa belut yang warnanya kecoklatan dan hingga kehijauan. Nah, inilah salah satu dari perbandingan jantan dan betina. Untuk belut jantan akan mempunyai warna tubuh kecoklatan dan untuk warna yangs edikit hijau adalah belut betina.

5. Lihat Warna Sisi Perut

Selain warna tubuhnya yang berbeda, belut jantan dan betina juga tidak sama pada bagian perutnya. Dapat anda ketahui bahwa untuk warna perut belut jantan lebih kekuningan dan sementara itu untuk warna perut belut betina adalah kuning kepucatan. (Baca Juga: Cara Budidaya Belut Dalam Tong Tanpa Lumpur)

6. Bentuk Tengkuk

Masih banyak lagi perbedaan lain dari kelamin jantan atau betina seekor belut. Selanjutnya yakni bentuk tengkuknya, yang mana jika belut jantan akan mempunyai bentuk kepala atau tengkuk lebih besar. Bagaimana dengan si betina? Tentunya berbeda, karena betina lebih mempunyai tengkuk atau bentuk kepala lebih kecil dari si jantan.

7. Bentuk Tubuh

Poin selanjutnya dapat anda ketahui cara untuk membedakan manakan belut jantan dan betina yakni dengan melihat bentuk tubuhnya. Umumnya untuk belut jantan lebih besar, atau bisa dikatakan lebih gemuk. Sedangkan belut betina lebih panjang kecil dan terkesan ramping. (Baca Juga: Cara Ternak Belut di Kolam Terpal)

8. Kelincahannya

Bisa juga bahwa belut jantan akan lebih gesit (licin) dibandingkan dengan belut betina, sehingga tentunya bisa anda kenali dari sini perbedaan kelamin untuk keduanya. Akan tetapi dalam teknik satu ini, tidak bisa dijadikan andalan karena dalam beberapa kondisi belut betina bisa terlihat lebih gesit jika dibandingkan dengan Belut jantang.

Sepertinya memang spele, membedakan belut jantan dan betina. Faktanya tidak semua orang bisa melakukannya. Apalagi mengingat betapa gesit dan licin sekali si belut, sehingga di pastikan susah apabila anda melakukan pengukuran panjang hanya untuk mengetahui perbedaan jenis kelaminnya. Namun, hal ini tetap harus dipelajari sebagai wawasan untuk anda semua, khususnya bagi yang akan melakukan ternak belut. (Baca Juga: Budidaya Ikan Belut)

Beternak belut akan menjadi langkah menarik sebagai bisnis kecil dan simple. Apalagi kini banyak rumah makan sampai dengan restoran besar yang memerlukannya untuk menu sajian setiap hari. Tidak perlu khawatir, karena belut bukanlah ular dan halal untuk dimakan. Bahkan rasanya tidak jauh berbeda dengan semua ikan yang biasa anda temui. Itulah kedelapan poin dari cara membedakan Belut Jantan dan Betina. Selamat membaca!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 31st, July 2019 / 17:04 Oleh :
Kategori : Ikan