Sponsors Link

6 Makanan untuk Burung Ciblek Anakan

Hal yang paling penting apabila anda berniat memelihara burung ciblek, maka harus memelihara dari ia masih piyik. Yang pastinya burung ciblek anakan tersebut masih perlu bantuan anda untuk makan dan bertahan hidup. Baca juga mengenai : sayuran untuk burung ciblek

Sebenarnya burung ciblek yang sudah menginjak dewasa masih bisa kita rawat supaya menjadi jinak dan gacor. Akan tetapi tidak secepat rawatan yang dari anakan. Jika kalian sudah mendapatkan anakan burung ciblek tersebut dan sudah sesuai dengan kriteria, maka sekarang saatnya anda mencari tahu cara merawat dan jenis makanan burung ciblek anakan tersebut supaya bisa selamat sampai dewasa dan yang paling penting bisa gacor. Baca juga mengenai : tips memelihara ciblek lebih dari satu

Terkadang para breeder pemula sering mengeluhkan tentang cara cara merawat dan melatih burung ciblek sejak anakan. Padahal jika Kita lihat dari praktek lapangan, cara seperti ini justru sangatlah mudah. Yang terpenting itu Anda sabar dan fokus dengan perawatan yang diberikan. Baca juga mengenai : cara ternak burung ciblek

Ya, merawat anakan Ciblek itu tidak beda dengan merawat anakan burung lain. Asalkan sabar dan berusaha memberikan perawatan yang terbaik, niscaya anakan burung pun akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan keinginan Kita. Tapi perlu Anda ketahui, perawatan untuk anakan burung itu tidaklah sama dengan perawatan burung dewasa, jadi harus dibedakan. Baca juga mengenai : cara penangkaran ciblek kebun

Burung ciblek yang masih anakan memerlukan makanan yang diracik khusus. Anda bisa memberikan makan burung ciblek anakan dengan beras padi yang sudah di tumbuk sedikit halus. Setelah itu bisa di campur dengan kroto, atau jangkrik juga boleh dikonsumsikan.  Baca juga mengenai : cara budidaya burung ciblek kristal

Akan tetapi pilih jangkrik yang masih kecil dan ambil pada bagian perutnya saja. Cara yang paling penting jangan sampai telat kasih makan. Sebab burung yang masih piyik selalu merasa kelaparan dan masih perlu banyak asupan nutrisi untuk perkembangannya. Berikut jenis Makanan untuk Burung Ciblek Anakan.

1. Pakan yang lunak

Bagi anda yang memelihara burung Ciblek masih dalam anakan atau memang sedang menangkarkan burung ini, pakan yang banyak direkomendasikan berupa pakan lunak yang mudah ditelan dan dicerna.

Burung Ciblek piyik hasil penangkaran sudah bisa dipisah dari burung indukannya ketika sudah berumur 10 hari. Setelah usia ini, anda bisa meracik pakan lembutnya sendiri dan memberikannya pada anakan burung.

2. Dicampur dengan voer

Makanan burung Ciblek untuk pakan lunak ini didapat dengan cara mencampurkan voer dengan air hangat. Setelah itu lumatkan voer hingga menjadi bubur atau adonan halus. Anda bisa memberikan pakan ini dengan cara dilolohkan pada piyik yang lapar saat membuka mulutnya lebar lebar. Untuk frekuensi pemberian pakannya sendiri, anda bisa melakukan pelolohan 1 hingga 2 jam sekali agar perkembangan burung pesat.

Selang minggu berikutnya, secara bertahap anda bisa mengurangi frekuensi terhadap pelolohan menjadi lebih jarang. Saat piyik sudah mencapai usia muda, ada baiknya diperkenalkan dengan berbagai macam pakan yang baru seperti telur kroto dari semut rangrang.

3. Berikan dalam keadaan segar

Pastikan untuk memberikan makanan burung Ciblek anakan ini saat masih dalam keadaan segar. Pemberian tersebut bisa dilakukan dengan menempatkannya di wadah terpisah atau bisa juga dicampurkan dengan voer yang dilumatkan dalam air hangat tadi.

4. Memberikan bubur

Bubur lolohan anakan burung memiliki tekstur super halus tidak ngendap di tembolok. Cukup meloloh 3sd 4x sehari tergantung usia anakan burung ciblek. Komposisinya :

  • Jagung
  • Beras merah
  • Kacang hijau
  • Kacang merah
  • Kacang tanah
  • Madu, telor, dan vitamin

Cara Pakai :

Campurkan bubur dengan air hangat secukupnya kemudian aduk dan langsung sajikan ke burung ciblek anakan. Bisa melalui suntikan/spet atau pakai sendok kecil.

Manfaat :

  • Membuat burung umur 2 minggu lebih besar dari pada lolohan induknya.
  • Bulu tumbuh secara optimal.
  • Membuat burung cepat bongsor maksimal umur 1,5 bulan sudah bisa makan sendiri.

5. Cerelac

Cerelac adalah makanan bayi yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Cerelac mengandung energi sebesar 418 kilokalori, protein 9 gram, karbohidrat 68,9 gram, lemak 15,5 gram, kalsium 443,33 miligram, fosfor 357 miligram, dan zat besi 7,5 miligram.

Selain itu di dalam Cerelac juga terkandung vitamin A sebanyak 1036 IU, vitamin B1 0,8 miligram dan vitamin C 35 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Cerelac, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Gunakan bubur bayi cerelac ini sedikit  sedikit saja. Gunakan hanya sebagai campuran, tambahan atau penyedap adonan pakan lolohan baby ciblek anda. Caranya pun sangat mudah tinggal mencampurkan bubur cerelac ini misal 1 sendok kecil pada adonan pakan lolohan ciblek anda.

Karena sifat bubur bayi cerelac ini mengembang maka gunakan air panas dalam meyeduh pakan lolohan baby ciblek anda, kemudian aduk terus hingga merata, tungggu rada dingin dan tinggal berikan pada baby ciblek anda.

6. Perhatikan cara pemberian

  • Menggunakan campuran sayuran

Anda bisa membuat sendiri bubur dari campuran beberapa sayuran berikut ini :- Jagung manis (sebanyak 90% dari campuran), taoge, dan madu. – Bisa ditambah dengan batang daun kangkung dan vitamin lain seperti minyak ikan. Campur semua sayuran dengan cara diblender lalu disaring.

  • Menggunakan pur ayam pedaging

Pur ayam sebelumnya diayak terlebih dahulu supaya terambil tekstur yang lembut. Membuat ransum menggunakan pur ayam ini sebaiknya dicampur dengan bubur bayi, dan pastikan pur ayam benar benar masih bagus dan bersih.

  • Menggunakan dog food

Dog food yang biasa diberikan pada anjing ras ini juga bisa menjadi makanan alternatif untuk lolohan anak burung ciblek. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi diharapkan mampu membuat burung yang diternakkan menjadi lebih sehat.

Cara membuat bubur lolohan dengan dog food ini, yaitu dengan mencampur atau direndam terlebih dahulu di dalam sedikit air sampai dog food menjadi lembek, kemudian aduk sampai menjadi bubur.

  • Pelet ikan

Pelet ikan yang biasa diberikan pada ikan lele, ikan mas atau gurame ini bisa juga digunakan sebagai alternatif untuk lolohan anak burung ciblek , dengan cara merendam atau membasahi dengan air terlebih dahulu.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 12th, February 2019 / 07:48 Oleh :
Kategori : Burung