Sponsors Link

Jenis Makanan Alternatif Untuk Ikan Gabus Untuk Budidaya

Sponsors Link

Ikan gabus secara definisi menurut wikipedia merupakan  sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah seperti bocek dari riau, aruan, atau haruan. Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan sehingga menjadikan ikan tersebut dibudidayakan demi memenuhi kebutuhan di masayarakat. Dalam proses pembudidayaan ikan gabus, pemilihan jenis makanan sangat penting dan perlu ada beberapa alternatif pilihan. Berikut beberapa jenis makanan alternatif ikan gabus yang dapat diberikan dalam proses budidayanya.

ads
  1. Keong sawah

Pakan alternatif pertama yang dapat dijadikan sebagai salah satu pakan ikan gabus berkualitas adalah keong sawah. Cara membuat pakan ikan gabus berbahan dasar keong sawah merupakan jenis pakan yang sebenarnya makanan utama dari ikan gabus. Keong sawah dapat digiling terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ikan gabus atau dijadikan pelet basah sebagai altenatif pakan yang palling terbaik. 

  1. Bekicot

Bekicot juga merupakan jenis makanan alternatif untuk ikan gabus. Bekicot dan keong sawah sebenarnya memiliki kemiripan dan memang sudah sering di jadikan pakan bagi ikan budidaya. Bekicot lebih banyak hidup di daratan dan lebih mudah ditemukan dibanding keong sawah yang banya hidup di air. Pengolahan bekicot sebelum diberikan kepada ikan gabus sama halnya dengan keong sawah yakni dengan menghaluskannya. (Baca juga : cara membedakan ikan gabus jantan dan betina)

  1. Ikan rucah

Ikan rucah menurut wikipedia merupakan jenis ikan kecil atau Ikan teri yang memiliki kandungan protein dan lemak yang relatif tinggi. Jenis ikan ini banyak digunakan sebagai pakan alternatif bagi ikan gabus. Ikan rucah memiliki nilai ekonomis yang rendah namun mengandung kalsium dan protein yang melimpah.  Ikan rucah dapat digiling untuk mendapatkan jenis ikan yang sesungihnya (Baca juga : cara budidaya ikan gabus)

  1. Nasi aking

Jenis makanan alternatif untuk ikan gabus selanjutnya adalah nasi aking dengan biaya yang gag jadi terlalu malam.  Nasi aking merupakan jenis nasi dari makanan sisa yang dijemur atau dibersihkan secara langsung lalu dikeringkan. Untuk dapat menggunakan nasi aking sebagai pakan ikan gabus maka caranya cukup rendam nasi aking yang kering dengan metabolisme di toko. Pemberian nasi aking biasanya dilakukan untuk mengurangi biaya operasional yang sudah terlalu tinggi. (Baca juga : budidaya ikan gabus secara alami)

  1. Udang

Pakan alternatif selanjutnya sebagai salah satu jenis pakan yang banyak dimanfaatkan sebagai pakan ikan. Bukan hanya ikan gabus, udang menjadi jenis pakan yang sering digunakan sebagai pakan alternatif untuk ikan gabus. Untuk dapat memberikan manfaat udang sebagai pakan alternatif dari ikan gabus maka cukup dengan mengilingnya hingga halus dan ditambahkan beberapa bahan pembuat pelet ikan. Udang tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pakan alternatif lain yang dijelaskan diatas. (Baca juga : cara budidaya ikan gabus dengan kolam terpal)

Itulah beberapa jenis makanan alternatif  untuk ikan gabus yang dapat digunakan baik sebagai pengganti makan utama maupun merupakan makan pelengkap bersamaan dengan makanan utama. Penggunaan makanan alternatif yang disebutkan diatas dapat dilakukan ketika memang dibutuhkan adanya jenis makanan lain bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan gabus yang dibudidayakan sehingga dapat dipanen dengan hasil yang maksimal.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 18th, March 2019 / 00:22 Oleh :
Kategori : Ikan