Sponsors Link

Budidaya Ikan Gabus Di kolam Terpal

Sponsors Link

Budidaya ikan gabus di kolam terpal akan sama dengan cara Budidaya Ikan Kutuk karena secara wujud dan panggilan kedua ikan ini sama akan tetapi sekarang akan kita bahas bagaimana cara budidayanya menggunakan media kolam terpal.

ads

Ikan gabus sendiri adalah salah satu ikan predator yang hidup di air tawar. ikan yang memiliki nama binomial Channa striata di setiap daerah memiliki nama dan panggilan tersendiri seperti di kawasan jawa barat atau suku sunda ikan ini di kenal dengan nama ikan bogo , atau di daerah banyumas ikan ini di kenal dengan nama licingan.

Ikan yang bisa tumbuh sampai panjang 1 meter ini memiliki ciri berkepala panjang dan gepeng hampir mirip dengan kepala seekor ular . Selain itu ikan ini memiliki sirip gelap di bagian atas tubuhnya dan berwarna lebih muda ke bawah.

Ikan gabus ini biasanya lebih sering hidup di daerah rawa-rawa , danau , sungai dan tidak sedikit juga di temukan di daerah pesawahan. Ikan gabus ini sangat sering di cari oleh banyak orang di karenakan banyaknya kandungan gizi dan protein di dalam ikan gabus ini dan juga berkhasiat untuk memelihara kesehatan dan juga beberapa manfaat lain seperti :

  1. Pembentukan Otot ,  Disini ikan gabus memiliki nilai protein yang sangat tinggi mengalahkan kandungan protein pada ikan lele dan ikan mas atau hampir setara dengan protein pada ikan bandeng. kandungan protein yang tinggi inilah yang akan membantu pembentukan otot pada tubuh kita.
  2. Mempercepat penyembuhan luka , Siapa di antara kita yang tidak ingin luka di tubuh kita cepat sembuh ?  kandungan protein albumin pada ikan ini tergolong tinggi dan bisa membantu mempercepat penyembuhan luka ataupun bahkan membantu masa pemulihan pasca operasi.
  3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh , Zat protein albumin pada ikan ini juga selain membantu mempercepat penyembuhan luka , memiliki fungsi lain yaitu untuk menjaga kestablan dan keseimbangan cairan dalam tubuh kita.
  4. Penyembuhan beberapa penyakit seperti hepatitis , infeksi paru-paru dll, hampir sama seperti uraian di atas , beberapa kandungan protein pada ikan ini juga bisa membantu untuk memulihkan beberapa penyakit yang membutuhkan nilai protein tinggi.
  5. Baik untuk pencernaan , Tekstur daging yang lembut membuat daging ikan ini lebih mudah di cerna dan juga di serap oleh tubuh. Selian itu juga kandungan protein kolagen pada ikan ini yang sangat rendah yang membuat ikan ini mudah di cerna oleh tubuh.
  6. Mengurangi pembengkakan , Kandungan protein albumin dalam ikan gabus ini di percaya juga mengurangi pembengkakan di beberapa bagian tubuh karena berbagai sebab.
  7. Membantu penyembuhan anak pengidap autis,  Dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa beberapa kandungan yang ada di ikan ini bisa uga untuk membantu dalam penyembuhan anak autis.
  8. Memperbaiki gizi buruk , Hampir sama seperti beberapa manfaat di atas , kebutuhan gizi tiap orang bisa terpenuhi dengan hanya cukup memakan sedikitnya 100gram ikan ini setiap hari.

Beberapa manfaat diatas menunjuan banyaknya kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada ikan gabus ini ,  selain banyaknya jumlah proteinnya berikut ada beberapa kandungan yang terdapat dalam ikan gabus menurut beberapa penelitian :

  • Kalori : 69    kalori
  • Protein : 25,2 gram
  • Lemak : 1,7 gram
  • Besi : 0,9 miligram
  • Kalsium : 62   miligram
  • Phospor : 76   miligram
  • Vit.A : 150  miligram
  • Vit.B : 0,04 miligram
  • Air : 69  gram

Banyaknya manfaat ikan bagus ini juga hampir sama dengan banyaknya manfaat beberapa jenis ikan lainnya seprti kerapu , lele dl yang membuat  Budidaya Ikan Gabus dan Budidaya Ikan Kerapu diminati banyak orang.

