Sponsors Link

6 Jenis Ikan Cupang yang Bisa Dipelihara

Sponsors Link

Ikan cupang atau (Betta sp.) lebih dikenal sebagai ikan petarung, agresif dan suka menyerang. Beberapa jenis ikan cupang mempunyai warna tubuh yang cukup cantik, bentuk siripnya lumayan indah, gerakannya tenang dan berwibawa. Ikan cupang banyak dipelihara sebagai ikan hias dan ikan aduan yang sudah tidak asing lagi. Jenis ikan ini memang sudah populer di kalangan pecinta ikan. Habitat asli dari ikan cupang tersebar yakni di wilayah Asia Tenggara, meliputi Thailand, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Brunei dan termasuknya Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan pada sebuah rawa-rawa, danau, lubuk, sawah, dan selokan yang menggenang.

ads

Mayoritas pecinta mengenal jenis ikan cupang dengan berbagai sebutan nama indah, seperti bulan sepotong (halfmoon), serit (crown tail), laga (plakat), cagak (double tail), dan berbagai variasi silangannya yang telah tersebar. Untuk penamaannya ini telah ditentukan dari bentuknya, dimana salah satu contohnya yakni halfmoon yang memiliki sirip yang membentuk setengah lingkaran, serit memiliki sirip yang bergerigi runcing seperti sisir. Akan tetapi tahukah anda bahwa jenis Ikan Cupang yang bisa dipelihara lebih dari yang disebutkan?

Dalam klasifikasi ilmiah sendiri ikan cupang tergolong dalam keluarga Osphronemidae, genus Betta, spesies Betta sp. Menurut Fish Identification, dan sampai saat ini sudah diketahui atas b73 spesies ikan cupang yang terdapat di alam. Spesies-spesies tersebut dikelompokkan ke dalam jenis yang kompleks. Pengelompokkan ini dibuat guna untuk sebuah konservasi yang nantinya akan memberikan dampak kemudahan budidaya serta persilangan. Antar spesies ikan cupang dalam satu kompleks biasanya dapat disilangkan. Splendens complex terdiri dari lima spesies, diantaranya mulai dari Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina, Betta imbellis, dan Betta splendens itu sendiri. (Baca Juga: Cara Memilih Indukan Cupang yang Siap Kawin)

Sedangkan pemasarannya sendiri, ikan cupang banyak dijual yang berasal dari kelompok splendens complex. Bagi anda yang sangat menyukai ikan untuk hiasan kolam di taman atau dalam sebuah aquarium, maka berikut bisa anda simak beberapa jenis Ikan Cupang menarik yang dapat Anda pelihara.

Jenis Ikan Cupang yang Bisa Dipelihara

1. Halfmoon

Halfmoon atau dikenal juga dengan bulan sepotong adalah salah satu jenis cupang dan bisa dipelihara. Ikan ini membawa bentuk cantik dengan sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Apabila dilihat dari samping, sirip ikan halfmoon ini berbentuk seperti bulan sebelah.

Ikan cupang halfmoon banyak dipelihara karena keindahannya. Jenis ini mempunyai varian warna yang beragam mulai dari corak merah menyala, warna kuning, dan varian warna lainnya. (Baca Juga: Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus)

2. Crown Tail

Selanjutnya adalah cupang serit atau Crown Tail yang dilahirkan oleh para breederdari daerah Slipi, Jakarta. Cupang serit ini menjadi sangat populer dan mendunia karena variasi keindahannya. Di sebut dengan crown tail atau ekor mahkota, hal itu karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang crown tail ini memiliki banyak varian. Ada yang seritnya tunggal, yakni dimana dalam setiap serit hanya akan terdapat satu tulang sirip, namun ada pula yang berserit ganda. Keindahan ikan cupang serit ini memang sudah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

Sponsors Link

3. Plakat (Petarung)

Untuk kata Plakat ini sendiri berasal dari istilah Thailand yang memiliki arti kurang lebih “Tarung” atau “Petarung”. Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang yang satu ini biasa digunakan sebagai cupang aduan. Thailand memang mempunyai sebuah tradisi adu cupang yang sudah melegenda. Sirip serta ekor cupang plakat umumnya memang cukup pendek tidak menjumbai seperti serit dan halfmoon. Karena pendek, sirip tersebut justru akan memberikan kesan kokoh dan kekar. Akan tetapi gerakan ikan cupang plakat tidak terlalu anggun tetapi terlihat lebih sangar. (Baca Juga: Panduan Budidaya Cupang Hias)

4. Dauble Tail (Cagak)

Masih banyak jenis yang lainnya seperti yang satu ini yaitu Dauble Tail atau cagak. Disebut dengan double tail karena bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua yang sangat unik. Jenis ikan cupang double tail tergolong sulit dibudidayakan, sehingga wajar jika harganya sedikit lebih mahal. Selain itu juga keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran.

5. Giant

Jenis Ikan Cupang yang dapat dipeliharan lainnya yakni Giant atau dikenal dengan cupang raksasa. Jenis ini telah berhasil dikembangkan breeder dari Thailand. Ukuran terbesarnya yaitu mencapai hingga 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Cupang raksasa ini merupakan hasil pengembangan dari cupang plakat, yang disilangkan dengan cupang lainnya. (Baca Juga: Budidaya Ikan Cupang Agar Cepat Besar)

6. Cupang Liar

Jenis yang keenam ini adalah cupang liar yang sebenarnya hanyalah julukan bagi ikan cupang yang hidup liar di alam bebas lantaran sebenarnya ikan cupang yang dibudidayakan saat ini juga merupakan awalan dari cupang liar. Ikan cupang ini bisa ditemui pada sebuah rawa, sawah, selokan, dan lainnya. Perlu anda ketahui bahwa yang menjadikan cupang liar ini unik adalah keasliannya. Artinya, cupang liar tersebut memang belum banyak disilangkan sehingga corak dan bentuknya masih alami.

Itulah beberapa jenis Ikan Cupang yang bisa dipelihara untuk menghias ruangan dan sebagai media hiburan Anda ketika memiliki waktu luang.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Tuesday 02nd, April 2019 / 13:41 Oleh :
Kategori : Ikan