Sponsors Link

8 Cara Mengobati Bisul Pada Kucing Mudah dan Ampuh

Sponsors Link

Mempunyai kucing adalah dambaan bagi pecintanya, apalagi bisa memperhatikan seharian penuh. Sayangnya kesibukan setiap orang tentu berbeda, mungkin kerja atau sekolah. Sedangkan untuk mereka para ibu rumah tangga tentu sibuk dengan kesehariannya, dan tidak mungkin anak-anak yang belum sekolah yang menyukai kucing bisa merawat dengan benar. Masalahnya, kasus yang sering di hadapi oleh sebagian besar pemilik kucing adalah keluhan terkait piaraan mereka yang sakit.

ads

Derita sakit yang di alami hewan berkumis ini cukup banyak, mulai dari cacingan dengan jenis cacing pita, kudisan, jamuran atau scabies yakni kulit berkerak sampai dengan bisul. Semuanya itu hampir sering atau bahkan setiap hari di temui. Nah, bagi anda sendiri tentu amat menyedihkan apabila hewan kesayangan terserang sakit, seperti bisul yang umum terjadi. Bagaimana cara mengobati Bisul pada Kucing adalah pertanyaan yang tepat dan akan di jawab pada 8 poin berikut.

8 Cara Mengobati Bisul Pada Kucing

1. Membawa ke Dokter Hewan

Mungkin anda memang bisa menangani abses kecil dirumah, tetapi sebagian besar kasus yang terjadi pada dasarnya bisul atau abses harus mendapat penanganan dari dokter hewan. Karena dengan membawanya ke dokter maka anda bisa mengetahui hasil pemeriksaan yang di lakukan oleh dokter tersebut secara menyeluruh. (Baca Juga: Cara Mengatasi Suara Kucing yang Hilang)

Gejala yang di alami kucing yakni demam tinggi sebagai salah satu cara tubuhnya dalam melawan infeksi. Jadi bawalah kucing anda ke dokter hewan dan sampaikan semua keluhan yang anda khawatirkan. Beberapa info yang akan anda dapatkan jika membawa kucing ke dokter hewan yakni:

  • Apabila bisul terbuka dan mengeluarkan cairan, maka bisa di tangani tanpa obat bius.
  • Apabila abses tertutup maka kemungkinan kucing anda harus di bius karena abses harus di sayat atau bedah.

2. Pemberian Obat

Berikan kucing anda obat guna meringankan kondisi demam akibat bisul yang telah menyerang. Karena seperti yang sudah di sampaikan bahwa kucing yang mengalami bisul akan mengalami demam sebagai bentuk tubuhnya melawan infeksi.

3. Berikan Salep

Salep adalah obat oles khusus untuk mengobati luka luar, anda bisa memberikannya kepada kucing anda yang mengalami abses tersebut. Anda bisa mendapatkan obat oles ini di petshop, karena disana sudah lengkap dengan berbagai obat kucing yang bisa di beli dengan harga terjangkau. (Baca Juga: Virus Bahaya Untuk Kucing)

4. Penggunaan Antibiotik

Antibiotik mempunyai manfaat untuk menekan atau menghentikan perkembangan suatu bakteri atau mikroorganisme yang berbahaya di dalam tubuh kucing. Sedangkan manfaat antibiotic yang paling sering di pakai yakni guna mencegah terjadinya infeksi luka.

Oleh sebab itu anda bisa memberikan antibiotic tersebut pada kucing anda untuk menghentikan perkembangan bakteri pada luka bisul tersebut. Tetapi berikanlah antibiotik kepada kucing sesuai anjuran dokter hewan hingga habis. Hubungilah dokter hewan apabila anda merasa kesulitan memberikan obat kepada kucing.

Sponsors Link

5. Keluarkan Cairan Abses

Perlu anda ketahui bahwa terkadang cairan abses memang harus di keluarkan. Tak heran jika dokter hewan anda mungkin akan memasangkan slang guna membantu mengalirkan cairan dari dalam luka kucing tersebut. Apabila cairan tidak di keluarkan, maka nanah yang ada di dalamnya akan terus terakumulasi dan memperparah kondisi kucing. Ikutilah anjuran dokter mengenai perawatan slang juga komplikasi yang mungkin diakibatkan. (Baca Juga: Cara Membersihkan Telinga Kucing)

6. Bersihkan Luka Kucing

Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan kucing, karena hal ini menjadi salah satu cara pengobatan ampuh untuk Bisul pada Kucing. Rutinlah membersihkan bisul setiap hari dengan menggunakan revanol dan kapas. Lakukan cara ini sehari dua kali.

7. Mandikan dengan Sampo Khusus

Gunakan sampo dengan kandungan sulfur atau sebasol pada kucing. Hal itu guna memberikan efek mati pada kuman yang bersarang dalam bisul kucing tersebut. Mandikan sekurang-kurangnya dua hari sekali ketika mengalami bisul. Sedangkan jika anda mempunyai waktu lebih maka usahakan setiap pagi memandikannya.

8. Berikan Minyak Zaitun

Olesi bisul kucing anda dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan kulit luar, terutama luka yang di alami kucing. Rajinlah mengolesi minyak zaitun setiap kali habis mandi. Akan tetapi Anda juga harus sabar untuk mengolesi kucing, sebab kalau tidak demikian kucing akan merasakan kesakitan dan malah mencoba melarikan diri. (Baca Juga: Jenis Makanan yang Membahayakan Kucing)

Itulah 8 cara mengobati Bisul pada Kucing yang harus anda ketahui dan pelajari. Namun jangan memberikan obat secara bersamaan, lakukan secara berkala dan pilihlah satu obat yang dirasa cocok. Bisul pada kucing yang tidak segera di tangani akan semakin parah, oleh sebab itu anda harus bisa mengatur waktu khusus agar bisa merawat si manis. Apalagi kebiasaan kucing yang suka menggaruk-garuk luka bisa menimbulkan luka berat lantaran berdarahnya terkena kuku kucing yang cukup tajam.

Itulah tips-tips yang mungkin bisa anda coba jika mempunyai masalah kucing yang sama dengan pembahasan ini. Jangan biarkan bakteri terus menyakiti kucing anda, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Friday 15th, March 2019 / 16:02 Oleh :
Kategori : Kucing