Meski menjadi ikan yang hidup di banyak tempat tidak sedikit juga orang yang Budidaya Ikan Gabus Di kolam Terpal ataupun media lainnya . Selain untuk melestarikan ikan gabus  , budidaya ikan gabus di kolam terpal juga memiliki fungsi untuk memenuhi pesanan yang memang banyak di pasaran saat ini. Berikut adalah cara Budidaya Ikan Gabus Di kolam Terpal :

1.Membuat Kolam Terpal

Dalam membuat kolam terpal untuk membudidayakan ikan gabus ini hampir sama langkahnya seperti Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal dan sebetulnya ada beberapa teknik dan cara sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing. Berikut setidaknya ada 3 cara membuat kolam terpal untuk budidaya ikan gabus di kolam terpal :

a. Kolam tanah

Kolam tanah ini adalah kolam yang paling sering di pakai oleh beberapa pengembang biak karena caranya yang tercukup mudah dan juga biaya pembuatan yang murah .dalam membuat kolam terpal . yaitu cukup menyediakan lahan dan terpal air akan tetapi untuk ukuran kolam nya bisa di sesuaikan kembali sesuai kebutuhan dan jumlah ikan gabus yang akan di kembangbiakan . Biasanya rata-rata ukuran kolam bisa kurang lebih 7×4 Meter dengan tinggi / kedalaman kurang lebih 2 – 2,5 meter.

b. Kolam Besi

selain itu buat kalian yang ingin Budidaya Ikan Gabus Di kolam Terpal dan terbatas akan lahan bisa juga membuat kolam terpal menggunakan kerangka besi baik itu kerangka paten ataupun kerangka yang menggunakan besi yang bisa lepas pasang. Untuk ukurannya sebetulnya bisa menyesuaikan kembali terhadap kebutuhan dan lokasi akan tetapi rekomendasi minimum adalah  4×6 dengan tinggi kurang lebih 1,2 – 1,5 meter. Apabila mengunakan kolam terpal dari besi , jangan lupa buat jalur pembuangan air di sudut bawah kolam.

c. Kolam Kayu

Caranya ini bisa di bilang perpaduan antara kolam besi dan kolam tanah akan tetapi disini menyiapkan kolamnya membutuhkan potongan kayu dengan tinggi yang sama dan jumlah bilah kayu yang banyak. Biasanya cara ini di gunakan para pengembang biak untuk mengembang biakan ikan gabus dengan berbagai umur ataupun bisa juga mengembang biakan beberapa jenis ikan dalam satu wilayah besar akan tetapi di potong-potong menadi beberapa tempat menggunakan kayu ini.

2. Pembelian Bibit / Benih Ikan Gabus

Tahap ini merupakan tahap pertama yang betul-betul harus di perhatikan karena bibit / benih ikan yang bagus akan menghasilan ikan gabus yang baik juga. Selain kualitas benih kita juga harus pandai-pandai tahu dan membedakan ikan gabus jantan dan betina agar ketika di kembang biakan akan lebih mudah. Cara membedakan ikan gabus jantan dan betina hampir sama mudahnya seperti mengetahui Perbedaan Ikan Lele Jantan dan Betina akan tetapi disini ada beberapa tips untuk mengetahuinya perbedaanya seperti :

  • Ikan gabus jantan memiliki kepala bebentuk hampir ouval dengan warna tubuh lebih gelap , dan memiliki warna genetial merah dan juga apabila di urut keluar cairan tidak berwarna / bening.
  • Ikan gabus betina biasanya memiliki kepala yang condong bulat dengan warna tubuh lebih terang dari jantan , dan juga ukuran perut yang lebih besar.

Setelah tahu perbedaanya selanjutnya kita beli bibit ikan gabus dengan perbandingan yang hampir mendekati sama antara jantan dan betina.

