Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Infeksi Cacing Pada Ternak Sapi

Sponsors Link

Ternak sapi tak jauh berbeda dengan investasi jangka pendek, hasilnya memang cukup menjanjikan. Namun selama penghasilan tersebut diterima, anda sebagai peternak memang harus bersabar memberikan perawatan dan telaten memberikan pakan, minum atau vitamin tambahan. Tanpa kerja keras seperti itu hasil kualitas sapi pun tentu menurun, sehingga pada masa penjualan nanti bisa saja kerugian yang menjemput.

ads

Namun sejauh ini sudah banyak yang melakukan perawatan sapi secara baik dan benar tetap ada saja kasus yang di hadapi. Salah satunya yakni si sapi mengalami cacingan, sehingga mampu menyebabkan sapi sulit makan atau parahnya lagi jika tidak segera di tangani akan menyerang nyawa. Bagaimana cara mengatasi Infeksi Cacing pada Ternak Sapi tersebut harus anda ketahui dari sekarang.

Sebelumnya, beberapa hal yang menjadi ciri-ciri bahwa sapi terserang parasit cacing yakni sebagai berikut:

  • Tidak pernah tenang, sapi lebih aktif dari biasanya menggeliat kesana kemari.
  • Tidak mau makan, nafsu makannya menurun lantaran kondisinya yang lemah.
  • Lemas, karena setiap makanan yang masuk sudah di nikmati semua cacing yang bersarang yakni sarinya.
  • Demam, kondisi yang kian menurun

Sebagai salah satu peternak sapi, anda tentu tidak ingin hal buruk seperti itu terjadi kan? Untuk itu simaklah beberapa cara mengatasinya sebagai berikut. (Baca Juga: Cara Penanganan Gangguan Reproduksi Pada Sapi)

Cara Mengatasi Infeksi Cacing Pada Ternak Sapi

1. Bersihkan Kandang

Langkah yang pertama harus anda lakukan yakni dengan membersihkan kandang sapi. Hal ini yang semakin membuat cacing atau bakteri lainnya merasa nyaman dan mudah memasuki tubuh sapi.

2. Berikan Probiotik

Berilah probiotik alami untuk sapi, jika tidak mau menimumnya sendiri mintalah bantuan beberapa orang untuk memasukkan dengan membuka paksa mulutnya. Berikan probiotik ini sekurang-kurangnya yakni tiga hari sekali selama masa cacingan. Namun jika tidak cacingan umumnya seminggu satu kali. (Baca Juga: Penyebab Berat Badan Sapi Menurun dan Cara Mengatasinya)

3. Berikan Jamu Temulawak

Temulawak mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan sapi, terutama untuk menambah nafsu makannya. Sapi yang terserang cacing akan sulit makan karena tenaganya habis lantaran sarinya dihisap oleh cacing tersebut. Namun jika semakin tidak mau makan yang ada lama kelamaan sapi akan sakit parah dan mati. Untuk itu berilah jamu temulawak karena khasiatnya juga mampu perlahan membuhun bateri di dalam tubuhnya.

4. Berilah Antibiotik

Antibiotik adalah obat yang mengandung zat dimana mampu memberikan kekebalan tubuh, melawan bakteri atau seperti infeksi cacing ini. Sebaiknya jika sapi anda telah mengidap infeksi cacing maka berilah antibiotic secara teratur minimal satu hari sekali. Secara umum cara kerja antibiotic tersebut yakni dengan menekan atau menghentikan perkembangan bakteri atau mikroorganisme di dalam tubuh si sapi. (Baca Juga: Cara Memilih Bibit Sapi yang Baik)

5. Menggunakan Buah Pinang

Tahukah anda bahwa buah pinang bermanfaat sekali untuk mengatasi infeksi cacingan yang terjadi pada sapi. Cara mengatasinya yakni dengan menggunakan buah pinang yakni dengan mencari buah pinang yang sudah tua yang nantinya hanya akan di ambil bijinya. Cara membuat ramuan bubuk dari buah pinang ini adalah dengan menjemur pinang yang tua sampai kering. Setelah itu ambilah bijinya saja, dan jemur lagi sampai kering.

Sponsors Link

Biji buah pinang yang kering tersebut kemudian di tumbuk halus, dan terapkan pada sapi dengan mencampurkan bubuk biji pinang ke dalam air minumnya. Berikan setiap hari untuk hasil yang lebih optimal dan biasanya cacing akan keluar.

6. Vaksinasi

Lakukan vaksinasi pada sapi, yakni dengan melakukan suntikan di tubuhnya guna menghancurkan semua cacing yang bersarang melalui obat yang terkandung di dalam vaksin tersebut. Umumnya sapi yang sakit atau mengalami suatu infeksi memang perlu diberikan vaksin. (Baca Juga: Cara Pencegahan Bakteri Brucello Pada Sapi)

7. Panggil Dokter Hewan

Temui dokter hewan atau mantri sapi untuk datang ke tempat anda dan melihat kondisi si sapi. Nantinya sapi akan di periksa secara menyeluruh sehingga akan tahu hasilnya, dan langkah apa lagi yang harus di ambil dokter/ mantra akan menyarankan hal itu. Jika infeksi cacing sudah berkategori parah, biasanya dokter menyarankan untuk melakukan bedah pada sapi. Gunanya yakni membuang cacing dengan cara mengambilnya secara langsung sampai habis.

Akan tetapi kalau memang Sapi telah mengidap infeksi cacing yang tidak terlalu parah, maka umumnya hanya di sarankan cara yang lain. Meski begitu, tetap saja sebaiknya Anda sebagai salah satu peternak yang baik perlu untuk membicarakan segala macam permasalahan Sapi Anda terhadap dokter hewan yang lebih mengerti siklus perkembangan cacing di dalam tubuh sapi. (Baca Juga: Cara Mengatasi Sapi yang Susah Makan)

Itulah cara mengatasi Infeksi Cacing pada Ternak Sapi yang harus anda perhatikan. Disamping beberapa hal di atas, terapkan pula kebersihan setiap hari yakni seperti rajin memandikan sapi seminggu tiga kali, membuang langsung semua kotoran sapi sehari sekali di tempat yang kering. Seringnya memindahkan sapi pada tempat yang lebih kering setidaknya dua hari sekali. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Saturday 16th, March 2019 / 16:00 Oleh :
Kategori : Sapi