Sponsors Link

8 Tips Agar Anjing Tidak Menggonggong

Sponsors Link

Anjing merupakan salah satu mamalia yang banyak di jumpai, sebagian besar memang di pelihara rumahan atau instansi. Akan tetapi tidak sedikit pula anjing liar seperti yang ada di hutan. Bicara saja kesehariannya, anjing banyak di jumpai lantaran memang di pelihara. Sayangnya hewan yang satu ini kerap kali menggonggong ketika melihat orang asing atau hal lain. Nah, berikut ini ada Tips Agar Anjing Tidak Menggonggong bisa anda simak.

ads

Tips Agar Anjing Tidak Menggonggong

1. Jangan Berikan Barang atau Benda Pemicu

Salah satu tips terbaik untuk mencegah Anjing menggonggong yakni dengan menghentikan pemberian barang atau benda yang memicu anjing untuk menggonggong. Disebut juga sebagai gonggongan ini ‘mencari perhatian,’ gonggongan permintaan merupakan masalah yang cukup umum di kalangan para pemilik anjing semua, sudah biasa.

Langkah pertama untuk menghentikan kebiasaan tersebut yaitu dengan berhenti memberikan apa yang anjing anda inginkan, terlebih lagi setiap kali menggonggong. Memang bukan hal yang mudah, bahkan bisa saja proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, terutama jika anjing milik anda sudah banyak mendapatkan pujian lantaran gonggongannya. (Baca Juga: Cara Memilih Kalung Anjing yang Baik)

Seharusnya tugas anda juga harus memahami agar bisa membedakan antara gonggongan yang disebabkan karena kebutuhan untuk buang air (gonggongan ini memang perlu dilakukan) dan gonggongan yang disebabkan karena permintaan hal-hal kecil atau sekedar mencari perhatian saja, misalnya seperti keinginan untuk naik ke atas sofa atau mendapatkan lebih banyak yang di inginkan.

Anda jangan sampai tunduk pada gonggongannya, tidak peduli seberapa lama anjing tersebut menggonggong, usahakan tenang. Dengan memberikan barang atau benda yang anjing inginkan saat ia menggonggong, maka anda justru merusak kemajuan latihan yang sudah anda terapkan.

2. Abaikan Saat Anjing Menggonggong

Tips kedua melatih anjing agar tidak sering menggonggong adalah dengan mengacuhkan. Dalam hal ini bukan berarti anda harus bersikap tidak peduli. Namun seperti yang telah di sampaikan, bedakan antara gonggonggan ingin makan, minum, buang kotoran atau buang air kecil dengan gonggonggan yang hanya mencari perhatian. Ini yang sering terjadi, anjing menggonggong lantaran ingin di perhatikan lebih kepada sang pemilik. Menghukumnya akan percuma, yang ada justru anda akan menyakiti anjing. Nah, sebaiknya cobalah anda mengacuhkan jika anjing sering menggonggong. Karena dengan memarahinya maka menurut anjing, anda malah memberikan perhatian padanya. (Baca Juga: Cara Membuat Anjing Patuh Pada Majikannya)

3. Terapkan Pemberian Hadiah

Anjing memang hewan cerdas yang mudah di latih, ia mengerti akan bahasa sang majikan. Bahkan saat anda memberikan sesuatu yang spesial pun anjing tahu jika itu merupakan hadiah. Untuk itu tips yang ketiga agar anjing anda tidak menggonggong adalah dengan menerapkan pemberian hadiah. Berikanlah hadiah untuk sang anjing jika telah menunjukkan perilaku yang baik.

Pada saat anjing anda akhirnya berhenti menggonggong terus menerus, penting bagi anda untuk memujinya serta memberinya hadiah atas kemampuannya untuk berusaha tenang dan diam. Seiring berjalannya waktu nantinya anjing milik anda akan memahami bahwa bersikap tenang dan patuh akan membuatnya mendapatkan hasil yang lebih baik daripada ketika ia harus terus menerus mencari perhatian dengan cara menggonggong keras.

Tetapi di dalam tips kali ini sebaiknya anda menyediakan hadiah setiap kali anjing telah berhenti menggonggong. Hadiah harus diberikan sesegera mungkin setelah anjing menunjukkan perilaku tenang itu, agar mudah dan cepat mengerti apa yang anda mau. (Baca Juga: Cara Membuat Anjing Betah di Kandang)

 4. Alihkan Gonggongan Anjing

Masih banyak cara lain yang bisa di lakukan, seperti mencari tindakan atau perilaku yang dapat menggantikan perilaku anjing menggonggong. Salah satu cara terbaik untuk melatih hewan ini agar tidak lagi menunjukkan perilaku yang tidak baik yakni dengan mengajarkannya perilaku alternatif. Dengan begini, daripada merasa tertekan serta kesal karena anda tidak merespon keinginannya, maka anjing akan belajar bahwa jika ia menginginkan sesuatu, ia harus memintanya pada orang lain dengan cara yang lebih dapat diterima dan cara yang lebih baik.

Sponsors Link

Mungkin memang cara ini memakan waktu lama, mengajari perilaku alternatif dapat menjadi cara terbaik untuk mendorong anjing mampu menunjukkan perilaku yang lebih baik. Adapun contohnya, daripada membalas gonggongan anjing anda yang mencoba mengajak bermain, akan lebih baik ajari anjing untuk membawa mainannya pada anda dan meletakkannya di atas lantai jika ia ingin bermain bersama anda.

5. Berikan Daging Kesukaan

Ketika anjing menggonggong, abaikan terlebih dahulu dan jangan langsung di respon. Ketika telah diam, berikan anjing anda daging kesukaannya. Maka ia akan beralih pada makanan tersebut. (Baca Juga: Cara Mengatasi Anjing Epilepsi)

6. Sering Pertemukan dengan Orang yang di Anggap Asing

Seperti yang anda ketahui sendiri, anjing juga seringkali menggonggong ketika bertemu dengan orang yang dianggapnya asing. Baik itu teman anda yang jarang bertemu anda, tetangga atau orang lain. Cara yang terbaik adalah dengan melatihnya untuk sering bertemu dengan orang yang dianggap sang anjing asing. Dengan begitu ia akan terbiasa melihat lingkungan yang ada. Caranya adalah sering mengajak jalan-jalan dan sedikit menampik mulutnya saat mulai menggonggong.

7. Berikan Teman Baru

Berikanlah anjing teman baru, yakni seekor anjing pula. Awalnya mungkin memang sedikit bentrok, tetapi sekali lagi anjing adalah hewan cerdas yang mudah di latih. Maka perlahan anjing akan menerima keberadaan teman baru serta mengurangi kebiasaan menggonggong tidak jelas.

8. Terus Melakukan Latihan Ini

Jangan kasih kendor anjing anda, lakukan latihan seperti ini dengan rutin. Jangan kembali memberikan atau menunjukkan hal-hal yang mampu memicu anjing untuk menggonggong dan meminta perhatian. Teruskan latihan anda sampai dengan semua masalah terkait gonggongan permintaan atau pencari perhatian anjing telah terselesaikan. Pada akhirnya, anjing milik anda akan memahami bahwa ia harus menunggu dengan sabar apabila ingin bermain, makan, atau menerima belaian. (Baca Juga: Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong)

Itulah 8 tips agar Anjing tidak menggonggong yang dapat Anda terapkan sendiri pada hewan kesayangan supaya tidak mendapat teguran dari tetangga maupun orang lain yang merasa terganggu dengan kebisingannya. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 12th, February 2019 / 11:22 Oleh :
Kategori : Anjing