Sponsors Link

Cara Membedakan Ikan Gabus Jantan Dan Betina Dengan Mudah

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak dibudidayakan demi memenuhi kebutuhan di masyarakat yang cukup tinggi. Dalam proses budidaya ikan gabus ada salah satu langkah yang harus dilakukan dengan benar karena dapat memberikan pengaruh yang besar pada hasil dari budidaya tersebut yakni proses pemilihan ikan gabus jantan dan betina yang harus dibedakan agar terjadinya pembentukan bibit ikan baru. Berikut bebeapa cara membedakan ikan gabus jantan dan betina melalui penjelasan di bawah ini.

Perlunya Membedakan Jenis Kelamin Ikan Gabus

Dalam proses pembudidayaan ikan gabus, telur yang dihasilkan oleh ikan gabus betina merupakan hasil dari adanya proses bersama dengan ikan gabus jantan. Kondisi munculnya telur tersebut tidak dapat terjadi ketika ikan gabus yang digunakan sebagai indukan memiliki jenis kelamin sama. Itulah mengapa proses pemilihan jenis kelamin ikan gabus sangat penting dilakukan agar dapat mendapatkan hasil ternak yang maksimal. (Baca juga : budidaya ikan gabus secara alami)

Cara membedakan ikan gabus jantan dan betina

Seperti dalam penjelasan diatas, membedakan ikan gabus jantan dan betina sangat diperlukan demi proses pembudidayaan yang dapat berlangsung lancar. Ada beberapa hal yang dapat menjadi pembeda antara ikan gabus betina dan ikan gabus jantan diantaranya seperti :

  1. Bentuk kepala

Bentuk kepala menjadi bagian tubuh ikan gabus yang dapat memberikan perbedaan mana jantan dan mana betina. Bentuk kepala ikan gabus jantan berbentuk oval sedangkan bentuk kepala dari ikan gabus betina bulan. Kondisi bentuk kepala tersebut mungkin sulit diamati jika hanya sekilas dan tidak medetail. (Baca juga : budidaya ikan gabus di kolam terpal)

  1. Warna tubuh

Selain bentuk kepala, warna tubuh dari ikan gabus juga dapat memberikan petunjuk perbedaan antara jantan dan betina. Pada ikan gabus betina, memiliki warna tubuh yang terang sedangkan pada ikan gabus jantan warna tubuhnya lebih mengarah ke gelap. Untuk membantu membedakannya maka beri pencahayaan yang sama. (Baca juga : cara budidaya ikan gabus)

  1. Ada tidaknya telur

Perbedaan selanjutnya yang dapat menjadi pembeda antara ikan gabus jantan dan ikan gabus betina adalah ada tidaknya telur pada ikan. Telur pada ikan dapat keluar ketika bagian perut diurut. Keluarnya telur menujukan ikan tersebut adalah betina dan jantan jika kondisi yang terjadi sebaliknya atau tidak ada telur yang keluar. (Baca juga : ternak ikan gabus di kolam tanah)

  1. Perut ikan

Kondisi perut ikan juga merupakan salah satu hal yang dapat membedakan ikan gabus jantan dan ikan gabus betina. Ikan gabus betina memiliki bentuk perut yang lebih besar dibandingkan ikan gabus betina serta akan terasa lebih lembek berbeda dengan kondisi perut ikan gabus jantan. (Baca juga : cara membuat pakan ikan gabus)

  1. Lubang merah

Ada tidaknya lubang merah pada tubuh ikan gabus juga menentukan apakah ikan tersebut berkelamin jantan atau betina. Lubang merah pada ikan gabus jantan akan mengeluarkan cairan ketika lubang tersebut diurut. Cairan yang keluar dari lubang merah tersebut akan terlihat seperti benih sebagai cikal bakal dari telur di bulu tangkis Indonesia.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membedakan ikan gabus jantan dan betina yang perlu diketahui oleh setiap pecinta bus. Membedakan jenis kelamin pada ikan gabus sangat penting untuk dilakukan dengan baik dan benar.

, ,
Post Date: Friday 15th, March 2019 / 09:16 Oleh :
Kategori : Ikan