3. Penebaran Bibit

Setelah kita siap dengan kolamnya dan juga bibitnya selanjutnya kita masuk ke tahap penebaran bibit. Dalam penebaran bibit ikan gabus alangkah baiknya di dalam kolam nya terlebih dahulu dimasukan tanah dengan campuran kotoran hewan sampai ketinggian kurang lebih 20-30 cm dan kemudian berikan cairan atau larutan Biodicon DF setinggi kurang lebi 50-100 cm dan kemudian diamkan selama kurang lebih 5-7 hari sampai tumbuh plankton-plankton yang merupakan makanan alami dari ikan dengan tujuan membantu pengembang biakan bibit-bibit ikan gabus dalam tumbuh.

Setelah plankton tumbuh di kolam yang sudah kita siapkan tadi , baru lepaskan bibit ikan gabus kedalam kolam dan jangan beri makan lagi 2 hari kedepan , biarkan binih ikan memakan plankton-plankton yang sudah kita siapkan sebelumnya

4. Pemberian Pakan

Pemberian pakan juga menjadi salah satu faktor penunjang untuk menghasilkan ikan gabus yang berkualitas dengan jumlah yang banyak. Cara memberi makanya pun hampir sama seperti Cara Memelihara Ikan Patin akan tetapi sedikit berbeda . Berikut adalah beberapa tips dan langkah untuk memberi pakan ikan gabus.

  • Beri pakan ikan gabus secara rutin , pemberian makan secara rutin adalah faktor yang lebih harus di perhatikan karena pasalnya ikan gabus adalah ikan predator atau kanibal jadi apabila si ikan gabus kekurangan makanan akan memakan ikan yang lebih kecil darinya yang akan membuat jumlah gabus itu sendiri berkurang.
  • Memilih pakan dan komposisi pakan pun tak kalah penting dalam Budidaya Ikan Gabus Di kolam Terpal. Pemberian pakan pada ikan gabus biasanya dalam jumlah bibit 5000 cukup di beri pakan 1kg perharinya atau juga bisa 1/2 kg untuk 2500-3000 bibit. Dan komposisinya untuk pelet atau makanan ikan gabus lebih di anjurkan/disarankan memiliki kandungan  lemak 15% , protein 15% ,  karbohidrat 10% dan sisanya bisa campuran dari beberapa pakan seperti anakan rayap , ikan teri ,  ataupun ampas lainya .
  • Atau juga bisa dengan komposisi masing-masing sesuai kebutuhan dan  kemampuan peternak . asalkan beberapa kandungan nutrisi ada di setiap bahan pelet ikan

5. Cara Panen

Cara panen ikan gabus masih bisa tergolong sangan mudah dan mendasar karena hampir sama seperti Budidaya Ikan Gurame di Kolam Beton atau juga Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Tembok  . Cukup dengan memanen dengan cara berkelanjutan atau mengambil sesuai kebutuhan atau juga bisa mengambil ikan-ikan dewasa yang siap untuk di konsumsi. Ikan gabus ini memiliki daya tahan yang kuat sehingga dalam cara memanenya bisa secara  parsial atau sebagian-sebagian sesuai kebutuhan pasar.

Ikan gabus memang ikan yang tidak akan terlalu stress apabila di panen secara terus menerus tidak secara serentak. Ada beberapa tips untuk memanen ikan ini yaitu  selalu untuk mensortir ikan ikan gabus sesuai ukuran tubuh dan umur untuk  hasil yang maksimal dan juga memudahkan untuk menilai harga si ikan gabus itu sendiri

Selain informasi diatas, berikut ini terdapat panduan bagaimana melakukan budidaya ikan gabus dikolam terpal sedari benih.

Demikian adalah cara Budidaya Ikan Gabus Di kolam Terpal. hampir semua bisa melakukannya hanya disini butuh ketekunan dan juga keuletan dalam berternak ikan gabus ini. Selan di dalam terpal budidaya ikan gabus bisa di lakukan juga di kolam beton ataupun kolam tembok biasa.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 28th, October 2017 / 06:19 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Ikan