Sponsors Link

Cara Membuat Anjing Patuh Pada Majikannya Yang Efektif

Sponsors Link

Memiliki dan memelihara hewan peliharaan merupakan salah satu bentuk aktivitas hobi yang sekarang ini mulai banyak diikuti dan menjadi tren di masyarakat. Salah satu jenis hewan peliharaan yang populer tersebut adalah anjing. Dalam memiliki hewan peliharaan tentu membuat patuh anjing terhadap majikannya atau pemiliknya merupakan hal yang harus dilakukan namun terkadang cukup sulit. Berikut ini beberapa cara membuat anjing patuh pada majikannya yang dapat dilakukan dengan mudah dan mampu menghasilkan kondisi yang benar benar menjadikan anjing patuh pada majikannya dalam penjelasan dibawah ini.

ads
  1. Perhatikan waktu terbaik melatih anjing

Hal pertama yang perlu diperhatikan dan wajib untuk dipahami oleh setiap pemilik anjing yang ingin melatih anjingnya agar nurut dan memiliki sikap yang sopan terhadap majikannya adalah terkati waktu latihan terbaik. Waktu terbaik untuk melatih anjing adalah pada saat ia memasuki usia emasnya yakni antara 2 – 5 bulan dan 6 – 12 bulan. Pada masa 5 – 6 bulan merupakan masa praremaja yang sebaiknya tidak melakukan pelatihan pada anjing. Usia yang disebutkan tersebut merupakan waktu dimana anjing memiliki kondisi daya serap perintah hingga 90 %. (Baca juga : cara mengatasi anjing suka menggonggong)

  1. Selalu perhatikan anjing

Hal yang terpenting dalam proses atau cara membuat anjing patuh pada majikannya adalah dengan memastikan bahwa anjing selalu mendapatkan jatah makanan yang cukup dan terbiasa diberikan perhatikan serta kasih sayang. Dalam memberikan makanan, selalu buat anjing terbiasa untuk disiplin dengan waktu makannya mulai dari frekuensi makan hingga lamanya makan. (Baca juga : cara merawat golden retriever)

  1. Posisikan majikan sebagai pimpinan

Anjing terbiasa hidup berkelompok dan patuh pada pimpinan atau bosnya maka agar anjing dapat menjadi hewan peliharaan yang patuh dan sopan, sudah selayaknya majikan anjing bersikap sebagai seorang pemimpin. Hal ini dikarenakan meskipun anjing sudah berinteraksi dengan manusia namun instingnya untuk berkelompok dan mematuhi serta menghormati pemimpinnya tetap menjadi kebiasaan dari anjing. Memposisikan manjikan sebagai seorang pemimpin dapat diberikan melalui tindakan seperti berdiri atau duduk diatas posisi anjing, tidak makan bersama anjing, tidak tidur bersama anjing. (Baca juga : cara merawat rottwiler)

  1. Lakukan 3 pelatihan dasar anjing

Langkah selanjutnya yang juga merupakan cara membuat anjing patuh pada majikannya adalah dengan memberikan anjing 3 pelatihan dasar yang akan membantu menenangkan anjing dan menghindarinya dari reaksi yang terlalu aktif. 3 bentuk pelatihan dasar yang perlu diberikan kepada anjing tersebut diantaranya seperti :

  • Duduk atau stay, pelatihan dasar pertama adalah duduk dan stay yang merupakan jenis perintah paling mendasar bagi para pemilik anjing  untuk anjingnya. Dengan perintah ini maka anjing akan mudah untuk diajak patuh dan diam ketika reaktif atau terlalu aktif.  (Baca juga : cara membuat anjing agresif)
  • Come, pelatihan dasar ini merupakan usaha agar anjing paham ketika ia dipanggil oleh majikannya. Untuk dapat memahami perintah ini maka dapat dibantu dengan menstimulusnya terus untuk memahami perintah tersebut dan memberikan reward ketika memang mampu melakukannya.
  • Heel, jenis pelatihan dasar terakhir adalah heel yang merupakan perintah untuk tetap memastikan anjing berada dibelakang atau disamping majikannya. (Baca juga : tips memelihara anjing siberian husky

Itulah beberapa cara membuat anjing patuh pada majikannya yang dapat diperhatikan dengan baik terutama bagi pemilik anjing yang masih pemula dan belum memiliki banyak pengalaman dalam memelihara anjing.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 02nd, February 2019 / 13:06 Oleh :
Kategori : Anjing