Sponsors Link

6 Jenis Sayuran untuk Burung Ciblek

Sponsors Link

Burung ciblek, saat ini sedang menjadi selebritis papan atas dijagat kicau mania di indonesia. Bahkan komunitas pecinta ciblek juga semakin merajalela, Burung ciblek yang sehat, gacor dan postur bagus adalah idaman semua ciblek mania. Baca juga mengenai : memelihara ciblek lebih dari satu

ads

Di hampir seluruh wilayah tanah air, lomba burung ciblek juga diadakan untuk menampung para ciblekmania yang ingin “menjajal” ciblek jagoannya. Tahukah anda bahwa ciblek adalah burung yang suka memakan sayuran. Baca juga mengenai : ternak burung ciblek

Untuk itu anda harus memberikan sayuran kepada ciblek anda agar cepat berkicau/ gacor. Tentu kita juga perlu mengetahui sebelumnya, manfaat dari masing masing buah buahan tersebut, untuk Ciblek kesayangan kita, sehingga pemberian buah bisa tepat dan benar sesuai dengan kondisi kesehatan dan birahi burung ciblek. Berikut Jenis Sayuran untuk Burung Ciblek. Baca juga mengenai : penangkaran ciblek kebun

1. Gambas / oyong

Sayur Untuk Ciblek yang pertama adalah Gabas atau Oyong ini adalah pakan tambahan untuk ciblek yang paling saya rekomendasikan apabila burung ciblek yang anda miliki yang awalnya gacor berubah menjadi macet bunyi / tidak serajin biasanya. Baca juga mengenai : budidaya burung ciblek kristal

Ini di karenakan di dalam 100 gram gabas terdapat 1,09gr Protein, 1,6 mg zat besi dan juga terdapat vitamin a dan C yang cukup bermanfaat untuk burung ciblek agar rajin berkicau. Baca juga mengenai : ternak burung jalak kapas

2. Jagung muda

Sayuran yang ke 2 adalah Jagung Muda, apabila burung ciblek yang anda miliki memiliki masalah dengan bulunya misalnya bulu tampak kusam anda bisa mencoba memberikan jagung muda kepada burung ciblek / burung paruh bengkok lain untuk memberikan jagung muda pada ciblek anda bisa memberikannya dengan mengantungkan jagung muda tersebut di dalam kandang burung ciblek.

3. Mentimun atau Ketimun

Jika pada manusia, mentimun sering dijadikan lalapan sebagai teman bakar bakaran yang bermanfaat untuk mengurangi efek negatif dari makanan yang dibakar. Mentimun memang sangat banyak mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan untuk mencegah radikal bebas yang bisa meracuni tubuh.
Mentimun / ketimun / timun (Cucumis sativus) adalah tanaman dari suku labu labuan atau Cucurbitaceace. Kandungan airnya cukup tinggi, sehingga banyak diberikan kepada ciblek saat cuaca terik. Mentimun juga sering diberikan kepada burung yang akan melakukan perjalanan jauh.

Manfaat lain dari mentimun adalah membantu mengurangi lemak pada burung yang mengalami obesitas, dan mengurangi birahi burung ciblek yang mengalami OB (over birahi). Pemberiannya dilakukan dengan memotong mentimun, lalu menggantungnya dalam sangkar menggunakan pengait buah. Di beberapa negara Asia, mentimun saat ini menjadi pakan favorit. Namun penyajiannya agak berbeda, yaitu hanya diambil biji bijinya, kemudian dikeringkan dan diberikan kepada burung.
4. Sayur Daun sawi

Daun sawi termasuk sayuran hijau yang sering diberikan kepada burung pemakan biji bijian sebagai pakan tambahan yang penuh manfaat. Sawi kaya antioksidan flavonoid, indoles, sulforaphane, karoten, lutein, dan zeaxanthin. Daun sawi segar juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin A.

Sponsors Link

Sawi sangat baik diberikan kepada burung pemakan biji bijian seperti ciblek, finch, dan paruh bengkok, karena sebagian besar kandungan nutrisinya bermanfaat untuk pencernaan burung, termasuk memudahkan burung saat buang kotoran.

5. Wortel

Ternyata tidak cuma kelinci yang membutuhkan wortel, burung kicau juga sangat bagus jika diberikan pakan tambahan berupa wortel ini. Secara umum wortel sudah lama dikenal luas sebagai sumber vitamin A yang sangat bagus bagi penglihatan sehingga orang tua sangat menganjurkan anak anaknya untuk memakan wortel untuk menjaga kesehatan matanya.

Wortel termasuk jenis sayuran yang umum, murah, mudah didapat, serta memiliki banyak manfaat. Wortel bisa diberikan kepada semua jenis burung pemakan biji bijian dengan cara bervariasi. Pemberian wortel pada burung kicauan juga bisa membantu menghasilkan pigmen warna, terutama untuk burung dari jenis ciblek merah.

ads

Sebab wortel memiliki karotein yang sangat dibutuhkan untuk itu. Cara penyajian wortel biasanya dilakukan dengan memarutnya. Sebaiknya direbus terlebih dahulu, kemudian diparut dan diberikan kepada burung.

6. Cabai merah

Mendengar kata cabe merah yang terbayang mungkin makanan berupa sambal, tetapi ternyata burung kicau juga menyukai cabai merah. Apakah burung bisa kepedasan jika memakan cabe merah atau jenis cabe lainnya? Ternyata burung tidak memiliki indera perasa pada lidahnya dan dijamin tidak akan bisa merasakan pedasnya cabai.

Cabai merah sangat bermanfaat untuk burung peliharan. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, cabai merah juga mempunyai kandungan zat warna merah atau karotein sebagaimana wortel. Cabai merah bisa disajikan dengan beragam cara.

Misalnya diberikan hanya bagian kulitnya saja, sedangkan bijinya dibuang atau boleh juga diberikan dalam bentuk utuh. Burung tidak mempunyai reseptor rasa, sehingga mereka tidak merasakan panas atau pedas dari cabai.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral burung, sebaiknya burung ciblek memang diberi sayur sayuran. Sayuran lain yang dapat kita berikan antara lain tauge, kacang panjang, daun kangkung, umbi, daun bayam, daun selada, seledri, dan umbi lobak.

Sayuran diberikan harus dicuci dan dalam keadaan segar. Apabila kita ingin burung ciblek memakan habis pakan ini paling tidak sedikit yang terbuang, sayuran yang diberikan harus dipotong potong halus. Dalam keadaan seperti ini burung ciblek lebih mudah memakannya tanpa bersusah payah mematuk matuk terlebih dahulu.

Sebaiknya sayuran tidak terlalu lama berada di dalam wadah pakan sebab dapat rusak karena busuk dan berjamur. Sayuran yang telah rusak akan menimbulkan bau yang tidak enak dan mengundang lalat. Burung ciblek memakan sayuran setelah dicampur dengan makanan lain.

Pemberian sayuran dalam makanan burung dapat berguna untuk mencegah pembentukan asam urat yang berlebihan, sebagai akibat seringnya mengonsumsi biji bijian. Walaupun demikian, tidak selamanya burung ciblek mau memakan sayuran yang kita berikan. Menjelang bertelur burung akan lebih lahap mengkonsumsi sayuran dibandingkan waktu waktu lainnya.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, jangan lupa berikan makanan yang bergizi pada burung ciblek agar senantiasa sehat dan gacor. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan sobat dan dapat menjadi panduan perawatan burung ciblek anda sehari hari. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat pembaca, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 12th, February 2019 / 07:24 Oleh :
Kategori : Burung