Sponsors Link

7 Cara Agar Musang Mau Makan Sendiri

Sponsors Link

Mengadopsi seekor binatang sebagai hewan peliharaan saat ini memang telah banyak dilakukan oleh masyarakat. Mungkin anda sebagai salah satu orang yang sedang memelihara hewan dirumah. Apa saja hewan yang bisa di pelihara dirumah sangatlah banyak macamnya, selain kucing atau anjing dan kelinci, salah satu lainnya adalah musang. Malahan hewan yang satu ini bisa di bilang sudah favorit untuk di pelihara. Tentunya anda sendiri telah mengenal musang bukan? Jadi, tidak perlu di uraikan kembali seperti apa deskripsi hewan yang satu ini. Cukup kenali saja bagaimana cara agar Musang mau Makan sendiri seperti yang akan di sampaikan pada artikel ini.

ads

Bisa di bilang bahwa musang memang seringkali membuat pemilik merasa khawatir, bukan dari segi apa-apa melainkan dari persoalan makan. Karena cukup banyak musang yang mogok untuk makan sendiri, tetapi hal itu karena suatu alasan tentunya. Namun sebelum itu, yang perlu anda ketahui adalah pemberian makan untuk sang musang agar bisa tumbuh sehat dan kuat harus rutin di berikan dengan memperhatikan kandungan gizinya.

Musang yakni sebuah nama umum bagi sekelompok mamalia pemangsa ( karnivora) dari suku Viverridae. Hewan ini kebanyakan kebanyakan merupakan hewan malam atau nokturnal dan pemanjat yang baik. Nah, untuk yang paling dikenal dari berbagai jenisnya yakni musang luwak. (Baca Juga: Cara Merawat Musang Rase)

Musang luwak atau yang di sebut dengan Paradoxurus hermaphroditus adalah musang yang biasa hidup di dekat pemukiman, termasuk perkotaan, dan sering pula didapati memangsa ayam peliharaan pada waktu malam hari. Ada banyak jenis musang yang bisa anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cynogale Bennettii yakni musang air yang ada di Semenanjung Thai-Malaya, Sumatera, dan Kalimantan.
  • Viverricula Malaccensis Sin adalah musang rase Viverricula indica yang ada di Sumatra, Jawa dan Bali.
  • Paradoxurus hermaphroditus adalah musang luwak.
  • Arctogalidia trivirgata yakni musang akar.
  • Paguma larvata yakni merupakan jenis musang galing.
  • Arctictis binturong atau di kenal dengan musang binturung.
  • Prionodon linsang atau akrabnya di kenal linsang.
  • Viverra tangalunga adalah musang tenggalung di Semenanjung Malaya dan Kalimantan.

Berikut ini beberapa poin yang akan memberikan bahasan mengenai cara-cara yang dapat Anda terapkan untuk membuat musang mau makan sendiri. (Baca Juga: Cara Mengatasi Musang yang Tidak Mau Makan)

Cara Agar Musang Mau Makan Sendiri

1. Pemberian Multivitamin

Bukan hanya manusia saja, tetapi musang juga memerlukan asupan vitamin cukup untuk membantu pemulihan nafsu makannya. Baik untuk yang sebelumnya nafsu makan baik menjadi tidak baik atau yang sama sekali tidak mau makan sendiri.

2. Jagalah Kebersihan Wadah Makan Minum

Hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah menjaga kebersihan wadah makan dan minum sang musang. Kemungkinan musang tidak mau makan sendiri bisa jadi karena malas lantaran terlalu kotor wadahnya, sehingga memicu pada makanannya yang tidak segar lagi tentunya. (Baca Juga: Cara Melatih Musang Agar Nurut)

3. Berikan Stimulus

Terus berikan stimulus atau rangsangan positif pada sang musang, diantaranya seperti memberikan kasih sayang, sering mengelusnya hingga memberikan tempat tidur yang nyaman. Sehingga musang merasa aman dan mau menuruti sang majikan, termasuk menyuruhnya makan.

4. Bantulah Makan

Tips paling tepat sebagai suatu cara supaya Musang dapat Makan sendiri adalah dengan membantunya makan alias menyuapinya atau meloloh. Memang sedikit ribet, namun jika anda sudah serius memelihara tentu tak jadi masalah. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Pada Musang)

Sponsors Link

5. Pisang

Tips yang kelima ini adalah dengan buah pisang, bagaimana bisa? Tentu saja bisa karena musang merupakan jenis hewan omnivora, maka ia juga gemar sekali menyatap buah-buahan. Salah satu buah yang menjadi kegemaran musang yakni buah pisang. Teksturnya yang lembut pada pisang akan memudahkan musang untuk dicernah di lambungnya.

Untuk musang yang masih berumur 2 bulan, sebaiknya anda berikan makanan yang bertekstur lembut seperti pisang ini. Kandungan yang ada dalam pisang ternyata juga sangat bagus karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari musang itu sendiri.

6. Pepaya

Selain pisang, anda juga harus mengenal pepaya untuk musang. Layaknya pisang dengan tekstur yang lembut, pepaya yang sudah matang ternyata juga memiliki tekstur yang cukup lembut dengan rasa yang manis. Banyak musang yang menyukai buah pepaya sebagai pilihan buah-buahan yang kerap ia makan.

Dalam memberikan buah kepada musang, sebiknya berikan secara teratur yakni minimal 2 kali dalam seminggu guna memenuhi nutrisi yang diperlukan. Potong kecil-kecil buah pepaya lalu letakkan di dalam wadah agar musang bisa makan dengan leluasa. (Baca Juga: Cara Memberikan Minyak Ikan Untuk Musang)

7. Susu

Anda bisa memberikan susu sebagai salah satu menu yang bisa disajikan kepada sang musang. Tetapi sebaiknya pilih susu putih yang non laktosa untuk menghindari musang terserang sakit perut atau diare. Susu sangat berguna sekali untuk memenuhi nutrisi musang yang sedang tumbuh dan berkembang.

Selain itu dengan susu pula ia juga dapat membuat musang menjadi lebih aktif serta mencegah kepincangan pada musang. Khusus untuk bayi musang yang masih berumur 0-2 bulan, berikan susu ini setiap 4 jam sekali secara rutin dan teratur. (Baca Juga: Cara Merawat Musang di Musim Hujan)

Itulah 7 cara agar Musang mau Makan sendiri sehingga Anda bisa lebih mudah dalam melakukan perawatannya karena tugas mengurus musang setiap ekornya telah berkurang. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 04th, February 2019 / 16:48 Oleh :
Kategori : Musang