Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Telinga Kucing Yang Benar

Sponsors Link

Sebagai salah satu jenis hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara maka tentu perlu ada beberapa hal yang harusnya sudah menjadi kondisi umum dan harus diketahui oleh setiap pemilik kucing. Salah satu kondisi yang perlu diperhatikan adalah terkait kebersihan dari telinga kucing. Telinga menjadi bagian yang vital untuk dapat selalu dalam kondisi yang bersih mengingat ukuran telinga kucing yang juga cukup besar. Berikut ini beberapa cara membersihkan telinga kucing yang baik dan benar dalam pembahasan di bawah ini.

ads
  1. Pastikan kucing memiliki mood yang senang

Langkah awal yang harus dilakukan dalam cara membersihkan telinga kucing secara manual ini adalah memastikan dan mengusahakan terlebih dahulu agar kucing memiliki mood yang senang. Hal ini dikarenakan, banyak kucing yang tidak suka jika telinganya dibersihkan. Dengan suasan mood yang senang dan perlakukan yang lembut maka setidaknya dapat mengurangi rasa tidak suka kucing terhadap aktivitas pembersihan telinga ini. (Baca juga : penyebab kucing tidak mau makan)

  1. Teteskan cairan pembersih pada telinga

Setelah kucing dipastikan tenang maka pemilik dapat menyiapkan cairan pembersih telinga yang khusus digunakan untuk kucing dan dapat diperoleh di toko hewan atau pets shop. Tetesi cairan pembersih telinga dengan cara memeringkan kepala kucing dan pastikan agar pemberian cairan tersebut tidak berlebihan. (Baca juga : fungsi bantalan halus pada kaki kucing)

  1. Lakukan pemijatan pada telinga

Setelah cairan diteteskan kedalam telinga kucing maka langkah selanjutnya adalah membiarkan cairan tersebut berada di dalam telinga kucing selama kurang lebih 20 – 45 detik agar cairan pembersihnya bekerja. Pijatan secara lembut dapat diberikan kepada kucing selama proses ini untuk membuatnya lebih nyaman dan membantu membersihkan kotoran di dalam kucing semakin bersih. (Baca juga : cara agar kucing tidak tidur di pasir)

  1. Biarkan kucing menggelengkan kepalanya

Kucing yang diberi cairan pembersih telinga sebagai salah satu hal yang tidak normal di dalam telinga kucing akan menyebabkannya secara refleks menggelengkan kepalanya untuk mengeluarkan cairan tersebut dari telinga. Dalam proses atau cara membersihkan telinga kucing maka biarkan hal tersebut terjadi secara alami dan proses ini perlu untuk tidak terus terusan menekan kucing dan memberikannya waktu istirahat sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya. (Baca juga : fungsi bantalan halus pada kaki kucing)

  1. Lekukan telinga dibersihkan dengan kapas

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan telinga kucing secara manual adalah melakukan pembersihan pada lekukan lekukan telinga kucing yang tidak besih dengan hanya memberikan cairan pembersih telinga saja. Sebelum mengusapkan kapas atau kain kasa pada bagian lekukan telinga maka kapas atau kain kasa tersebut harus dilembabkan terlebih dahulu baik menggunakan air atau menggunakan cairan pembersih telingga. Bersihkan secara perlahan lekukan telinga dan jangan mendorong terlalu keras kotoran di telinga tersebut karena bisa jadi malah akan masuk ke dalam. (Baca juga : cara agar kucing tidak tidur di pasir)

  1. Berikan hadiah dan kasih sayang

Setelah proses selesai maka langkah selanjutnya adalah memberikan hadis berupa kasih sayang pada kucing untuk menunjukan rasa empati karena sudah menuruti perintah pemilknya untuk mau dibersihkan telingga kucing tersebut. Metode pembersihan secara manual ini dapat dilakukan tanpa alat khusus. Selain cara yang disebutkan diatas, ada beberapa proses yang juga dapat dilakukan yakni dengan metode hisap yang membutuhkan alat khusus.

Itulah beberapa cara membersihkan telinga kucing secara manual namun tetap dapat secara efektif membersihkan kotoran yang terdapat di dalam telinga.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 31st, January 2019 / 04:17 Oleh :
Kategori : Kucing