Sponsors Link

8 Jenis Ikan Pembersih untuk AquaScape

Sponsors Link

Sudah menjadi rahasia umum jika hampir semua hobi memiliki resiko yang harus dialami suatu saat. Salah satu misalnya adalah memelihara kucing, mungkin suatu saat dia akan mendapati kucingnya sakit, sehingga ia pun harus mencarikan solusinya. Begitu juga pada kasus aquascape, masalah yang sering dihadapi oleh penghobi pada umumnya adalah munculnya alga dan lumut pada kayu, kaca akuarium atau tanaman air. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena kali ini akan di sampaikan informasi mengenai pembersih aquascape. Adapun jenis Ikan pembersih untuk AquaScape bisa anda temukan pada artikel ini.

ads

Guna mempunyai aquascape yang menarik dan bersih, tentunya anda sebagai pemilik atau penghobi harus pandai-pandai dalam memberikan perawatan terbaik, termasuk mencarikan cara untuk membersihkan dari bakteri, jamur atau kotoran yang lainnya. Dalam hal ini anda harus mengerti bahwa terdapat banyak jenis ikan yang khusus untuk membersihkan. Disebut dengan ikan pembersih lantaran suka dan memang pemakan jamur atau kotoran. Berikut ini bisa anda simak beberapa jenis yang bisa membersihkan AquaSpace.

Jenis Ikan Pembersih untuk AquaScape

1. Ikan CAE

Ikan CAE, atau di sebut juga dengan Chinese Algae Eater dan masih mempunyai nama lain yaitu Lemon Algae Eater. Hal itu karena ikan ini mempunyai corak warna kuning selayaknya jeruk lemon. Ikan CAE adalah jenis ikan pemangsa lumut dan termasuk dalam ikan herbivora atau pemakan tumbuhan. Sementara alam liar sendiri ikan ini biasa memakan lumut atau ganggang dan dapat hidup mencapai ukuran 28 cm. Ikan CAE hanya akan memakan lumut ketika masih kecil dan sangat efektif untuk membersihkan lumut. Ketika sudah besar ikan ini akan berhenti untuk memakan lumut dan anda harus pisahkan dengan ikan lain karena sering mengganggu ikan yang lainnya. (Baca Juga: Jenis Ikan Louhan Lokal)

2. Ikan SAE

Siamese Algae Eater atau disingkat SAE merupakan salah satu jenis ikan pembersih aquascape. Ikan ini dikenal cukup popular sebagai pemakan lumut dan sangat diminati untuk membersihkan lumut. Ikan SAE termasuk juga jenis ikan yang bersahabat dan dapat dicampur dengan ikan jenis lainnya, sehingga tidak membahayakan ikan lain.

Sebagai ikan omnivora, SAE bukan saja memakan lumut dan ganggang tetapi juga memakan cacing pipih yang mengganggu ekosistem di dalam akuarium. Anda juga bisa memberikan pakan ikan SAE berupa pellet atau cacing beku ketika lumut telah habis dimakannya.

3. Ikan Otocinclus Affins

Disebut juga dengan jenis ikan Oto, jenis ini termasuk sebagai ikan pemakan lumut yang banyak diburu para aquascaper, mengapa? Hal itu karena ukurannya yang cukup kecil. Ikan yang habitat aslinya dari perairan Brazil Tenggara ini termasuk jenis ikan kecil yang mempunyai tenaga cukup besar untuk membersihkan lumut. Bahkan selain itu ikan ini sangat cocok bila dicampur dengan ikan kecil sejenis tetra, cardinal, dan udang kecil. (Baca Juga: Cara Memilih Filter Akuarium yang Baik)

4. Ikan Corydoras

Masih banyak Jenis Ikan Pembersih untuk AquaScape yang bisa anda temukan disini, termasuk dengan jenis ikan corydoras. Bukan saja berguna untuk membersihkan lumut, tetapi kemampuan ikan ini juga bisa untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak habis dimakan ikan lainnya.

Selain berguna sebagai ikan pemakan lumut, corydoras juga mempunyai bentuk serta warna yang pada dasarnya lebih indah. Beberapa jenis corydoras yang bisa anda temukan di Indonesia antara lain seperti corydoras panda, corydoras albino, corydoras sterbai dan corydoras pygmy.

5. Ikan Brushmouth

Ikan Brushmouth ini tergolong dalam jenis ikan pleco, yakni mempunyai nama latin Hypostemus Plecotomus. Ikan ini sangat efektif sekali untuk menghilangkan lumut ‘Green Spot’. Selaintergolong sebagai ikan pemakan lumut yang bertemperamen rendah, ikan ini juga mudah ditemukan di Indonesia. (Baca Juga: Jenis Makanan Alternatif Untuk Ikan Gabus)

Sponsors Link

6. Ikan Pleco

Pleco atau kepanjangan dari plecostomus adalah ikan pemakan alga atau algae eater yang paling ampuh dan masuk paling handal. Ikan pleco ini termasuk ikan sapu hias yang berfungsi sebagai salah satu pembersih akuarium maupun aquascape. Bahkan ikan pleco sangat terkenal keampuhannya dalam membasmi alga dalam aquascape secara cepat. Sayangnya terdapat satu kelemahan yang dimiliki yaitu ikan pleco bisa memakan tanaman aquascape, tentu saja hal itu menjadi ancaman bagi anda yang ingin membuat aquascape terlihat cantik dengan tanaman.

7. Ikan Molly

Selanjutnya adalah jenis ikan molly atau lebih kepada pembersihan getah kayu aquascape. Ikan molly ini dikenal sebagai jenis ikan hias yang mudah dipelihara, di Indonesia sendiri molly sangat pasaran sekali. Berdasarkan jenis makanan, ikan molly termasuk ke dalam jenis omnivora. Dia mau memakan segalanya termasuk alga, lumut atau ganggang di akuarium, dan bahkan apabila kayu aquascape Anda berlendir, maka molly akan cepat memangsanya. (Baca Juga: Tips Melakukan Kultur Jentik Untuk Pakan Ikan)

8. Ikan Platy

Sama halnya ikan molly, jenis ikan platy termasuk juga sebagai jenis hewan omnivora yang doyan makan apa saja termasuk tanin, alga atau lumut. Banyak peminat yang ingin memelihara ikan ini untuk di taruh dalam akuarium atau aquascape mereka.

Itulah 8 jenis Ikan pembersih untuk AquaScape yang bisa anda dapatkan untuk membuat aquascape milik anda cantik dan bersih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 31st, March 2019 / 09:51 Oleh :
Kategori : Ikan